alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
120
Lapor Hansip
05-09-2019 13:29

Catat Hal Ini Sebelum Membeli Action Camera!


Kamera apa sih yang biasanya Agan Sista gunakan untuk mengambil foto? 

emoticon-Motret

Salah satu kamera yang digandrungi oleh masyarakat Indonesia beberapa tahun belakang ini adalah Action Cam atau Action Camera. Berbagai macam brand pun tersedia dan bisa dibeli secara online ataupun offline. Saking banyaknya pilihan, terkadang malah membuat kita semakin bingung untuk memilih action cam mana yang akan dibeli.

Catat Hal Ini Sebelum Membeli Action Camera!

Untuk menentukan action cam mana yang Agan Sista ingin beli, paling nggak harus tahu lah sejarah singkat kamera tersebut, kekuatan kamera, garansi, hingga spesifikasinya. Tapi kalau masih bingung mau beli action cam yang kayak gimana, coba deh Gan Sis perhatikan beberapa hal berikut ini!


Quote:

Catat Hal Ini Sebelum Membeli Action Camera!
Jangan asal pilih

Banyak sekali merek yang bisa Agan Sista jumpai saat ingin membeli sebuah action cam, terutama jika kalian melihatnya dalam situs belanja online. Sekilas mungkin memiliki bentuk, warna, juga spesifikasi yang sama tapi dengan merek yang berbeda. Tapi Agan Sista harus benar-benar jeli nih dan jangan terburu-buru untuk membelinya. 
Karena terkadang terdapat action cam yang dijual secara generic, yang sebenarnya adalah kamera yang sama tapi diproduksi oleh perusahaan elektronik yang nggak diketahui namanya tapi dikasih merek sendiri oleh si distributornya. 


Catat Hal Ini Sebelum Membeli Action Camera!
Cari reviewnya sebelum membeli
Sebuah action cam terkenal tentunya memiliki kekuatan tahan banting dan tahan air. Tapi sebelum membeli kamera tersebut, selain harus hati-hati dalam memilih brand, sebaiknya cari dan lihat dulu review kamera yang Agan Sista incar. 
Baca review dari para pembeli dan pengguna action cam yang ingin dibeli. Karena terkadang beberapa action cam kerap dikeluhkan oleh pembeli karena cepat rusak, ataupun memiliki proses encoding video yang terlalu besar memakan memori penyimpanan sehingga membuat gagalnya firmware untuk melakukan booting.


Catat Hal Ini Sebelum Membeli Action Camera!
Cari kamera yang memiliki garansi
Action cam merupakan salah satu produk yang sering banget dikeluhkan masa garansinya. Nggak sedikit produsen action camera di Indonesia yang melakukan bulk order dari china kemudian menjualnya kembali ke konsumen tanpa adanya quality check dan jaminan yang jelas.
Jadi sebaiknya Agan Sista berhati-hati ya dalam memilih action cam yang memiliki garansi yang nggak abal-abal. Biasanya action cam yang bergaransi resmi selalu mencantumkan situs resmi perusahaan yang lengkap dengan data distributor resmi juga terdapat informasi kontak klaim garansi yang jelas.


Catat Hal Ini Sebelum Membeli Action Camera!
Resolusinya asli atau palsu?
Banyak nih yang ketipu. Misalnya aja action cam yang dibeli memiliki klaim yang menuliskan kemampuan resolusi video hingga 4K, tapi ternyata setelah dicoba hasil videonya pun sangat jelek kualitasnya alias tipu-tipu.
Beberapa action cam yang dijual dengan harga 400 ribu pun tertulis dapat merekam video 4K. Sebenarnya secara teknis action cam tersebut memang menghasilkan video dengan resolusi 4K Gan. Tapi resolusi tersebut bukan yang sebenarnya namun merupakan hasil interpolasi.
Interpolasi adalah proses penggandaan jumlah pixel asli dari resolusi sebenarnya yang dilakukan oleh software dalam action camera tersebut. Ya misalnya aja seolah kayak kita lagi resize foto gitu Gan yang ukurannya 600x600 pixel tapi dibuat jadi 1200x1200, otomatis hasilnya pun akan buram dan pecah. Nah kalau di action cam ini biasanya ukuran asli videonya adalah 1080p namun diinterpolasi menjadi 4K.


Segitu dulu aja Gan Sis hal-hal yang perlu kalian perhatikan sebelum membeli action cam. Sebaiknya jangan terlalu terburu-buru saat membelinya, baca-baca review dan kalau perlu tanya sama temen yang memang ngerti banget soal kamera. Yang paling penting sih siapin budgetnya! Dan lebih baik lagi kalau Agan Sista memang membelinya sesuai dengan kebutuhan. 

Gimana nih Gan Sis, tertarik untuk membelinya?




profile-picture
profile-picture
profile-picture
nesyaclarissa dan 15 lainnya memberi reputasi
16
Catat Hal Ini Sebelum Membeli Action Camera!
09-09-2019 13:50
4K sih beneran 4K pas diuji di software, tapi tingkat ketajaman, noise, blurry ga bisa nandingin action cam harga jutaan gan

Ane pernah beli 4K yang 1jtan, hasilnya kurang "clear" udah ane setting, tanya forum dsb

Trus test punya temen yang harga 8jtan, jauh banget 4Knya real gan emoticon-Ngakak, ga perlu diedit juga udah bagus gambarnya
0 0
0
profile picture
kaskus addict
16-09-2019 13:28
Bener banget nih sama agan yang satu ini. Harga gak bakal membohongi kualitas kok
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.