alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
91
Lapor Hansip
06-09-2019 19:21

Kabel Serat Optik Dipotong Anak Buah Anies, APJATEL Rugi Rp 10 Miliar

Kabel Serat Optik Dipotong Anak Buah Anies, APJATEL Rugi Rp 10 Miliar
Quote:
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melalui Dinas Bina Marga melakukan revitalisasi trotoar yang berimbas pada pemotongan kabel serat optik untuk jaringan internet. Akibatnya, para operator penyedia layanan internet di Jakarta mengalami kerugian mencapai Rp 20 miliar.
Ketua Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (APJATEL),  Muhammad Arief Angga mengatakan kerugian tersebut akibat pihak Dinas Bina Marga DKI melakukan pemotongan kabel secara sepihak atau tanpa pemberitahuan. Jumlah tersebut masih perkiraan. Namun, ia menyebut ada 25 operator pemilik kabel yang dirugikan.
"Mungkin kalo dari sisi kabel sendiri di mana ada 25 operator, perkiraan saya diatas 10 miliar sih ada, perkiraan," ujar Angga di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (6/9/2019).
Angga mengatakan, kerugian tersebut terjadi karena revitalisasi trotoar di Kawasan Cikini, Jakarta Pusar saja. Namun di kawasan tersebut, kabel yang terpasang merupakan kabel backbone yang jika dipotong akan memberikan dampak lebih besar bagi pelanggan internet.

"Karena ini kabel backbone bisa dibilang yang kena tuh sekitarnya juga. Saya rasa ribuan customer bisa berdampak ketika ada pemutusan sepihak seperti itu," jelasnya.
Ia mengatakan, jika ada pemberitahuan sebelumnya, maka pihaknya akan merapikan kabelnya sebelum trotoar direvitalisasi. Namun, ia menyebut butuh waktu dan biaya dalam merapikan kabel yang terpasang di atas trotoar ke dalam tanah.
"Untuk perapihan satu operator bisa dibilang per meter saja bisa kena Rp 150-200 ribu. Dikali berapa kabel, dikali berapa meter (panjang kabel), dikali berapa rute ruas jalan. Itu satu operator," katanya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta belakangan ini tengah mempercantik diri dengan merevitalisasi utilitas area trotoar, taman, dan telekomunikasi khususnya jaringan kabel serat optik.
Instruksi ini pun sudah disahkan melalui Instruksi Gubernur No. 126 Tahun 2018, dengan tujuan untuk memperbaiki utilitas di 81 ruas jalan di DKI Jakarta.
Menanggapi hal itu, APJATEL mendukung instruksi tadi. Akan tetapi di sisi lain, APJATEL menilai Pemprov DKI Jakarta perlu berkoordinasi ulang mengenai mekanisme merapikan yang juga mencakup timeline eksekusinya.
Instruksi yang mengatasnamakan estetika itu, menurut APJATEL, tak dilakukan secara tepat. Pasalnya, beberapa kabel serat optik jaringan internet dipotong tanpa pemberitahuan kepada pemiliknya dan tidak ada koordinasi proses eksekusi.
Akibatnya, sejumlah jaringan internet pelanggan di kawasan Cikini dan Kemang Raya, mengalami gangguan.
"APJATEL sangat menyayangkan tindakan-tindakan sepihak Pemprov DKI jakarta atas pemutusan dan perusakan kabel serat optik milik penyelenggara jaringan telekomunikasi. Kami melihat tidak ada pegangan yang jelas atas dasar-dasar pemutusan kabel ini," kata Angga dalam keterangan resminya, Sabtu (31/8/2019).







https://www.suara.com/news/2019/09/0...-rp-10-miliar

bntr lg apjatel mayatny mandi sndiri
sabar aj ntar kabelnya diberi pengertian , dibangun akhlaknya ,diajak bicara, intinya keberpihakan

gw penasaran di cikini nasbung jkt58 pada tobat ga ya inetnya dipotong wan abud emoticon-Big Grin
lbh hebat drpd bekatul yg nanya inet cpt buat apa, si wan abud lgsg potong kabelnya aj jd ga ada inet emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
imba.ruiner dan 46 lainnya memberi reputasi
29
Kabel Serat Optik Dipotong Anak Buah Anies, APJATEL Rugi Rp 10 Miliar
06-09-2019 19:38
"Namun, ia menyebut butuh waktu dan biaya dalam merapikan kabel yang terpasang di atas trotoar ke dalam tanah."


sungguh 5 tahun yg sia2 jokowi-ahok, kabel terpasang diatas trotoar, PKL diatas trotoar di uber2 emoticon-Hammer













emoticon-Ngacir
Diubah oleh sniper2777
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BuahZakarW0w0 dan 10 lainnya memberi reputasi
3 8
-5
profile picture
kaskus addict
06-09-2019 23:14


Kampret bego itu kabel optik jadi di atas trotoar gegara anus jembud, kabel optik tadinya ditanam ada perluasan jadi dikeluarkan
profile picture
kaskus addict
07-09-2019 06:15
@bayukuya1988

Jakarta Akan Terbebas dari Kabel Semerawut, Anies Perintah Pindahkan Kabel ke Bawah Tanah

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan pindahkan kabel-kabel udara ke bawah tanah.

Nantinya sebagian wilayah Jakarta akan bebas dari kabel-kabel listrik yang kerap mengganggu keindahan.

Hal itu diungkapkan Anies dalam akun Instagramnya @Aniesbaswedan pada Kamis (9/8/2019).

