alexa-tracking
Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
Lapor Hansip
21-08-2019 23:57
Kebaya Dalam Ingatan Masa Lalu dan Kini
Kebaya Dalam Ingatan Masa Lalu dan Kini


Kebaya Dalam Ingatan Masa Lalu dan Kini 

Kebaya Dalam Ingatan Masa Lalu dan Kini

(Photo credit goodnewsfromindonesia.id)

Deretan kebaya tersimpan di lemari ruang depan. Di dalam lemari berbahan kayu itu terdapat kebaya dengan berbagai warna dan corak. Siapapun wanita yang melihat kebaya itu, mungkin akan terlintas keinginan dibenaknya untuk segera memakai pakaian khas Indonesia itu.

Kebaya itu milik ibuku. Ibuku memang memiliki banyak kebaya, lantaran ibu bekerja sebagai perias pengantin. Kebaya itu biasa ibu sewakan untuk acara pernikahan atau acara-acara lainnya.

Seringkali saya melihat wanita datang ke rumah untuk melihat kebaya-kebaya milik ibu. Mereka biasanya datang untuk menyewa kebaya. Mencoba satu persatu sambil berlenggak-lenggok di depan cermin besar bak model papan atas. Tak jarang saya melihat wanita-wanita itu, entah kenapa saya terkagum oleh mereka, dengan balutan kebaya kadar kecantikan mereka meningkat tajam.  

Kebaya tak dapat dipisahkan dengan Indonesia. Di wikipedia menyebutkan bahwa kebaya merupakan blus tradisional orang-orang Jawa tempo dulu yang biasa dipadupadankan dengan sarung, batik atau songket. Jika ingat kebaya, saya selalu ingat dengan Ibu Kartini. Bukan tanpa sebab, setiap kali hari Kartini yang diperingati pada 21 April selalu diperingati dengan sejumlah wanita memakai kebaya.

Waktu yang terus berjalan dan pemikiran yang terus tumbuh merubah citra kebaya. Saya mulai melihat kebaya dipakai dalam keseharian. Baik dipakai ke acara resmi, selain nikahan hingga dipakai untuk pergi ke kantor atau meeting. Tentu kebaya yang dipakai mengalami modifikasi agar lebih kasual. Karena saya melihat keengganan wanita untuk memakai kebaya salah satu alasannyaa karena ribet ketika memakainya.

Dan kini kita telah melihat sendiri ragam kebaya yang dipadu-padankana dengan pakaian lain. Kesan kebaya tetap melekat tanpa sejengkal pun ikut melunturkan citra kebaya. Bahkan telah hadir satu komunitas kebaya yang terus menggaungkan kepada seluruh wanita Indonesia untuk memakai kebaya pada hari Selasa.

Tak cuma itu, mereka juga berjuang agar kebaya menjadi warisan dunia yang diakui oleh Unesco. Namun hal itu masih menjadi jalan panjang yang harus terus diperjuangkan. Tentu semoga perjuangan ini akan membawa hasil yang kelak dapat kita perlihatkan pada wajah dunia.

Para artis dunia dengan bangganya memakai kebaya dalam acara-acara fashion show bertaraf Internasional. Kebaya layaknya batik yang sangat Indonesia banget. Mari pakai kebaya untuk wanita Indonesia.   
Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk menyimak thread ini. Salam Kaskuser.

Tulisan Opini TS
Sumber gambar terlampir


profile-picture
profile-picture
japarina dan kelayan00 memberi reputasi
2
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
28-08-2019 12:51
sebagai warga Indonesia harus bangga dan penting bgt sih untuk terus dilestarikan
0
profile picture
kaskus addict
28-08-2019 20:45


Betul sekali, setuju.
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Rp 270.000
jam-tangan-gc
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.