alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
219
Lapor Hansip
20-08-2019 11:20

Satu Lagi Perkembangan Teknologi Yang Mengancam Peradaban Manusia.

Pernah nonton film fiksi ilmiah di mana manusia diseleksi menurut DNA-nya ketika dia baru berupa embryo? Sehingga muncul kesenjangan sosial dan ketidakadilan.

Satu Lagi Perkembangan Teknologi Yang Mengancam Peradaban Manusia.
credit : www.nature.com


Atau fiksi ilmiah di mana orang tua bisa merekayasa embryo anak-nya untuk menjadi orang seperti apa, dengan kemampuan sesuai keinginan orang tua? Sehingga tidak ada lagi kesempatan bagi mereka yang kurang mampu untuk bersaing dalam kehidupan.

Atau fiksi ilmiah di mana seseorang DNA-nya diubah, entah secara sengaja atau tidak, dan menjadi manusia super?

Hampir setahun yang lalu, tepatnya tanggal 27-29 November 2018, pertemuan intenasional yang membahas tentang rekayasa genetika pada manusia diadakan di Hong Kong. Sekitar 3 tahun sebelumnya, pertemuan yang pertama dilakukan di Washington DC.

Pertemuan itu mengundang berbagai golongan, seperti ilmuwan, tokoh politik, perwakilan dari penderita penyakit tertentu, tokoh moral, dan sebagainya. Mereka ini diharapkan bisa mewakili berbagai sudut pandang yang berbeda, berkaitan dengan rekayasa genetika, utamanya pada manusia.

Seberapa dekat sebenarnya kita dengan khayalan fiksi ilmiah ini?

Jawabannya adalah sudah sangat dekat sekali agan-agan!

- Human Genome Project, sebuah kerjasama yang berusaha memetakan DNA manusia, dinyatakan selesai di tahun 2003. Sebuah peta yang akan menjadi dasar kita meng-eksplorasi dan meng-eksploitasi cetak biru dari diri kita sendiri.

- CRISPR cas9, adalah sebuah metode rekayasa genetika terbaru yang memiliki kemudahan, ketelitian dan hasil yang akurat, jauh dibanding metode-metode pendahulunya. Mulai diteliti pada sejak tahun 1993, metode ini berkembang menjadi metode paling muktahir untuk melakukan rekayasa genetika.

Dan sekitar setahun yang lalu, dunia ilmiah dihebohkan oleh publikasi dari seorang ilmuwan dari Cina (He Jian Kui) yang mem-presentasi-kan keberhasilan-nya merekayasa 2 embryo manusia (bayi kembar) dengan metode ini. Meskipun publikasi-nya segera mendapatkan reaksi keras dari pemerintah Cina dan dunia, bisa kita bayangkan dengan potensi dan kemungkinan-kemungkinan yang ditawarkan oleh rekayasa genetika, kecil kemungkinan dia adalah ilmuwan pertama dan terakhir yang akan mencoba ber-eksperimen dengan embryo manusia.

- Perkembangan teknologi di bidang rekayasa genetika, melejit secara eksponensial. Bukan saja semakin akurat, teknologi di bidang ini juga menjadi semakin mudah dan murah.

Bahkan seorang ahli di bidang rekayasa genetika membayangkan, suatu saat nanti, mesin pencetak susunan DNA bisa menjadi barang rumahan. Seperti revolusi di dunia IT, di mana dahulu komputer berukuran besar dan hanya tersedia bagi perusahaan-perusahaan besar, kemudian dengan berkembangnya teknologi, komputer sekarang tersedia hampir di tiap-tiap rumah.

Pada saat ini-pun sudah ada perusahaan yang menjual paket belajar, untuk agan-agan mempraktek-kan rekayasa genetika dalam skala kecil di rumah agan sendiri.

Jadi bagaimana agan-agan sekalian?

Generasi kita berada di tengah perkembangan teknologi yang berkembang dengan pesat. Beberapa bidang ilmu dan teknologi (AI, rekayasa genetika, dsb) menjanjikan perbaikan hidup bagi umat manusia, namun di saat yang sama jelas memiliki potensi bahaya yang bisa mengakibatkan penderitaan bahkan kehancuran umat manusia.

Tapi di saat yang sama tertinggal dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, artinya kita menyerahkan nasib kita pada mereka yang sudah mencapai-nya terlebih dahulu dan tidak mungkin ada satu bangsa yang menghendaki hal tersebut.

Bola sudah digulirkan, ke manakah dia nanti akan berakhir? Akankah umat manusia mampu menggunakan ilmu pengetahuan mereka untuk kebaikan? Atau justru kita hancur oleh ulah kita sendiri?


Referensi :
http://www.nationalacademies.org/gen...ng/2nd_summit/
https://www.genome.gov/human-genome-project
https://www.broadinstitute.org/what-...rispr-timeline
https://www.nature.com/articles/d41586-019-00673-1
https://singularityhub.com/2015/09/0...-consequences/
Diubah oleh lonelylontong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Bibalinhgum dan 29 lainnya memberi reputasi
30
Satu Lagi Perkembangan Teknologi Yang Mengancam Peradaban Manusia.
24-08-2019 20:15
woww.. amazingg breee
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.