alexa-tracking
Sports
Batal
KATEGORI
link has been copied
Lapor Hansip
13-09-2019 14:39
Jean-Marc Bosman, Sang pencetus kepindahan pemain bebas transfer
Jean-Marc Bosman, Sang pencetus kepindahan pemain bebas transfer

 Jean-Marc Bosman adalah pemain sepak bola yang berasal dari belgia. Beliau adalah sosok penting dalam kebijakan transfer saat ini, Kenapa? karena dialah orang yang berhasil mengubah kebijakan transfer yang merugikan pemain bebas transfer. Lantas bagaimana ceritanya hingga Bosman berhasil mengubah kebijakan tersebut? let's check this out.

 Jean-Marc Bosman merupakan pemain bola asal belgia, pada tahun 1990, kontraknya dengan RFC liege sudah habis dan dia meminta kepada klub untuk menjualnya ke Dunquerkue klub asal Prancis yang terlihat tertarik dengannya. Namun transfer itu gagal, karena Bosman dilarang pindah oleh klubnya sebab Dunquerkue tidak mampu membayar harga yang dipatok oleh RFC liege yaitu 250 ribu Poundsterling.

 Akibat dari kegagalan transfer ini tentu merugikan Bosman, nasibnya di klub terombang-ambing sehingga pemain yang berposisi sebagai pemain tengah ini hanya mendapat gaji 25% dari gajinya semula dan dikucilkan dari tim utama bahakan dia hanya mendapat tempat di tim muda klub tersebut sampai ada klub yang menyanggupi nilai transfer untuk meminang bosman.

 Tak terima dengan ketidakadilan yang dia dapatkan, lantas Bosman mengadukan masalah ini ke pengadilan Eropa di luksemburg, berdasarkan regulasi transfer dan status pemain FIFA pada Pasal 17. Bosman harus berhadapan dengan RFC de Liege, Federasi Sepak Bola Belgia, dan UEFA dalam kasus tersebut. Setelah 5 tahun mengadu nasib di pengadilan eropa akhirnya pengadilan eropa memenangkan gugatan tersebut walaupun saat itu dia sudah tidak berstatus pemain jadi dia hanya mendapatkan ganti rugi yang dinilainya tidak begitu besar.

Jean-Marc Bosman, Sang pencetus kepindahan pemain bebas transfer

 Namun keberhasilannya itu menghasilkan 3 aturan baru yang disebut aturan Bosman, yaitu:

1. Melarang adanya nilai transfer untuk pemain yang kontraknya sudah berakhir. Sebelum itu, klub bisa mendapatkan kompensasi dari transfer pemain, meskipun pemain tersebut telah habis kontraknya. Selain itu, klub juga bisa mengganjal kepindahan pemain yang habis masa kontraknya ke klub lain.
2. Klub tidak berhak menahan pemain yang masa kontraknya selesai untuk mendapatkan kompensasi. Pemain tersebut masuk kategori bebas transfer dan bisa bernegosiasi dengan calon klub baru saat kontrak bersama klub sebelumnya tersisa enam bulan. Jika pemain tersebut menandatangani kontrak dengan klub lain, klub sebelumnya tidak mendapatkan uang sepeserpun. Klub pembelinya bisa menjadikan nilai transaksi tersebut sebagai gaji bagi pemain itu dalam masa kontrak.
3. Menolak batasan pemain asing yang boleh bermain dalam satu pertandingan di liga dalam negara-negara Eropa, seperti yang diberlakukan UEFA. Sebelumnya, UEFA menetapkan peraturan "3+2" untuk pemain asing yang turun dalam kompetisi Eropa, yakni hanya tiga pemain luar Uni-Eropa dan dua pemain asimilasi, yaitu pemain asing yang sudah bermain di liga bersangkutan melalui jalur pemain muda.


 Berkat jasa Bosman, kini setiap pesepak bola punya hak untuk menentukan nasib dirinya sendiri, manakala habis kontrak dengan klubnya. Lalu, kalau tak ada keberanian dari seorang pesepak bola antah berantah bernama Jean-Marc Bosman, maka perpindahan bebas transfer terkenal semacam Steve McManaman dari Liverpool ke Real Madrid, Sol Campbell dari Tottenham Hotspur ke Arsenal, Lewandowski ke Bayern,Dan pemain bintang juventus belum tentu ada pula.

 Bahkan efek dari Bosman, membuat FIFA ikut tergerak mengamandemen aturan mengenai transfer pemain, terutama pasal-pasal berkaitan pelaksanaan kontrak antara pesepak bola dan klub dalam Regulations on Status and Transfer of Players, karena aturan-aturan lama itu dinyatakan membatasi hak-hak seorang pekerja seperti hasil putusan pengadilan tinggi Uni Eropa tentang Bosman.


sumber 
https://www.bola.com/dunia/read/2399...emain-gratis#
https://sportku.com/read/25286/menge...di-sepak-bola
https://football-tribe.com/indonesia...pesepak-bola/
profile-picture
profile-picture
aldo12 dan saya.kira memberi reputasi
2
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
14-09-2019 18:46
Tenang agan - agan sebelum ada jean bosman rules, ribuan tahun yang lalu sudah keluar rules jean - jean sebelum jean bosman...
Jean Iprit dan Jean botol salah satu contoh nya... emoticon-Hansipemoticon-Malu
0
profile picture
kaskus addict
15-09-2019 00:07


ehmm.. tapi gan
Jean dibaca jan, bukan jin.
Jean etes. Jeancuk.
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Rp 143.000
taff-digital-timer-switch---ax300
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.