Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
108
Lapor Hansip
12-09-2019 00:24

Miris! Zaman Plastik, Prediksi Peninggalan Sejarah Di Masa Depan

Miris! Zaman Plastik, Prediksi Peninggalan Sejarah Di Masa Depan

Ketika para arkeolog melakukan penelitian dengan menggali tanah, fakta mengejutkan ditemukan. Padahal tujuan awal mereka melakukan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perkembangan zaman pada zaman batu, zaman perunggu, dan zaman lainnya. Namun justru yang ditemukan kebanyakan plastik.

Penemuan tersebut kemudian dijadikan studi lebih lanjut mengenai serpihan plastik pada lapisan sedimen. Studi menunjukkan bahwa beberapa sampah plastik ada yang berasal dari perang dunia ke-2 dan jumlahnya meningkat secara eksponensial bila dihitung hingga tahun ini. Kepala studi Jennifer Brandon dari Scripps Institution Of Oceanography UCL mengungkapkan bahwa “Plastik akan menjadi peninggalan sejarah di masa depan dimana tidak akan hancur dan terendapkan menjadi fosil”.

Miris! Zaman Plastik, Prediksi Peninggalan Sejarah Di Masa Depan
Serpihan plastik yang ditemukan dalam sedimen dasar laut

Ia juga menambahkan “Dampaknya sangat merugikan bagi organisme laut seperti terumbu karang, kerang, dan tiram. Tapi yang terburuk yakni bisa menjadi materi pelajaran sejarah terbaru. Dimana akan ada penambahan zaman plastik setelah zaman batu, zaman perunggu, dan zaman besi tertulis dalam buku pendidikan kita. Sungguh sangat mengerikan bila anak cucu kita mempelajarinya menjadi materi dasar ketika belajar dibangku sekolah dasar”.

Miris! Zaman Plastik, Prediksi Peninggalan Sejarah Di Masa Depan
Sedimen yang berisi mikroplastik

Studi tersebut dipublish dalam artikel Science Advances yang menunjukan banyaknya akumulasi serpihan plastik pada sedimen dasar laut California's Santa Barbara dihitung sejak tahun 1834 sampai 2009 dan peneliti mengungkapkan sejak tahun 1945 jumlah plastik di sedimen dasar laut meningkat secara eksponensial (berkali-kali lipat) setiap 15 tahun. Kemudian pada tahun 2010 studi dilanjutkan dan menemukan fakta bahwa jumlah mikroplastik pada sedimen dasar laut meningkat 10x lipat dibandingkan tahun 1945 tepatnya sebelum perang dunia ke-2 dimulai.

Miris! Zaman Plastik, Prediksi Peninggalan Sejarah Di Masa Depan
Illustrasi bagan anthropocene sebagai materi dasar ilmu arkeolog

Jennifer Brandon juga mengatakan penemuan plastik pada sedimen ini membantu mendasari terjadinya penambahan pada baganAnthropocene. Yakni bagan yang menunjukkan urutan masa-masa ketika aktivitas manusia mulai memiliki pengaruh global terhadap ekosistem Bumi. Penemuan fakta bahwa akumulasi mikroplastik meningkat berkali-kali lipat setelah perang dunia ke-2 dimasukkan kedalam sub kategori Anthropocene yang dinamakan “The Great Acceleration”

Miris! Zaman Plastik, Prediksi Peninggalan Sejarah Di Masa Depan

Berdasarkan penelitian ini juga ditemukan fakta bahwa sekitar 4.800.000.000 hingga 12.700.000.000 ton sampah plastik rupanya masuk kedalam lautan seluruh dunia tiap tahunnya dan kedepannya jumlahnya selalu meningkat. Pada 2015 saja tercatat ada 400 juta ton plastik yang diproduksi di Amerika Serikat. Peneliti juga memprediksi sesuai model pengukuran ini bahwa peningkatan produksi plastik justru semakin meningkat lagi hingga tahun 2025.

“Pada akhirnya miliaran sampah plastik tersebut akan terendapkan dalam sedimen dan pada peradaban manusia selanjutnya akan menemukannya. Sebab sampah plastik tidak dapat didekomposisi alam bahkan dengan bakteri dekomposer didalam tanah sekalipun” Ujar Jennifer Brandon.

Miris! Zaman Plastik, Prediksi Peninggalan Sejarah Di Masa Depan
Serpihan plastik (Microplastic) yang tidak dapat berubah sampai kapanpun

Allen Burton selaku Eco-Toxicologist dari University of Michigan juga mengatakan bahwa plastik yang masuk ke lautan tersebut memang bisa terburai atau terpecah menjadi serpihan-serpihan plastik kecil (microplastic) namun masalah terbesarnya yaitu sampai ratusan milyar tahun kapanpun mereka tetap plastik, tidak bisa berubah menjadi senyawa anorganik untuk nutrisi organisme dasar laut dan tentunya meracuni.

—oOo—

Waduh miris juga ya fakta dari penemuan baru-baru ini dimana sampah plastik yang kita buang sembarangan akan mengalir ke lautan dan terendapkan dalam sedimen. Dan yang paling buruk yakni sampai kapanpun sampah tersebut tetap menjadi senyawa plastik walaupun terburai-burai menjadi serpihan kecil. Hingga akhirnya pada peradaban manusia zaman selanjutnya mulai menemukan serpihan plastik dan menjadikannya materi pelajaran sejarah baru yakni “Zaman Plastik” duhh kasihan generasi penerus kita!
emoticon-Sorry


Sumber : Disini dan Disini
Sumber gambar : google.com

profile-picture
profile-picture
profile-picture
azid12353 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
Miris! Zaman Plastik, Prediksi Peninggalan Sejarah Di Masa Depan
13-09-2019 02:55
ditemukan beberapa mummi berasal dari 2 juta tahun yg lalu. berkisar antara 2015-2020. mummi berjenis kelamin wanita tersebut terlihat masih utuh di bagian toket, dan wajah...
profile-picture
profile-picture
dompetjadipeci dan ryukazoldyck memberi reputasi
2 0
2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia