Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
23
Lapor Hansip
03-09-2019 14:12

Inilah Ciri Ban Mobil Harus Segera Diganti

Agan dan Sista, pernah ngalamin kebocoran ban mobil saat dalam perjalanan gak? Ane pernah ngalamin Gan, waktu itu ban mobil Ane bocor bukan karena ketusuk paku atau benda tajam lain GanSis, tapi karena emang faktor pemakaian. Salahnya Ane waktu itu gak terlalu merhatiin kondisi ban mobil Ane pas mau jalan GanSis, jadilah Ane dikerjain di tengah perjalanan.

Inilah Ciri Ban Mobil Harus Segera Diganti

Semenjak kejadian itu Ane coba cari tau kira - kira apa aja sih tanda – tanda ban mobil kudu harus diganti? biar gak keulang kejadian yang sama Gan...hehe
Ada beberapa ciri ban mobil harus segera diganti GanSis:

Usia ban lebih dari 3 tahun

Ternyata penggunaan ban itu ada jangka waktunya juga GanSis. Sama – sama kita tau, ban mobil itu dibuat dari material karet elastis, dimana seiring dengan berjalannya waktu, tingkat kelenturannya akan berubah sampai akhirnya akan menjadi getas. Idealnya usia ban itu adalah 3 tahun. Meskipun kembangnya masih tebal karena mobil jarang digunakan, biasanya ban yang sudah berumur lebih dari 3 tahun akan mengeras atau tidak lagi lentur. Ini akan membuat mobil menjadi tidak nyaman.

Jarak tempuh

Apabila jarak tempuh ban sudah 40.000 km, maka ban disarankan untuk segera diganti, walaupun usia ban belum nyampe 3 tahun. Hal ini dikarenakan ban yang sudah menempuh jarak jauh maka akan mengalami keausan. Normalnya mobil menempuh sekitar 15 – 20 ribu km setiap tahunnya.

Ketebalan tapak ban

Jika tapak ban telah mencapai batas TWI (Tread Wear Indicator) maka ban kudu segera diganti GanSis. Batas TWI itu yang bentuknya segitiga GanSis. Ada dua posisi indicator TWI pada ban, yakni pada bagian tepi ban dan tengah ban. Bagian tepi akan tampak segitiga kecil di area bawah kembang ban, sedangkan yang tengah ada berupa tonjolan yang tak sampai setinggi kembang ban.

Ban gundul dan atau adanya benjolan pada ban

Kalau ban udah gundul, gak usah pake tunggu lagi GanSis, segera ganti ama yang baru. Ban gundul juga beresiko pada keselamatan dalam berkendara. Sementara benjolan pada ban merupakan tanda adanya anyaman benang atau kawat ban yang putus. Benjolan ini mengindikasikan bahwa ban udah gak kuat lagi menahan tekanan udara.

source
profile-picture
missgabut memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Inilah Ciri Ban Mobil Harus Segera Diganti
03-09-2019 22:34
Susah banget bedain ban gundul apa ngga nya😂
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Kendaraan Roda 2
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia