alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
53
Lapor Hansip
17-09-2019 22:49

Pendakian Pertamaku, Ketemu Pasar Setan Di Gunung Semeru

Pendakian Pertamaku, Ketemu Pasar Setan Di Gunung Semeru

Entah apa yang kupikirkan hingga ku iyakan saja ajakan Davin itu. Resah sekali rasanya hatiku saat itu.

Davin adalah sahabat dekatku sekaligus anak dari pakdeku. Sedari kecil aku tinggal bersama mereka, pakde yang mengasuhku dan menyekolahkanku hingga sekarang. Jadi susah sekali untuk aku menolak permintaan dari Davin.


Quote:" Arzi, apa kamu yakin mau ikut Davin ke gunung Semeru besok ?", tanya pakdeku yang membuyarkan lamunanku saat itu.

"Sebenarnya sih aku ragu pakde, tapi gimana lagi kasihan Davin jika tidak aku temani", jawabku dengan penuh gelisah.


Di tengah obrolan kami tiba-tiba Davin datang, dengan penuh semangat membawa sejumlah barang untuk keperluan naik gunung besok.

Quote:"Zi, kita besok jadi pergi kan, aku udah siapin semuanya keperluan kita nih ! " , kata Davin yang sangat antusias karena ini kali pertamanya mendaki gunung.

" iya Vin, kamu yakin ke gunung itu aja, kenapa gak nyoba ketempat selain gunung gitu ?", tanyaku mencoba untuk membujuk Davin.

" Gak lah, pokoknya kamu harus temenin aku, banyak kok temen lain dari sekolah kita yang ikut, udahlah kamu gak usah khawatir aman kok ", kata Davin itu yang membuatku terdiam karena gak ada lagi yang bisa merubah keputusannya.


Keesokkan harinya, aku dan Davin pun bersiap untuk berangkat, kita menuju ke rumah Rian untuk berkumpul dan berangkat bersama dengan teman lainnya.

Setelah sampai, kami menunggu Adit, Surya, dan Rizki yang belum juga datang. Tak lama kemudian mereka datang.

Quote:"Cuk, sorry ya kita telat nih ", kata Rizki yang baru datang bersama Adit dan Surya.

" Iya Gakpapa ", kami menjawab dengan biasa.


Hanya aku yang merasa ini anak mau mendaki gunung kalau bahasanya kasar kayak gitu gimana, jadi takut sendiri kalau dia tidak bisa menjaga sikapnya.

Quote:" Ayo berangkat deh keburu siang nanti kemalaman kita sampai puncaknya ! ", ajak Rian pada kami semua.


Kamipun berangkat menuju gunung Semeru dengan naik mobil Rian.

Siang hari kita sampai di gunung Semeru, kami bersiap untuk mendaki gunung, seperti biasa juru kunci memberi tahu jalur mana yang harus di lalui, larangan, aturan, serta adab yang harus kita jaga saat mendaki gunung.

Perjalanan kita mendaki berjalan begitu lancar, untunglah yang aku khawatirkan tentang Rizki tidak terjadi, ternyata dia bisa menjaga sikap dan adab saat mendaki.

Pendakian Pertamaku, Ketemu Pasar Setan Di Gunung Semeru
Sumber: solo.tribunnews.com


Hari mulai petang, kami memutuskan untuk beristirahat di tengah perjalanan dan membuat tenda untuk bermalam di sana.

Jam menunjukkan pukul 24.00, tiba-tiba Davin membangunkanku yang tengah tertidur.

Quote:" Zi, aku laper nih persediaan makanan ini buat besok, kita cari makan yuk siapa tau ada yang jualan ini kan banyak pendaki, atau kita cari apa gitu buat dimakan ", kata Davin sambil membangunkanku.

" Ini udah malem Vin, mana ada orang jualan ", sambil mengantuk aku menjawab Davin.

" Udahlah ada suara rame tuh pasti orang jualan, kita kesana yuk temenin aku nanti aku traktir deh ", bujuk Davin.


Akupun mengiyakannya dan pergi menemani Davin melihat apa benar keramaian yang di bilang Davin itu orang jualan.

Pendakian Pertamaku, Ketemu Pasar Setan Di Gunung Semeru
Sumber: semarang.merdeka.com


Ternyata sesampai disana, benar di sana ada tempat ramai sekali seperti pasar. Banyak sekali yang di jual, mulai dari pakaian sampai makanan ada di sana.

Quote:"Ayo Zi, buruan aku laper kita beli soto di sana aja ya", ajak Davin sambil menarikku.

"hmm, iya..", akupun menurutinya dan ikut makan bersamanya.


Perasaanku mulai aneh saat memesan makanan, penjualnya itu pandangannya aneh banget di ajak bicarapun jawabnya cuma singkat saja.

Davin sangat menikmati makanannya, perasaan anehku kusimpan sendiri hingga saat kembali ke tenda ku ceritakan semua pada Davin.

Quote:"Vin, tadi kamu lihat ada yang aneh gak sama penjual dan tempat tadi ? ", tanyaku penasaran.

