alexa-tracking
Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
Lapor Hansip
06-09-2019 09:42
Mau Beli Motor? Pertimbangkan Hal Ini Gan
Mau Beli Motor? Pertimbangkan Hal Ini Gan

Sepeda motor sudah menjadi kebutuhan hari ini. Fungsionalitas, dan kepraktisan menjadi alasan mengapa orang memilih menggunakan sepeda motor sebagai sarana mobilitas sehari-hari. Lalu, sepeda motor seperti apa yang cocok untuk setiap individu? Tentu hanya individu tersebut yang bisa menjawab. Namun ada beberapa pertimbangan yang bisa dijadikan referensi sebelum meminang sebuah tunggangan sehari-hari, apa saja? Cekidot gan.

Mau Beli Motor? Pertimbangkan Hal Ini Gan

Sesuaikan dengan kebutuhan.Jika kendaraan digunakan untuk mobilitas harian, perhatikan apa yang menjadi kebutuhan dan sering kita lakukan. Misalnya, aktivitas kita sehari-hari belanja ke pasar untuk keperluan memasak, jelas tidak praktis jika kita menggunakan Ducati Panigale atau Honda CBR series. Lebih praktis jika kita membeli matic atau bebek. Meski menurut saya, kedua tipe tersebut tidak layak disebut sebagai sebuah sepeda motor. Yap, untuk kebutuhan, idealisme bermotor harus ditepikan sedikit hehe.

Mau Beli Motor? Pertimbangkan Hal Ini Gan

Kedua, skema pembelian.Ada dua opsi,beli cash atau kredit. Kalau saya boleh memilih, membeli cash tentu lebih baik. Tapi jika kondisi finansial tidak memungkinkan, mau bagaimana lagi. Mau tidak mau ya harus kredit. Kredit pun kita pilih yang skemanya paling ringan. Kalau bisa jangan "ber-akad kredit" ke perusahaan pembiayaan yang menangani kredit kendaraan. Coba deh ke bank, memang butuh agunan tapi bunga bisa ditekan alias lebih ringan. Atau kalau bisa kasbon di kantor, itu lebih baik. Setelah cair uangnya bisa untuk membeli sepeda motor dengan cash ke dealer.

Jangan lupa, asuransikan juga kendaran yang sudah dibeli. Jangan mikir mahal harus bayar tiap bulan. Tapi berfikirlah seandainya ada sesuatu hal yang kurang baik di kemudian hari. Kesadaran soal asuransi ini masih sangat rendah di masyarakat negeri ini. Nanti kalau sudah kejadian ilang, baru mewek berjamaah.

Mau Beli Motor? Pertimbangkan Hal Ini Gan

Setelah fungsi jelas, skema pembelian jelas, langkah selanjutnya adalah mencari motor terbaik. Nah, ini bagian paling krusial, apalagi melihat masifnya promosi dari masing-masing pabrikan yang meng-klaim produknya paling bagus. Sebagai kastamer kita harus cerdas, dan salah satu cara untuk menjadi cerdas adalah, tidak fanatik ke salah satu brand. Jadi kita anggap semua brand itu sama, yang membedakan adalah kualitasnya. Cara tahu kualitasnya baik? Cari informasi atau test sendiri dong.

Dari mana kita bisa mencari tahu soal kualitas sebuah produk? Gampang, apalagi di era serba digital; dan terbuka seperti hari ini. Cari saja video review dari kastamer! Ingat ya, kastamer yang beli motor untuk di-review. Bukan dari blogger apalagi blogger ternak yang saat test dipinjami motor oleh ATPM. Logika saja, apakah setelah kita disuruh nge-test motor baru, dikasih makan, goodie bag, bahkan sampai amplop akan menulis review kejelekannya dengan jujur?

Mau Beli Motor? Pertimbangkan Hal Ini Gan

Jangan sampai menjadi korban pembodohan otomotif, waspada dan tetap pada prinsip bahwa kualitas adalah nomor satu. Dengan pendirian seperti ini, saya rasa kita tidak akan mudah termakan informasi yang isinya hanya jas.. jes.. joss.. dari seekorblogger ternak, seolah tidak ada kelemahan dari sebuah produk.

Jika memungkinkan, test sendiri unit sepeda motoryang akan dibeli. Bisa pinjam punya teman, lebih bagus lagi kalau ada beberapa merek untuk diperbandingkan. Nah, kalau sudah bisa sampai titik ini saya kira sudah paham mau beli motor dengan jenis apa, merk apa, dan tidak akan terseret pada pusaran informasi sesat.

Mau Beli Motor? Pertimbangkan Hal Ini Gan

Terakhir, perhatikan layanan purna jualnya. Ini tidak bisa dilihat dari banyaknya bengkel resmi atau showroom ya. Pengalaman saya, ada tuh pabrikan yang bengkel resminya ada di mana-mana, tapi untuk mencari item kampasrem depan harus inden! Kenapa? Karena sepeda motor baru dirakit di sini! Lha sudah berani merakit kok, ketersediaan komponen fast moving tidak siap. Apa ya kastamer disuruh jalan tanpa rem depan kalau kampas nya abis?

Rajin berdiskusi baik online maupun offline soal "riwayat sebuah sepeda motor termasuk ketersediaan spare part nya" akan menyelamatkan mu dari masalah  Balik lagi, jangan asal silau dengan nama besar dan menterengnya bangunan bengkel dari sebuah ATPM, itu sama sekali bukan jaminan.

Well, beberapa tips di atas bisa anda coba saat anda akan membeli sepeda motor baru. Ingat, jangan mudah percaya dan jangan mau berkompromi untuk sebuah kualitas. Salam Damai.

Merdeka!


profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrastrid dan 26 lainnya memberi reputasi
27
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
06-09-2019 10:26
kalo ane yg penting mampu bayar cash dan sesuai kebutuhan, sisanya asal seneng om kalo beli motor ga pernah mikir kalo bosen dijual masih mahal apa nggak. yang ada yang penting dirawat terus sampe ga bisa dipake baru beli baru. emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrastrid dan 2 lainnya memberi reputasi
3
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.