alexa-tracking
Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
Lapor Hansip
08-09-2019 21:50
Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi
Assalamualaikum selamat mengakhiri liburan hehe

Berbicara tentang liburan ke suatu tempat biasanya setiap daerah pasti punya ke khasan masing-masingkan yang bikin dia beda dari daerah-daerah lain mulai dari kultur, tempat-tempat wisata atau makanan khas dari daerah tersebut.

Nah, ngomong-ngomong soal makanan khas kali ini saya mau memperkenalkan salah satu makanan khas dari daerah saya Buton tepatnya di Sulawesi Tenggara. Kalau teman-teman lagi mampir atau jalan-jalan ke pulau Buton kurang afdol rasanya kalau tidak mencicipi salah satu makanan yang palik eksis dari dulu sampai sekarang di sana, namanya “kasuami” teman-teman pasti penasarankan kasuami itu jenis makanan seperti apa sih? Punya istri atau gimana? Biar saya jelaskan, hehe..

Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi
"
https://instastuck.com/media/Brg63z2gksX

Kasuami merupakan salah satu makanan khas dari pulau Buton, bentuknya lancip menyerupai kerucut, warnanya putih kekuning-kuningan bahan utamanya adalah ubi kayu (singkong). Perlu teman-teman ketahui bahwa makanan ini merupakan makanan pokok bagi masyarakat Buton yang bisa digunakan sebagai pengganti nasi. Jadi kalau lagi kekurangan beras si kasuami ini bisa dijadikan sebagai pendamping lauk-pauk yang tersedia.

Untuk pembuatannya pun terbilang unik dan agak ribet sih dibanding masak nasi karna pengolahannya yang lumayan panjang, cuma untuk praktisnya bisa dibeli kok kalau lagi berkunjung ke Sulawesi Tenggara khususnya Buton wkwk.

Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi
https://cdn-u1-gnfi.imgix.net/post/l...5dcc212e61.jpg

Cara pembuatan:
1. Singkong yang telah dikupas kulitnya dibersihkan dengan air, kemudian diparut.
2. Hasil parutan itu kemudian dibungkus dengan kain karoro lalu dimasukkan ke dalam kayu jepitan. Biasanya, agar cepat, kayu jepitan yang dibuat khusus kadang diduduki dua sampai tiga orang agar airnya cepat kering.
3. Setelah airnya keluar, dia sudah berbentuk segi empat yang disebut kaupi.
4. Kaupi ini difermentasi dua sampai tiga hari dan selanjutnya kaupi dikukus sampai matang.
5. Kaupi dikukus dengan alat yang terbuat dari anyaman daun kalapa dan berbentuk kerucut lalu dimasak menggunakan periuk tanah, dimana mulut periuk berbentuk bundar. Kaupi yang telah masak inilah yang disebut kasuami. (dilansir dari kompasiana)

Kasuami ini paling enak disantap bersama ikan bakar + colo-colo (sambal) sudah seperti paket komplit “suami-istri” gitu dijamin dah tuh menggugah selera apa lagi kalau menikmatinya di pinggir pantai ditemani orang spesial, bikin hati senang perutpun kenyang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xxArial dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
10-09-2019 15:37
Wih pingen coba den ane
profile-picture
pzwildaas memberi reputasi
1
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.