“Semalam melakukan inspeksi revitalisasi trotoar di Jalan Cikini Raya bersama jajaran @binamargadki,” kata Anies sambil bagikan foto-foto inspeksi.

Kata Anies, mendengar penjelasan dari Kepala Dinas Bina Marga Haru Nugroho jika revitalisasi trotoar harus diikuti dengan relokasi kabel udara yang kerap merusak keindahan kota.

Selain itu juga akan dilakukan pencabutan tiang-tiang utilitas yang mengganggu keamanan dan kenyamanan pejalan kaki di trotoar.

“Pagi tadi, kabel dan tiang utilitas yang semrawut itu sdh dipotong dan dibersihkan. Ini paradigma baru dalam penataan utilitas di ibukota, semua jaringan utilitas dipindahkan ke dalam ducting bawah tanah,” jelas Anies.

Ia menjelaskan kini Pemprov DKI Jakarta melalui program Kegiatan Strategis Daerah (KSD) dan Bina Marga DKI saat ini sedang mengerjakan proyek Revitalisasi Trotoar tersebut di beberapa ruas Jakarta.

Yakni di Jalan Cikini Raya, Kramat Raya dan Salemba Raya.

“Revitalisasi trotoar ini untuk menciptakan ruang pejalan kaki (pedestrian) yang aman, nyaman dan ramah disabilitas,” terang Anies.

Setidaknya kata Anies penataan kawasan melalui kebijakan yang berpihak bagi pejalan kaki ini akan menjadi koridor interaksi dan kreasi seni budaya untuk komunitas-komunitas di Jakarta.

Nantinya dengan fitur 100 m jalur trotoar ekspresi kreativitas (mural), spot seni dan budaya, akses baru menuju stasiun cikini, integrasi dengan halte bus pengumpan Transjakarta.

Selain itu juga trotoar sepanjang 10 Km di kedua sisi jalan akan dilengkapi dengan ubin pemandu, bollard, bangku, wayfinding sesuai dengan konsep complete streets dengan mengusung tema Trotoar Cikini Raya-Kramat Raya dan Salemba Raya.

Sempat Jadi RPJMD 2013-2017

Sebelumnya Jokowi saat menjadi Gubernur DKI Jakarta juga sempat mengajukan Rancangan Peraturan Daerah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (Raperda RPJMD) DKI Jakarta 2013-2017.

Bedanya dalam RPJMD itu kabel-kabel di seluruh kawasan Jakarta akan dimasukan ke dalam satu lobang besar yang dinamakan Deep Tunnel

Diberitakan Kompas.com Raperda RPJMD itu juga telah disampaikan kepada legislatif pada Selasa (5/3/2013).

Mantan Wali Kota Surakarta ini menegaskan, proses pengerjaan deep tunnel bersifat penting.

Kalaupun ada kajian yang mengatakan tak bisa dilakukan karena kondisi tanah di Jakarta relatif lembek, maka ia menyerahkan semuanya pada bantuan teknologi canggih.

"Kalau tanahnya lembek kan ada teknologi. Artinya di zaman seperti ini semua bisa direka," kata Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Senin (5/3/2013) malam.

Mengenai biaya, kata Jokowi, pengerjaannya dilakukan tanpa menggunakan APBD. Seluruhnya diserahkan kepada pihak swasta yang ingin berinvestasi.

Pembangunan baru dilakukan ketika kalkulasi selesai dilaksanakan. "Soal harga, hitungan tanah, kalau hitungannya masuk ya masuk. Mau harga Rp 4 triliun atau Rp 6 triliun, itu swasta. Kemarin yang datang dari China. Kalau investornya berani, ya masuk," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan bahwa Jakarta membutuhkan terowongan raksasa di dalam tanah atau disebut dengan deep tunnel.

Terowongan ini dibutuhkan untuk mengatasi persoalan banjir yang berimbas pada kemacetan parah. Kebutuhan ini dinilai mendesak sebab banjir dan macet semakin mengganggu aktivitas warga.

Menurut Jokowi, deep tunnel nantinya bisa berfungsi untuk beragam kepentingan. Selain sebagai saluran air raksasa pada saat banjir, di saat yang lain juga bisa sebagai sarana transportasi.

Deep tunnel yang dimaksud mirip dengan smart tunnel yang ada di Kuala Lumpur, Malaysia. Rencananya, deep tunnel akan membentang dari MT Haryono sampai Pluit.

Namun saat proyek itu diumumkan belum ada investor pasti untuk mendanai proyek yang diperkirakan mencapai Rp 16 triliun itu.

Namun, Jokowi percaya diri nantinya akan banyak yang berminat mendanai proyek tersebut. Kepercayaan diri Jokowi dilandasi karena ia berpikir bahwa deep tunnel tidak hanya berfungsi untuk pencegahan banjir, tetapi juga multifungsi untuk jalur kabel optik, kabel listrik, dan saluran air limbah.

https://wartakota.tribunnews.com/2019/08/09/jakarta-akan-terbebas-dari-kabel-semerawut-anies-perintah-pindahkan-kabel-ke-bawah-tanah?page=3



sungguh 5 tahun yg sangat sia2 jokowi ahok emoticon-Cape d... (S)


Wan abud klo bisa nih sekalian pindahin cebong2 kedalam tanah atau septik tank emoticon-Wkwkwk


Jokopret - mahok omdo!, Wan abud berkarya, cebong kejang2 emoticon-Wkwkwk
profile picture
aktivis kaskus
07-09-2019 12:20

Maksudnya, karya gagal ya, gan ???
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.