Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
79
Lapor Hansip
28-08-2019 12:44

Tips dalam Melakukan Thrift Shopping. Lebih seru bila bersama dengan teman-teman

Tren fashion di dunia semakin beragam. Tanpa disadari, tren yang hadir kerap kali berputar dari waktu ke waktu. Beberapa waktu terakhir, style fashion vintage kembali meramaikan masyarakat. Tak heran, pola konsumsi masyarakat pun mulai berubah salah satunya diiandai dengan tren belanja pakaian bekas atau yang lebih dikenal dengan thrift shopping.


Quote:Kota Jakarta memiliki tiga destinasi thrift shopping

1. Pasar Baru

Tips dalam Melakukan Thrift Shopping. Lebih seru bila bersama dengan teman-teman

Mungkin banyak dari kalian yang familiar dengan pasar yang satu ini. Kamu bisa belanja pakaian second dengan harga mulai dari Rp 10.000-an sampai Rp 100.000-an. Di Pasar Baru ini tempatnya lebih tertata rapih dan gak begitu panas karena berada di dalam gedung Metro Atom. Pakaian-pakaiannya pun rata-rata sudah di sortir oleh penjualnya, tapi kamu tetap harus memperhatikan detail dari pakaian yang kamu pilih ya takutnya terdapat noda atau sedikit cacat. Buat kamu yang suka dengan pakaian vintage, kamu bisa banget nyari disini, barang-barang second disini juga masih bisa di tawar.

2. Pasar Senen

Tips dalam Melakukan Thrift Shopping. Lebih seru bila bersama dengan teman-teman

Ini legendanya tempat jualan pakaian second, dulu sebelum terjadi kebakaran, kalau kamu ke Pasar Senen mungkin akan merasakan sensasi belanja yang cukup tidak nyaman karena walaupun tempatnya besar namun panas dan agak pengap karena sirkulasi udara yang kurang baik serta banyak debu. Tapi itu lah seni belanja di Pasar Senen. Kamu harus benar-benar jeli dalam memilih barang karenarata-rata barang tidak di sortir dan lebih banyak pakaian yang di taruh di atas meja jadi kamu harus mengeluarkan tenaga serta ketelitian yang ekstra untuk mencari barang yang bagus. Disini kamu bisa menemukan pakaian yang super murah, mulai dari Rp 5000/pakaian bahkan ada yang menjual Rp 10.000 untuk 3 barang. Biasanya kalau sudah menjelang sore, para penjual di Pasar Senen membawa dagangan mereka ke area parkiran dan menjualnya dengan amat sangat murah. Kalau kamu beruntung, kamu bisa mendapatkan pakaian dengan harga cuma Rp 1000 saja!

3. Pasar Anggada

Tips dalam Melakukan Thrift Shopping. Lebih seru bila bersama dengan teman-teman

Pasar Anggada ini mungkin belum terkenal seperti Pasar Baru dan Pasar Senen, letaknya pun sebenarnya bukan di Jakarta tapi masih terjangkau kok buat kamu yang berdomisili di Jakarta. Letaknya itu di daerah Cibinong, Kabupaten Bogor dekat dengan Cibinong Square. Apa aja yang ada di sana? Bukan barang bekas guys, tapi lebih ke barang-barang sisa export yang dijual dengan harga yang murah banget! Mulai dari harga Rp 35.000-an sampai Rp 100.000-an aja.



Quote:Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan kegiatan berbelanja ini.

Gunakan pakaian yang santai
Perlu diingat suasana thriffing berbeda dengan kegiatan berbelanja di mall, mengingat lokasinya yang tidak ienalu besar. Gunakanlah baju sesantai dan senyaman mungkin agar kamu tidak merasa sumpek sendiri dengan pakaian yang kamu gunakan. Jangan sampai mood belanjamu rusak hanya karena rasa tidak nyaman.

Mix and match
Kegiatan mix and match memang menyenangkan. Saat kamu berbelanja pakaian bekas, pikirkanlah style pakaian yang ingin kamu mix and match. Harga pakaian yang lebih terjangkau dibandingkan mall membuatmu lebih banyak kesempatan untuk bisa bereksperimen dengan pakaian-pakaian tersebut.

Jangan kalap!
Harga pakaian yang murah kerap kali membuat pembeli kalap. Pikirkan dan tentukan dengan baik pakaian yang ingin dibeli. Jangan sampai kamu membeli pakaian hanya karena "lapar mata" saia. Kamu tak perlu terburu-bunu dalam berbelania baju bekas. Eksplorlah seluruh booth yang ada di lokasi. Akan lebih baik bila kamu sudah memikirkan pakaian apa yang akan kamu cari saat thrifting agar pola belanjamu lebih teratur.

Bawa uang secukupnya
Guna menghindari rasa kalap yang berlebih, alangkah baiknya jika kamu membawa uang secukupnya. Perkirakan budgetmu dalam berbelanja. Meskipun harganya murah, kamu tetap harus membatasi diri agar tidak terlalu membuang banyak uang.

Teliti
Hal ini yang patut diperhatikan saat thrifting. Perhatikan secara teliti pakaian yang akan kamu beli. Lihatlah detil pakaian yang hendak kamu beli. Mengingat yang dijual adalah pakaian bekas. tak jarang kamu akan menemukan miss pada pakaian tersebut.

Tawar harganya
Meskipun harganya murah, ternyata kamu masih bias menawarnya. Pandai—pandailah menawar dengan harga yang masuk akal agar kamu bisa mengalokasikan uangmu untuk membeli banyak pakaian lainnnya.

Cuci belanjaanmu
Meskipun pakaian yang dijual telah dicuci oleh penjualnya, tak ada salahnya bila kamu mencucinya lagi di rumah. Rendam pakaian yang kamu beli ke dalam air hangat untuk membunuh kuman-kuman yang ada. Kemudian, cucilah pakaianmu dengan deterjen dan air bersih.


Tips dalam Melakukan Thrift Shopping. Lebih seru bila bersama dengan teman-teman

Itu dia berbagai tips dalam melakukan thrift shopping. Kegiatan ini akan lebih seru bila dilakukan bersama dengan teman-teman. Jadi, tunggu apa lagi? Segera jadwalkan thrift shoppingmu!


Referensi


profile-picture
profile-picture
profile-picture
sunshii32 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Tips dalam Melakukan Thrift Shopping. Lebih seru bila bersama dengan teman-teman
30-08-2019 08:26
bagian "sharing bakteri" tiati ya gan agan ., berhubung ntu pakean gatau bekas sapa yg pake, cuci pake aer panas ntu memang perlu dilakukan sebelum ntu pakean digunakan
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia