alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Lapor Hansip
04-09-2019 10:33
Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?
Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?

Selain bahasan mistis, belakangan di Indonesia juga sedang ramai bahasan soal wisata halal. Jujur saya agak bingung soal ini. Memang ada di Indonesia wisata haram dan tidak halal? Bukankah halal dan haram adalah pilihan kita sendiri. Sebelum sampai ke sana, mari kita cari dulu apa definisi yang tepat untuk wisata halal.


Wisata halal adalah semua objek atau tindakan yang diperbolehkan menurut ajaran Islam untuk digunakan atau dilibati oleh orang Muslim dalam industri pariwisata. Definisi ini memandang hukum Islam (syariah) sebagai dasar dalam penyediaan produk dan jasa wisata bagi konsumen (dalam hal ini adalah Muslim), seperti hotel halal, resort halal, restoran halal dan perjalanan halal.

Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?

Jika menggunakan definisi di atas, apakah ada tempat wisata di Indonesia yang sama sekali tidak memberikan fasilitas halal pada pengunjungnya? Bahkan di Bali yang mayoritas bukan muslim pun sangat mudah menemukan fasilitas beribadah. Mencari makanan halal? Asalkan kita mau bertanya, saya y
akin tidak akan ada kasus salah makan. Jadi, apa urgensinya harus ada wisata halal segala?

Sudahlah, tidak usah menyeragamkan Indonesia menjadi satu warna, satu rupa, dan satu bentuk. Dari dulu bangsa ini sudah berbeda-beda, tapi tetap satu. Lupa dengan Bhineka Tunggal Ika? Kalimat yang ada pada lambang negara kita kan menjelaskan betapa kita ini beda dalam banyak hal, namun bisa dipersatukan oleh Indonesia. Lha hal baik kayak gini kok mau diubah entah dengan maksud apa.

Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?

Jika yang dimaksud dengan  wisata halal adalah termasuk cara berbusana yang harus (katanya) syar'i, ya mohon maaf. Ini bumi nya Allah, Allah sudah menentukan ada yang nama nya perbedaan. Tanpa izin Allah apakah perbedaan itu ada? Bahkan jika anda adalah seorang yang paham ajaran agama, agama yang anda anut hari ini adalah karena hidayah dari Allah. Tanpa itu anda bukan siapa-siapa, betul?

Lalu apa hak anda mengatur gaya berbusana orang agar sesuai dengan maunya anda? Allah saja yang punya dunia mengijinkan, kok anda melarang? Anda beragama pasti paham, bahkan daun yang jatuh pun atas izin Allah. Apalagi wanita sexy berbikini, kalau Allah tidak berkenan, tidak mengijinkan, mudah bagi-Nya untuk menutup, betul tidak? Lho kayak gini kok diperdebatkan oleh orang yang ngaku kenal sama Allah. Tapi sifat Maha Segalanya diingkari. Hahahaha.

Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?

Maka sudahilah polemik soal wisata halal! Kembalilah ke jati diri kita sebagai bangsa Indonesia yang berbeda tapi bisa bersatu. Mau berwisata ke tempat wisata, ya sudah datang saja. Pilih apa saja yang sesuai dengan keyakinan. Toh tidak akan ada paksaan untuk melakukan sesuatu bukan? Tidak cocok di pantai yang ada bule berbikini, tidak usah dilihat. Apa didenda kalau menolak lihat bikini? Kalau masih tidak mau, ya cari pantai yang tidak ada bikininya. Hidup sedemikian indah dan mudah kok mau dibikin ribet.

Well, saya heran mengapa polemik-polemik seolah terus menerjang bangsa Indonesia. Seolah ada yang tidak suka jika bangsa ini damai dan membangun. Belum habis Papua, terbit soal wisata halal di Toba, habis ini muncul apalagi, hadeh. Gaes, yuk mulai dari diri kita. Sadar jika ada pihak yang ingin bangsa ini selalu ribut, kita harus melawan kelompok yang ingin bangsa ini pecah, semoga kita tetap waras. Salam Damai.



Merdeka!


Sumber Referensi : sini
Sumber gambar : sini, sini, sini, sini
 

profile-picture
profile-picture
profile-picture
missgabut dan 69 lainnya memberi reputasi
66
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
04-09-2019 10:52
kaskuser skrg banyakan ga ngerti agama sendiri

disuruh belajar agama ga mau, giliran ada berita ginian yg keluar cuma opini pribadi

miris aja sih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
khunum dan 27 lainnya memberi reputasi
12
profile picture
kaskus geek
04-09-2019 11:10


omoshiroi
jujur semenjak pilpres kemarin,ane udah mulai gak ngerti sama islam
ane mau ikut belajar agama islam sama michiyo senpai
yoroshiku michiyo senpai
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.