alexa-tracking
Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
Lapor Hansip
12-08-2019 10:20
Tahu Tidak? Bukan Airbag, Justru Seatbelt Fitur Keselamatan Paling Penting di Mobil
Tiap kendaraan pasti selalu dilengkapi dengan fitur-fitur terkait keselamatan dalam berkendara. Hal ini untuk memastikan keamanan baik bagi pengendara dan juga penumpang saat melakukan perjalanan. Dan fitur keselamatan pun terus diperbarui, sebut saja ada teknologi baru seperti sensor pejalan kaki, kantung udara atau airbag hingga kamera pengaman.

Tahu Tidak? Bukan Airbag, Justru Seatbelt Fitur Keselamatan Paling Penting di Mobil

Namun, dari semua fitur keamanan itu, ternyata seatbelt atau sabuk pengaman merupakan fitur keamanan yang paling utama dalam sebuah kendaraan. Hal itu diungkapkan oleh Product Knowledge Planning Division PT Toyota Astra Motor, Gandhi Ahimsa Putra.

"Keamanan yang ada dalam sebuah kendaraan itu adalah seatbelt, sementara yang lainnya seperti airbag dan lainnya adalah jadi pendukungnya," papar Product Knowledge Planning Division PT Toyota Astra Motor (TAM), Gandhi Ahimsa Putra, melansir dari lamana Oto.com. Menurut Gandhi, alasan safety utama dalam kendaraan adalah seatbelt karena fitur ini menempel langsung ditubuh manusia. Untuk itu, ia menyatakan berbagai inovasi coba dikembangkan Toyota dalam keselamatan salah satunya ialah teknologi pada seatbelt.

"Saat ini kan seatbelt jadi standart safety yang harus ada pada setiap kendaraan, untuk itu kami dari Toyota fokus pada hal itu dan terus coba kembangkan terkait keselamatan baik bagi pengendara maupun penumpangnya," tambah Gandhi.

Baca juga: Makin Canggih, Ini Fitur Mobil Yang Banyak ‘Dikacangin’

Saat ini, Gandhi menyatakan bila seatbelt hadir dengan menggunakan teknologi pretensioner mechanism dan force-limiter mechanism. Teknologi ini akan melindungi pengguna apabila terjadi benturan keras maka pretensioner mechanism akan aktif dan menghindari pengguna terpental kedepan atau membuatnya tetap berada di kursi.

Namun, selain itu terdapat juga force-limiter mechanism yang akan bekerja sesaat setelah pretensioner mechanism. Dengan force-limiter mechanism sabuk pengaman akan mengendur dan membuat badan terbentur dengan airbag yang sudah mengembang, atau membuat benturan tidak terlalu keras sehingga menghindari resiko patah tulang bahu akibat tekanan seatbelt yang terlalu kuat.

"Jadi teknologi pretensioner mechanism dan force-limiter mechanism bekerja selaras dengan airbag. Keduanya akan bekerja saat airbag mengembang sehingga benturan akan terasa tidak terlalu keras dan dapat melindungi pengendara," terang Gandhi.

Sumber : Garasi.id
Diubah oleh officialgarasi
profile-picture
azidqi memberi reputasi
1
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
17-08-2019 04:13
Yang penting selalu berdoa sebelum berkendara dan berhati hati di setiap perjalanan...
Kalo pun mengantuk lebih baik menepi beristirahat dibanding memaksakan
0
profile picture
Verified Account
17-08-2019 11:13


Bener banget nih gan. Ikuti juga rambu jalan dan jangan lupa buat selalu memakai seatbelt walaupun agan cuma pergi ke tempat yang gak jauh
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.