alexa-tracking
Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
Lapor Hansip
19-08-2019 11:13

Inilah Hari Wajib Berkebaya di Jakarta dan Yogyakarta

Inilah Hari Wajib Berkebaya di Jakarta dan Yogyakarta


Membicarakan tentang kebaya, ada dua hari penting di dua tempat berbeda yang TS tau di mana pada dua hari itu kaum wanitanya diwajibkan memakai pakaian kebaya, dan peraturan itu masih berlaku sampai sekarang ini, dua tempat itu adalah di Yogyakarta dan di Jakarta.

Sudah tau belum mengenai wajib kebaya di dua tempat itu?
kalau belum, mari kita bahas dan diskusikan di sini

Quote:
Quote:1. Wajib berkebaya di Yogyakarta


Kalau kebetulan kaskuser berkunjung ke Yogyakarta pada hari Kamis Pahing, bakal kita lihat pemandangan PNS di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mengenakan pakaian adat daerah Jogja berupa baju lurik dan kain jarik. Tidak ketinggalan atribut lain seperti selop dan blangkon, untuk kaum pria nya dan wajib berkebaya untuk kaum wanitanya.

Inilah Hari Wajib Berkebaya di Jakarta dan Yogyakarta


TS telusuri mengenai hal ini ternyata menyesuaikan dengan surat edaran pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, No: 17/SE/XII/2016 tentang penggunaan pakaian dinas Pegawai Aparatur Sipil Negara tahun 2017, berupa Pakaian Tradisional Jawa Yogyakarta setiap hari Kamis Pahing. Kecuali bagi pegawai yang bertugas di lapangan dan tidak memungkinkan dalam melaksanakan tugasnya bila mengenakan pakaian tersebut.

Nah, Kenapa hanya di Kamis Pahing?

Bila dihitung secara kalender maka hari kamis pahing ini akan terjadi setiap 35 hari sekali atau lima minggu sekali, karena kita tau sepekan ada tujuh hari dan hari pasaran jawa ada lima hari, jadi akan ketemu hari kamis pahing ini pada setiap 35 hari, kalau istilah jawanya Selapan

Ternyata hal ini erat dengan sejarah berdirinya Kraton Yogyakarta yang mana selama proses pembangunan kraton, Sultan bersama keluarganya tinggal di Pesanggrahan Ambar Ketawang. Hingga akhirnya pada tanggal 7 Oktober 1756 yang bertepatan dengan hari Kamis Pahing 13 Sura 1682 TJ, Sri Sultan HB I beserta keluarga dan pengikutnya berpindah ke Keraton Yogyakarta. Hari Kamis Pahing inilah yang kemudian diperingati dan dikenang oleh seluruh pegawai pemerintah dan para pelajar di DIY dengan cara mengenakan pakaian adat khas Yogyakarta dimana wanitanya memakai kebaya.

Dimana kemudian peraturan ini kemudian berkembang dan berlanjut ke pelajar di DIY, untuk turut mensukseskan program ini dengan harapan agar sedari dini mereka sudah mengenali pakaian adat di Yogyakarta.

Inilah Hari Wajib Berkebaya di Jakarta dan Yogyakarta

Inilah Hari Wajib Berkebaya di Jakarta dan Yogyakarta


Quote:
Quote:2. Wajib Berkebaya di Jakarta


Lain di Yogyakarta lain pula di Ibukota Indonesia, Jakarta. Bila di Yogyakarta wajib berkebaya untuk kaum wanitanya hanya pada setiap Kamis Pahing saja, maka di DKI Jakarta bila kita berkunjung ke instansi-instansi milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada hari jumat akan kita temui para pegawainya dengan pakaian adat Betawi, dan tentunya wanitanya dengan kebaya Encimnya

Inilah Hari Wajib Berkebaya di Jakarta dan Yogyakarta


Berdasarkan telusuran TS pula, Keputusan ini terhitung sejak tahun 2012/2013, setiap Jumat seluruh pegawai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta wajib memakai baju adat betawi berupa pakai baju koko, celana panjang hitam, peci dan tidak lupa sarung diselendangkan, sedang untuk wanitanya memakai kebaya encim + kain.


Ada saja cara untuk mengajak berkebaya, kan? emoticon-Big Grin
Kamu, gimana? emoticon-Big Grin

Quote:
Thread di tulis oleh heane untuk meramaikan Event Kreator “Kebaya, Elegan ala Indonesia”di Kaskus.id
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
10-09-2019 23:40
salah satu contoh untuk melestarikan kebaya nih heheh. nice trit gan
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.