alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
126
Lapor Hansip
12-09-2019 13:19

Bau Kaki Bukan Lagi Masalah! Ikutin Aja Tips-Tips ini!

Bau Kaki Bukan Lagi Masalah! Ikutin Aja Tips-Tips ini!

Keadaan kaki yang berkeringat, ditambah kondisi sepatu yang lembab akan menimbulkan bau nggak sedap pada kaki. Selain itu, bakteri dan jamur yang biasanya bersarang pada sepatu yang panas, lembab, dan gelap, juga bisa menambah bau pada kaki. 

Bau kaki yang menyengat bisa membuat seseorang nggak pede. Apalagi kalau harus buka sepatu di depan orang banyak. Nggak mau kan, dikenal sebagai orang yang bau kaki?  Bau yang nggak sedap ini tentunya juga bakal mengganggu dan membuat nggak nyaman orang di sekitar

Nah, bagi Gan Sis yang punya masalah bau kaki, Ane punya solusinya nih. Tips-tips di bawah ini bisa Gan Sis ikutin supaya bau kaki nggak muncul-muncul lagi!

1. Rendam kaki dengan air garam atau cuka

Bau Kaki Bukan Lagi Masalah! Ikutin Aja Tips-Tips ini!

Menurut ahli penyakit kaki, Joy Rowland, merendam kaki di dalam campuran air dan cuka atau garam Inggris bisa menghilangkan bau kaki.

Larutkan setengah cangkir garam Inggris (Epsom salt) ke dalam bak berisi air hangat, dan rendam kaki selama sekitar 10 hingga 20 menit. Garam Inggris akan menghilangkan kelembaban kulit, sehingga membuat bakteri enggan bertahan hidup di kaki.

Untuk cuka, campurkan air hangat dan cuka dengan perbandingan dua banding satu (dua bagian air, satu bagian cuka). Rendam kaki selama 15 hingga 20 menit sebanyak seminggu sekali. Gan Sis bisa menggunakan cuka putih atau cuka apel. 

Cuka bisa membuat kulit kebal terhadap bakteri. Namun, nggak disarankan untuk merendam kaki pada cuka kalau memiliki luka terbuka atau goresan, karena bisa menyebabkan iritasi.

2. Jaga kaki tetap kering

Bau Kaki Bukan Lagi Masalah! Ikutin Aja Tips-Tips ini!

Untuk menghindari bau kaki, pastikan kaki benar-benar kering setelah mandi, berendam atau berenang, juga sebelum mengenakan kaos kaki dan sepatu. Kalau kaki Gan Sis mudah berkeringat setelah olahraga atau karena udara yang panas, sebaiknya bawa kaos kaki ekstra dan segera ganti kaos kaki Gan Sis yang basah.Keadaan kaki yang basah akan menyebabkan kelembaban. Seperti yang udah dibilang tadi, kelembaban inilah yang menjadi sumber penyebab bau kaki. 

Bahan kaos kaki dan sepatu juga membantu untuk menjaga kaki tetap kering. Jadi, pilihlah kaos kaki berbahan katun, dan sepatu yang berbahan alami seperti katun atau kulit.

3. Cuci kaki dengan benar


Bau Kaki Bukan Lagi Masalah! Ikutin Aja Tips-Tips ini!

Saat mandi, jangan sekedar mencuci kaki dengan disiram aja Gan Sis. Untuk menghilangkan bau kaki, Gan Sis harus cuci kaki menggunakan sabun antibakteri, terutama pada area di sela-sela jari kaki. Di area inilah kelembaban paling banyak berkumpul.

4. Semprotkan desinfektan pada sepatu


Bau Kaki Bukan Lagi Masalah! Ikutin Aja Tips-Tips ini!


Untuk menghilangkan bakteri penyebab bau kaki, Gan Sis bisa semprotkan disinfektan ke bagian dalam sepatu. Cari disinfektan yang mengandung etanol dan bahan sanitasi lainnya yang dapat membunuh bakteri. Setelah cairan disinfektan disemprotkan ke dalam sepatu, diamkan mengering selama 24 jam sebelum dipakai.

5. Gunakan antiprespiran / deodoran


Bau Kaki Bukan Lagi Masalah! Ikutin Aja Tips-Tips ini!


Kalau kaki Gan Sis mudah berkeringat, Gan Sis bisa coba gunakan antiprespiran di bagian telapak kaki. Antiprespiran khusus kaki banyak ditemukan di pasaran kok. Atau, kalau Gan Sis punya deodoran spray, Gan Sis bisa juga semprotkan deodoran tersebut ke bagian kaki. Deodoran ini udah pasti bisa membantu mengendalikan kelembaban penyebab bau kaki.

6. Rajin cuci sepatu dan kaos kaki


Bau Kaki Bukan Lagi Masalah! Ikutin Aja Tips-Tips ini!

Semua pasti udah pada tau kan, kalo kaos kaki itu harus dicuci setiap hari untuk mencegah penumpukan kelembaban dan sel kulit mati. Untuk memastikan kaos kaki dicuci dengan baik, balik kaos kaki sebelum dimasukkan ke mesin cuci, supaya bagian dalam kaos kaki bisa dibersihkan dengan sempurna.

Untuk sepatu, memang nggak harus dicuci sering-sering karena bisa merusak bahan. Tapi,usahakan jangan pakai sepatu yang sama setiap hari, atau dua hari berturut-turut. Sepatu yang baru dipakai harus diangin-anginin dulu, Gan Sis, di tempat yang terang dan terbuka untuk menghilangkan kelembaban.

Nah, itu dia beberapa tips untuk menghilangkan bau kaki. Mudah kan? Selamat mencoba!


Sumber Sumber



Diubah oleh n0404
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hvzalf dan 9 lainnya memberi reputasi
10
Bau Kaki Bukan Lagi Masalah! Ikutin Aja Tips-Tips ini!
16-09-2019 13:56
gitu ye ...
nice tuh yg baut bau kaki emoticon-Big Grin
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.