News
Batal
KATEGORI
link has been copied
164
Lapor Hansip
07-08-2019 12:48

Siap-Siap Pindah ke Ibu Kota Baru ya, Ini Tahapannya

Siap-Siap Pindah ke Ibu Kota Baru ya, Ini Tahapannya

jpnn.com, JAKARTA- Aparatur sipil negara atau ASN kementerian dan lembaga di Jakarta harus mempersiapkan diri pindah ke ibu kota negara yang baru, di Kalimantan.


Mengenai lokasi definitifnya, Presiden Joko Widodo alias Jokowi direncanakan bakal mengumumkan langsung pada Agustus ini. Apakah ke Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan atau Kalimantan Timur.

Menteri Perencanaan Pembangunan atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro pun menjelaskan tahapan pembangunan hingga waktu pindah perdana beberapa tahun ke depan.

Bambang menjelaskan, tahap awal setelah penentuan lokasi definitif adalah membuat payung hukum berupa Undang-Undang tentang daerah khusus ibu kota, melakukan land clearing (pembersihan lahan). Proses persiapan ini berlangsung tahun 2020.

BACA JUGA: Ada 2 Masalah Menonjol di Daerah Calon Ibu Kota Baru RI

"Pada 2021 full konstruksi, 2024 kami harapkan proses pemindahan tahap pertama sudah berlangsung," ucap Bambang di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (6/8).

Ibu kota negara yang baru nanti akan dikelola oleh badan otoritas yang akan diatur dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) yang akan diajukan ke DPR RI.



"Jadi RUU itu mengenai status daerah khusus dan badan otorita. Mirip-mirip (otorita Batam) tetapi tak persis sama dengan Batam," tandas mantan menteri keuangan RI itu.

(fat/jpnn)


Berita Terkait

Calon Ibu Kota Negara Dilanda Kabut Asap, Jam Belajar Dikurangi

Sudah Lebih dari Seribu Orang Tertular HIV AIDS di Kota Ini

Pelaku Curanmor Tembak Polisi dari Dalam Mobil

Widyawati: Banyak Pesan Positif di Film Mahasiswi Baru

Ada 2 Masalah Menonjol di Daerah Calon Ibu Kota Baru RI

Arahan Terbaru Jokowi soal Pemindahan Ibu Kota




profile-picture
profile-picture
profile-picture
slametgentho dan 8 lainnya memberi reputasi
9
Siap-Siap Pindah ke Ibu Kota Baru ya, Ini Tahapannya
07-08-2019 22:08
Quote:Original Posted By critoseus
hhm siap" perusahaan kelas kakap nyari lahan buat proyek baru dan sekaligus bikin MOU dengan pt lain, dan semakin gundul deh kalimantan, dulu inget banget pas baca buku IPA pas SD, kalimantan jantungnya bumi #cmiiw wkwkkw


Nope, kalimantan memang punya hutan yg luas, tapi itu masih kecil sekali dibanding hutan amazon brazil. Bahkan peringkat negara2 dgn hutan terluas pun indonesia hanya peringkat 19. Rasanya terlalu berlebihan jika banyak yg menyebut indonesia paru2 dunia
profile-picture
giankutil memberi reputasi
1 0
1
profile picture
kaskuser
08-08-2019 08:22
yang menyebut paru paru dunia cuma biar sungkan aja membangun daerah tersebut, tapi kan asal bijak tata kotanya, saya yakin ga akan masalah mau ada pembangunan dimanapun, tul ga?
1
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia