alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
198
Lapor Hansip
07-09-2019 16:16

Indonesia vs Malaysia, Apa Kata Orang Malaysia?

Indonesia vs Malaysia, Apa Kata Orang Malaysia?

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Shalom, salam sejahtera. Om swastiastu. Namo buddhaya. Wei de dong tian.

emoticon-I Love Indonesia

Hai, GanSis. Apa kabar? Kali ini ane mau membahas tentang sudut pandang orang Malaysia terkait konflik Indonesia vs Malaysia.

emoticon-I Love Indonesia

Indonesia vs Malaysia, Apa Kata Orang Malaysia?
Presiden Jokowi dan PM Mahathir Mohamad.
Gambar: straitstimes.com

Hidup bertetangga pasti ada konflik GanSis. Ibarat sendok dan garpu yang kalau dipakai pasti berbunyi, coba kalau dijauhkan tentu gak berisik. Kira-kira begitulah kondisi Indonesia dan Malaysia yang sesekali juga mirip kakak-adik. Nanti berantem, eh gak lama baikan lagi.

Benci tapi rindu. Saling menghina, padahal sesungguhnya saling suka. Laporan dari Kementerian Pariwisata dan Badan Pusat Statistik menyatakan tahun 2018 wisatawan Malaysia adalah yang terbanyak berkunjung ke Indonesia, mencapai 2,5 juta orang (15,83%). Begitu pun laporan Kementerian Pelancongan Seni dan Budaya Malaysia yang bilang pada tahun 2018 pelawat Indonesia mencapai 3.277.689 orang (peringkat kedua). Lucu kan GanSis?

Selama ini kalau ada konfrontasi atau konflik dengan Malaysia pasti GanSis membela Indonesia. Ya jelas karena kita orang Indonesia. Namun, pernah gak GanSis melihat dari sudut pandang orang Malaysia seperti apa?

Mengutip quotes favorit ane dari novel To Kill a Mockingbird karya Harper Lee yang bilang, “Kau tidak akan dapat memahami seseorang hingga kau melihat segala sesuatu dari sudut pandangnya... hingga kau menyusup ke balik kulitnya, dan menjalani hidup dengan caranya.”

Di sini ane akan jelaskan satu per satu. Sebelumnya ane mau bilang, ane bukan orang Malaysia! Ane orang Indonesia tulen, merah darahku putih tulangku. Ane tahu hal ini karena ane punya banyak teman orang Malaysia. Kadang-kadang suka membahas hal mendalam, makanya ane tahu. Beberapa teman ane ini juga kebetulan ada yang bekerja di instansi negara, makanya menurut ane lumayan akurat.

Opini ane ini mewakili orang Malaysia secara garis besar karena kalau ane tanya ke yang lain rata-rata jawabannya sama.

emoticon-I Love Indonesia

Batik
Indonesia vs Malaysia, Apa Kata Orang Malaysia?
Batik Cirebon.
Gambar: wikipedia.com

Masih ingat kasus beberapa tahun lalu yang bilang Malaysia mencuri kebudayaan batik? Sebenarnya gak mencuri GanSis. Orang Malaysia paham banget kok kalau batik budaya asli Indonesia. Waktu heboh-heboh Malaysia mengklaim batik, sebenarnya yang diklaim Malaysia itu motifnya. Bukan batiknya. Malaysia suka sama batik, makanya menciptakan motifnya sendiri. Eh berita yang masuk ke Indonesia dipelintir sama media.



Bendera Malaysia Meniru Amerika Serikat
Indonesia vs Malaysia, Apa Kata Orang Malaysia?
Jalur Gemilang.
Gambar: sayangsabah.com

Bendera Malaysia namanya Jalur Gemilang GanSis dan sindiran meniru bendera Amerika Serikat betul-betul bikin orang Malaysia ngakak karena faktanya gak begitu. Garis merah-putih berjumlah 14 itu bermakna 13 negeri/provinsi di Malaysia plus satu wilayah Kerajaan Persekutuan (dulu Kualalumpur, sekarang Putrajaya). Persegi biru di pojok kiri atas melambangkan kekompakan rakyat Malaysia dan bulan sabit bintang warna kuning simbol Islam.



Candaan Bahasa Melayu Malaysia
Indonesia vs Malaysia, Apa Kata Orang Malaysia?
Koran Malaysia.
Gambar: dunia.tempo.co

Penunggu Maling (Satpam), Laskar Angin-Angin (Angkatan Udara), Hospital Korban Lelaki (RS Bersalin), bersetubuh dengan Bumi (tiarap), Kementerian Tak Berdosa (Kementerian Agama)... GanSis pernah mendengar kalimat lucu ini? Hahaha selamat GanSis sukses ditipu sama orang iseng.

Ane kasih tahu yang betul. Security Guard (Satpam), Tentera Udara Diraja Malaysia (Angkatan Udara), Hospital Wanita dan Kanak-Kanak (RS Bersalin), tiarap (tiarap), dan Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (Kementerian Agama). Lagian memang kenapa kalau terdengar lucu? Orang Malaysia juga ngakak kalau mendengar logat Indonesia yang sering pakai kata "banget", "terus", dan "aja".



Indon
Indonesia vs Malaysia, Apa Kata Orang Malaysia?
Berita tentang Andik Vermansyah di koran Malaysia yang dijuluki "Messi Indonesia".
Gambar: theexpressviral.com

Ini topik paling sensitif Indonesia vs Malaysia tentang sebutan Indon. Orang Indonesia marah dipanggil Indon, padahal sudah dari dulu sebutan Indonesia di Malaysia itu Indon. Orang Malaysia pun heran kenapa orang Indonesia marah, padahal memang gak ada niat menghina. Justru sebaliknya Indonesia yang jelas-jelas menghina dengan penggunaan Malingsia hehe.



Kemerdekaan Malaysia Pemberian Inggris
Indonesia vs Malaysia, Apa Kata Orang Malaysia?
Suasana Proklamasi Kemerdekaan Malaysia tahun 1957.
Gambar: tirto.id

Paling sering nih orang Indonesia menghina Malaysia begini, katanya kemerdekaan Malaysia pemberian Inggris. Sebenarnya kata "pemberian" terdengar merendahkan banget ya GanSis karena menurut ane cara berjuang masing-masing negara itu berbeda-beda.

Indonesia jelas merebut kemerdekaan dengan darah, makanya merdeka duluan dari yang lain. Melihat pengalaman Indonesia yang mengorbankan banyak jiwa, Malaysia gak mau begitu. Mereka memilih jalur diplomasi damai karena kalau diukur kekuatan mereka memang gak memadai untuk merdeka secara frontal melawan Inggris.



Malaysia Gak Punya Pahlawan
Indonesia vs Malaysia, Apa Kata Orang Malaysia?
Dato Bahaman, salah satu pahlawan nasional Malaysia.
Gambar: pinterest.com

Ini juga bikin ngakak orang Malaysia waktu ane tanya. Sejarah Malaysia sama kaya kita kok GanSis. Banyak tokoh-tokoh pejuang melawan Kolonial Inggris, Jepang, dan paham komunis. GanSis searching saja, pasti ketemu.



Maling Bahasa
Indonesia vs Malaysia, Apa Kata Orang Malaysia?
Papan petunjuk agar mengutamakan bahasa Melayu.
Gambar: khazanah.republika.co.id

Lucu juga nih yang bilang Malaysia mencuri bahasa GanSis, padahal bahasa Melayu sudah menjadi lingua franca sejak zaman dahulu dan pada saat itu belum ada yang namanya Indonesia dan belum ada juga yang namanya Malaysia. Cuma ada Nusantara. Lagi pula kalau betulan mencuri memang kenapa? Jerman saja gak marah bahasanya dipakai di Austria dan Swiss. Begitu pun Spanyol yang bahasanya dipakai di Meksiko dan mayoritas negara Amerika Latin.



Rendang
Indonesia vs Malaysia, Apa Kata Orang Malaysia?
Rendang kari Malaysia.
Gambar: elmundoeats.com

Sebelum bilang Malaysia mencuri rendang, ane mau bilang kalau di Malaysia ada namanya Negeri Sembilan GanSis. Wilayah setingkat provinsi yang dibangun oleh para perantau Minangkabau pada abad ke-15. Mereka dipimpin Yang Dipertuan Agung Pagaruyung. Masa iya mereka pindah dari Sumatra ke Semenanjung gak membawa rendang hehe.



Sipadan dan Ligitan
Indonesia vs Malaysia, Apa Kata Orang Malaysia?
Pulau Sipadan.
Gambar: yukepo.com

Malaysia mencuri pulau Sipadan dan Ligitan? Masa sih? Bukannya Mahkamah Internasional yang memutuskan kalau Sipadan dan Ligitan milik Malaysia karena bukti-bukti kepemilikan mereka jauh lebih kuat dan komplit? Itulah hebatnya Inggris dalam menjajah, pulau seupil pun dieksplorasi, berbeda sama Belanda yang malas ke sana. Makanya wajar kalau Sipadan dan Ligitan jatuh ke Malaysia sebagai bekas jajahan Inggris.



