alexa-tracking
Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
Lapor Hansip
17-08-2019 23:24
Nyobain Soto Gebraak yang Katanya Bikin Kaget

Nyobain Soto Gebraak yang Katanya Bikin Kaget

Masih dalam nuansa kemerdekaan nih Gan Sis! Biar vibes hari kemerdekaannya makin kerasa, kayaknya enak nih makan sesuatu yang khas Indonesia banget. Diantara beragamnya makanan khas negeri kita tercinta ini, salah satu makanan otentik dari Indonesia yang hampir dimiliki oleh setiap daerah adalah soto.

Siapa sih yang nggak pernah makan soto? Bisa dibilang jika Indonesia memiliki beragam jenis soto, kalau dihitung mungkin ada lebih dari 10 jenis soto kali ya yang tersebar di Indonesia. Setiap daerahnya pun memiliki nama-nama soto yang berbeda, dengan varian isiannya yang berbeda pula. Misalnya sepeti sroto, saoto, tauto, coto, dan lain sebagainya.

Nyobain Soto Gebraak yang Katanya Bikin Kaget

Salah satu soto yang menarik untuk dicicipi di daerah Jakarta adalah Soto Gebraak (a-nya dua). Terdapat dua cabang Gan Sis, yaitu di daerah Tebet dan Setiabudi. Dan kali ini ane pengen nyobain Soto Gebraak yang ada di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan. Letaknya persis di seberang SMA 3 Jakarta.

Warung soto ini menyediakan pilihan jenis daging untuk melengkapi makanan berkuah ini Gan Sis, yaitu soto daging sapi atau soto ayam. Kali ini ane mau nyobain soto ayamnya. Dan ternyata nggak butuh waktu yang lama untuk memesannya. Begitu ane masuk, pilih menu, pas duduk eh soto ayamnya udah datang aja. Mantul dah!

Nyobain Soto Gebraak yang Katanya Bikin Kaget

Soto Gebraak ini termasuk jenis soto yang memiliki kuah bening dan nggak terlalu kental. Rasanya nggak beda jauh sama Soto Madura. Gurih bawangnya kerasa banget. Isian daging ayamnya pun nggak pelit alias buanyak! Selain potongan ayam, di dalam soto ini berisi potongan tomat, bihun, dan sedikit kol. Nggak lupa dengan taburan bawang goreng yang bikin tambah nikmat. Meskipun rasa bawang putihnya sangat dominan, tapi sangat seger dan nggak bikin eneg sama sekali.

Sebenarnya ada yang otentik dan khas dari depot Soto Gebraak ini Gan Sis, namun sayang sekali nggak ane dapatkan sore itu. Yaitu suara gebrakan dari abang penjualnya. Konon, penamaan Soto Gebraak ini diambil dari kebiasaan penjualnya yang sering memukulkan botol kecap di meja samping kuali tempat memasak soto, sehingga menimbulkan suara “GEBRAAK!”. Mirip dengan Soto Dok yang ada di Jombang atau Surabaya, yang katanya penjualnya juga sering bikin kaget pembelinya.

Nyobain Soto Gebraak yang Katanya Bikin Kaget

Nyobain Soto Gebraak yang Katanya Bikin Kaget

Jujur ane menunggu momen makan sambil dikagetin. Mungkin abang penjualnya nggak menggebrakkan botol kecap ke mejanya karena saat itu terbilang sepi pengunjung kali ya. Iya sih pas ane datang emang lagi sepi-sepinya karena bukan jam makan pada umumnya. Hmmm, tapi agak bersyukur juga sih jadi nggak kaget saat makan. Kalau beneran kaget, mungkin yang ane pesan bukan soto ayam, tapi soto eh ayam ayam~

Nyobain Soto Gebraak yang Katanya Bikin Kaget

Nyobain Soto Gebraak yang Katanya Bikin Kaget

Untuk lebih menikmati soto, warung ini pun menyediakan lauk tambahan yaitu seperti perkedel, dan aneka jenis sate seperti sate empal, atau jeroan ati ampela. Mungkin karena ane datengnya sore banget jadi lauk tambahannya ini udah nggak lengkap kali ya. Tapi nggak apa lah, ane milih sate ati ampela aja kalau begitu. Lumayan buat pelengakap isian soto yang ane pesan, meskipun rasa ati ampela ini agak nggak sesuai sama ekspektasi. Kirain rasanya bakalan agak manis seperti baceman gitu ya, ternyata cenderung hambar. Oke baiklah.

Overall rasa soto ini enak tapi kayak ada sesuatu yang kurang. Bisa jadi karena agak nggak sesuai ekspektasi ane kali ya, yaitu makan sambil dikagetin. Tapi jenis soto ini enak banget dinikmati di kala Agan Sista lagi nggak enak badan atau untuk sekadar membangkitkan suasana hati, semacam buat comfort food gitu. Meskipun harga sotonya terbilang agak pricey, yaitu Rp 20.000 dan belum termasuk nasi, sate-satean, minum dan pajak. Jika Agan Sista ingin makan di sini, kira-kira membutuhkan paling nggak masing-masing Rp 50.000 per orang. Terbilang cukup mahal untuk semangkuk soto, tapi masih sebanding kok dengan rasa gurih dan banyaknya isian daging yang diberikan di mangkuk soto tersebut.



Kalau di daerah tempat tinggal Agan Sista, soto apa yang banyak digemari? Sajian #SotoNusantara seperti apa sih yang menjadi ciri khas di daerah kalian? Apakah soto dengan kuah bening, kental, atau bersantan? Komeng don Gan Sis!


Diubah oleh MakanDimana
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tholib30 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
19-08-2019 13:42
pernah liat di siaran lokal pas kuliner...
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.