alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
Lapor Hansip
16-08-2019 08:16
Cara ‘Mengakali’ Otak Agar Suka Sayuran
Cara ‘Mengakali’ Otak Agar Suka Sayuran

Kita semua tahu sayuran itu bagus untuk tubuh. Meskipun begitu, masih banyak yang nggak suka mengonsumsi sayuran, terutama karena rasanya yang memang nggak seenak daging atau makanan-makanan berlemak lainnya, juga karena harga sayuran tertentu yang sekarang ini memang nggak murah. 

Selain itu, faktor genetik dan psikologis juga ternyata berpengaruh terhadap ketidaksukaan seseorang pada sayur. Dikutip dari Huffpost, orang-orang dengan genetika ‘supertaster’, yakni sekitar 25% dari populasi dunia, punya pengecap yang lebih banyak pada lidah, sehingga mereka bisa merasakan rasa pahit lebih kuat dari orang-orang biasanya. Inilah yang menyebabkan ketidaksukaan mereka terhadap sayuran yang cenderung pahit.

Cara ‘Mengakali’ Otak Agar Suka Sayuran

Faktor psikologis juga bepengaruh pada kesukaan maupun ketidaksukaan orang terhadap makanan tertentu. Misalnya, seseorang yang terus dipaksa untuk makan sayur saat kecil bakal menyimpan perasaan negatif dan trauma yang diasosiasikan dengan sayuran tersebut. Alhasil, mereka pun terus menghindari sayur tersebut, bahkan saat dewasa.

Kebiasaan makan sayur memang harus dibangun sejak kecil.  Tapi tenang gan, bagi yang belum terbiasa makan sayur sampai sekarang, agan masih bisa mengakali otak agan untuk lebih suka sayuran.

Gimana caranya?

Berpikir Positif Terhadap Sayuran

Cara ‘Mengakali’ Otak Agar Suka Sayuran

Menurut Jill Patterson, ahli gizi asal Connecticut, Amerika Serikat, kita mungkin nggak akan suka semua sayuran, tapi otak kita bisa dilatih untuk makan lebih banyak sayuran. Berpikir positif tentang menyertakan sayur-sayuran ke dalam menu makan sehari-hari bisa membantu mengakali otak untuk mau makan lebih banyak sayuran.

Salah satu cara berpikir positif bisa dilakukan dengan melabeli sayur dengan deskripsi yang nggak memiliki embel-embel kesehatan, melainkan sebagai sesuatu yang enak dikonsumsi. Misalnya, daripada menyebutnya “kacang panjang yang kaya akan vitamin dan nutrisi”, agan bisa mendeskripsikan sayuran tersebut dengan “kacang panjang yang renyah dan gurih”.
Menurut penelitian, melabeli sayuran di otak kita  dengan deskripsi yang menarik dan terdengar enak bisa meningkatkan kemauan orang untuk memakannya.

Makan Dengan Cara Masak yang Disukai

Cara ‘Mengakali’ Otak Agar Suka Sayuran

Banyak yang menilai memasak sayur dengan cara tertentu kurang baik karena akan mengurangi nutrisi yang tersimpanpada sayur. Ada pula yang mengatakan kalau makan sayur itu lebih baik secara mentah. Nah, untuk memulai makan sayur, jangan pikirkan itu dulu, gan. Makan sayur dengan cara masak yang agan suka. Agan bisa bereksperimen dengan berbagai resep, cara masak dan bumbu yang paling enak menurut agan. Ini bakal melatih otak agar lama kelamaan terbiasa untuk makan sayur.

Buat Penyajian yang Menarik

Cara ‘Mengakali’ Otak Agar Suka Sayuran

Lauren Graf, ahli diet klinis dari New York, mengatakan “kita makan dengan mata kita terlebih dahulu”. Apapun yang menarik bagi mata akan meningkatkan napsu makan kita. Agan misa menginkorporasikan warna lain ke dalam sepiring sayur, misalnya. Dengan penyajian sayuran yang menarik, kita akan mengakali otak kita untuk berpikir bahwa sayuran di depan kita punya rasa yang enak.
 
Nah, itu dia gan, beberapa tips yang bisa agan lakukan untuk mengakali otak agan agar suka sayur. Mulai sekarang boleh coba diterapkan ya.
 

Source : 1 2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hvzalf dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
19-08-2019 21:05


Quote:Original Posted By phyu.03
Wkwkwk, bukan lalapanemoticon-Cape d...emoticon-Ngakak


haha iya gan, ya pling gk di rebus lah kaya pas makan urap emoticon-Toast
profile-picture
phyu.03 memberi reputasi
1
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.