Suporter Rasis
Indonesia vs Malaysia, Apa Kata Orang Malaysia?
Pendukung Indonesia dan Malaysia berfoto bersama di depan Shah Alam Stadium, Selangor.
Gambar: kumparan.com

Mau tahu gak pangkal saling hina suporter bermula dari mana? Piala AFF 2010 GanSis. Kala itu Indonesia lagi on fire banget. Gak terkalahkan sejak pertandingan pertama yang menang 5-1 atas Malaysia. Terus melaju tanpa kalah hingga ke final bertemu Malaysia lagi. Final menjadi klimaks saat leg 1 di Bukit Jalil Stadium, Indonesia takluk 0-3 dari Malaysia. Ketika leg 2 di Stadion Utama GBK, Timnas menang 2-1 tapi tetap Malaysia yang juara karena unggul agregat gol.

Kejadiannya persis Tragedi Maracana yang menjadi duka seumur hidup Brazil. Digadang-gadang sebagai juara, Brazil malah takluk dari Uruguay. Indonesia juga begitu. Euforia juara menggebu-gebu karena sejak awal turnamen Indonesia selalu menang dan banyak mencetak gol. Sayang pada akhirnya kalah oleh Malaysia. Marah, benci, kesal, tapi gak bisa menyalahkan siapa-siapa.

Waktu itu lagi booming FB dan Twitter. Entah bagaimana ceritanya bocil-bocil warnet asal njeplak menghina Malaysia. Mungkin sudah tabiat bangsa kita yang jika kalah bakal menghakimi lawan. Perang kata-kata kotor ramai di dunia maya. Setelah itu ada pesta olahraga lagi di mana Indonesia menjadi tuan rumah yaitu Sea Games 2011 di Palembang dan Jakarta. Sial betul-betul sial, lagi-lagi Indonesia kalah oleh Malaysia di final cabang sepak bola.

Sakit hatinya dobel. Perang kata-kata kotor semakin gencar. Lalu muncul video Ultras Malaya menyanyikan lagu "Indonesia itu *njing" sebagai imbas perang kata-kata kotor dunia maya yang beredar di Youtube dan baru booming sekarang. Padahal itu video tahun 2012, setahun setelah Sea Games 2011. Terus dan terus berlanjut sampai kemarin terjadi kericuhan di Stadion Utama GBK.



Tari Pendet
Indonesia vs Malaysia, Apa Kata Orang Malaysia?
Tari Pendet asal Bali.
Gambar: wikipedia.com

Beberapa tahun lalu heboh Malaysia mengklaim Tari Pendet Bali. Setelah dicek ternyata Discovery Chanel Singapore yang bikin. Salah paham.



Tari Tor-Tor, Gordang Sambilan, dan Reog Ponorogo
Indonesia vs Malaysia, Apa Kata Orang Malaysia?
Reog Ponorogo.
Gambar: andyaryanto.blogspot.com

Beberapa tahun yang lalu juga heboh Malaysia mengklaim Tari Tor-Tor, Gordang Sambilan, dan Reog Ponorogo. GanSis ane mau kasih tahu kalau di Malaysia itu ada yang namanya Akta Warisan Kebangsaan. Semacam syarat perizinan memainkan budaya di Malaysia.

Jadi kalau orang Jawa Malaysia mau nanggap/memainkan Reog Ponorogo atau orang Batak mau memainkan Tari Tor-Tor dan Gordang Sambilan, wajib daftar ke Akta Warisan Kebangsaan. Bukan niat mengklaim GanSis, hanya didata saja supaya resmi. Toh yang mendaftarkan juga komunitas Jawa dan Batak di Malaysia. Mereka hanya mau melestarikan kebudayaan leluhur.

Buat informasi saja, komunitas Jawa di Selangor dan Johor sering memainkan reog, mereka bilangnya Barongan.

emoticon-Kaskus Banget

Kira-kira bagaimana tanggapan GanSis sekalian?

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Sumber Referensi:
Opini Teman-Teman Ane yang Orang Malaysia
1 2

Gambar:
Google Images

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Sekian thread dari ane. Ambil bagusnya, buang buruknya. Semoga bermanfaat. Bye.

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Rate 5 Star

Indonesia vs Malaysia, Apa Kata Orang Malaysia?

Mungkin GanSis Berminat Melihat Thread Ane yang Lain Hehe? Silakan Klik Merah-Putih di Bawah Ini!


Diubah oleh mengeja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizkyarif23 dan 29 lainnya memberi reputasi
28
Indonesia vs Malaysia, Apa Kata Orang Malaysia?
08-09-2019 16:47
macem el classico dah indo ketemu malay,penuh drama
profile-picture
mengeja memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.