" Gak tuh biasa aja, sotonya juga enak kalau kesini malem ketempat itu aja lagi ya gak perlu bawa bekal ", jawab Davin sambil tertawa kecil.

" Aku kok aneh ya, penjualnya itu lo tatapannya aneh, trus aneh aja tengah hutan gini ada pasar rame banget tengah malam ", kataku yang masih keheranan.

" Udahlah gak perlu di pikir, sekarang kan udah kenyang, tidur gih besok pagi kita naik puncak biar sore udah bisa turun " kata Davin sambil menarik sarung untuk selimut.


Semalaman aku tidak bisa tidur memikirkan tentang pasar itu, aku ceritakan pada teman yang lain pun tidak ada yang menghiraukanku dengan mengganggap hanya hal biasa saja, karena sudah modern dan gunung ini ramai pendaki tidak menutup kemungkinan kalau benar ada pasar itu.

Keesokkan harinya kami melanjutkan perjalanan, dengan masih kepikiran hal semalam aku hanya terdiam sampai Rian menegurku.

Quote:"Zi kamu kenapa diam saja dari tadi, masih kepikiran yang semalam apa kamu mau istirahat dulu ?", tanya Rian khawatir.

" Gak papa kok", jawabku singkat karena aku tau tidak akan ada yang mengganggap serius apa yang aku pikirkan.


Sore hari saat kita turun, aku ingat betul jalan itu. Itu jalan menuju pasar yang kemarin aku datangi dengan Davin, Seraya aku langsung mendekati Davin.

Quote:" Eh Vin, itukan jalan ke pasar kemarin, kok gak ada gubuk yang kemarin kita makan ya, gubuk yang lain juga gak ada ?", tanyaku keheranan dan sedikit merinding.

" Iya ya, bener jalannya ini, masak gubuknya bisa bongkar pasang ", Davin masih menjawab dengan candaan.


Semakin kuat perasaanku bahwa ada yang tidak beres dengan pasar yang aku datangi dengan Davin kemarin malam.

Sesampai di bawah, kami bertemu lagi dengan juru kunci itu lagi, yang aneh saat aku datang pertanyaannya itu membuat aku kaget.

Quote:" Gimana nak, enak gak soto mbah Di ?", tanya juru kunci padaku.

" Enak pak !", sahut Davin.

" Lain kali kalau malam jangan makan di luar pas kemah, di kasih makan setan kan jadinya ", kata juru kunci itu.


Aku dan Davin saling berpandangan.

Quote:" Maksudnya bapak apa ya ? ", aku dan Davin bersamaan bertanya sambil keheranan.

" Itu yang kalian berdua temuin itu bukan pasar manusia, itu namanya pasar dieng, pasarnya para makhluk halus penunggu gunung Semeru ", kata juru kunci itu menjelaskan pada kami.

" Kalian tau apa yang kalian makan kelihatannya soto, tapi sebenarnya itu bangkai binatang dan belatung yang menjijikkan", imbuh juru kunci tersebut.



Rasanya bulukudukku langsung merinding, karena tau tempat itu bukan pasar manusia tapi pasar setan. Aku dan Davin langsung mual dan pengen memuntahkan semuanya, begitu mengetahui apa sebenarnya yang di makan semalam.

Quote:" Nah lo, kalian sih malem-malem pake keluar segala cari makan tengah hutan, jadi gitu kan", kata Rian sambil menggelengkan kepalanya.

" Maaf pak saya tidak tahu ", kataku penuh penyesalan karena menuruti davin kemarin malam.


Juru kunci itu hanya tersenyum dan menganggukan kepalanya menandakan tidak apa-apa karena ketidaktahuanku dan Davin.

Sungguh campur aduk rasanya, merinding, takut jadi satu saat itu.

Dan setelah kejadian itu, mendengar cerita juru kunci kamipun pulang kerumah masing-masing di antarkan Rian.

Sesampai di rumah kami menceritakan semua pada pakde, pada akhirnya Davin kena marah dan di larang mendaki gunung lagi.

Pengalaman mendaki kali ini dapat di jadikan pelajaran untukku dan teman lainnya, terutama Davin agar tidak mudah menyepelekan suatu hal dan menganggap semua adalah candaan.

Kita ini hidup berdampingan bersama mereka yang ghoib, di manapun itu. Jadi perlu kita menjaga sikap dan adab ketika datang ke suatu tempat khususnya alam terbuka seperti hutan dan gunung, karena kita tidak tau siapa saja dan dari alam mana saja mereka yang tinggal di sana.

Alangkah baiknya jika sikap dan perilaku kita di jaga dengan baik, agar tidak terjadi hal buruk yang tidak kita inginkan.
Semoga kita selalu di jauhkan dari hal buruk di manapun kita berada.

Pendakian Pertamaku, Ketemu Pasar Setan Di Gunung Semeru
Sumber: smilingldgirls.com
Diubah oleh triwinarti
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hvzalf dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Pendakian Pertamaku, Ketemu Pasar Setan Di Gunung Semeru
18-09-2019 08:02
Quote:Original Posted By l13ska
Iyap, betuuul emoticon-Recommended Seller


harus hati" ya
profile-picture
l13ska memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.