alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
156
Lapor Hansip
26-08-2019 16:52

Ribuan Karyawan Krakatau Steel Setuju Di-PHK, Dapat 2 Kali Pesangon

Ribuan Karyawan Krakatau Steel Setuju Di-PHK, Dapat 2 Kali Pesangon

Cilegon - Sebanyak 2.683 karyawan kontrak dari 9 vendor di lingkungan PT Krakatau Steel (KS) setuju untuk diberhentikan. Pihak vendor memberikan kompensasi 2 kali pesangon. 

"Sudah (disepakati). Sempat kecewa soal restrukturisasi ini. Khususnya terkait pemda tidak memperhatikan kita, harusnya memperhatikan, minimal mencegah, menunda dan sebagainya," kata Ketua Federasi Serikat Pekerja Baja Cilegon (FSPBC) saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon dari Serang, Banten, Senin (26/8/2019). 

Para buruh yang diberhentikan menurutnya kecewa karena tidak bisa bertemu dengan Dirut PT KS. Para buruh mengaku putus asa karena sudah 2 bulan berjuang. 


"Kita berjuang dua bulan lebih. Sudah melakukan upaya hanya tidak hanya melalui aksi saja. Jadi kan kami istilahnya sudah gimana, sudah putus asa," ujarnya.

Ia mengatakan, akibat restrukturisasi ini ada 2.683 karyawan yang berhenti bekerja dari 9 vendor. Kesepakatan ini dibuat dalam perjanjian bersama antara vendor dan serikat pekerja. Perjanjian ini efektif berlaku pada tanggal 31 Agustus 2019. Pesangon akan diberikan secara 2 kali oleh pihak vendor. 


"Pesangon 2 kali, katanya itu sesuai aturan Undang-undang Ketenagakerjaan. Itu perjanjian bersama," ungkapnya. 

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Tenaga Kerja Cilegon Buchori mengatakan, perjanjian bersama ini baru dengan pihak FSPBC pada tanggal 15 Agustus 2019 dengan kurang lebih 1.800 karyawan. Sementara, antara vendor dan pihak Federasi Serikat Buruh Krakatau Steel (FSBKS) belum dilakukan kesepakatan. 

"Untuk FSBKS kita masih beri tenggang waktu sampai 10 hari, jatuhnya pada sekitar tanggal 26-27 Agustus," ujarnya saat dihubungi.



Sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Fey1985 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Ribuan Karyawan Krakatau Steel Setuju Di-PHK, Dapat 2 Kali Pesangon
26-08-2019 21:22
Quote:Original Posted By b09eLL
Bukan masalah KS ga bisa bersaing, saya nonton video penjelasan dirut bumn ks menjelaskan, ks ini bangkrutnya udah lama, ditambah kebijakan free cukai (CMIIW), lalu baja dari cina itu gak pure baja, tapi alloy (baja campuran), jadi ibarat harga baja ks 10rb, harga dari cina dibawah itu, dan alloy sama pure baja kualitasnya gak beda jauh (CMIIW) maka nya di indonesia laris itu baja.. ada kok penjelasan nya, googling aja..

Menurut saya pribadi, perang dagang itu bukan root dari problem nya, cuma kebijakan bebas cukai (cmiiw) itu yang salah, logika nya, dengan pembangunan massif pas jaman jokowi, ya masakan pabrik baja andalan nya malah merosot, bukan bangkrut loh ya, kalo bangkrut emang udah dari dulu..


Kalo ane lebih pilih pure baja ketimbang baja KW, ane mentingin kualitas

Nunggu pakar metalurgi komen
profile-picture
buruhrokok memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.