alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
35
Lapor Hansip
07-08-2019 09:27

Disebut Bahaya dan Perlu Diatur UU, Ini Komentar Seksolog Soal Seks Oral

Jakarta - Rancangan Undang-undang tentang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) juga mengatur soal hubungan seks yang tak lazim seperti halnya seks oral. Putusan ini didasari oleh pendapat bahwa seks oral bisa meningkatkan risiko tertular beberapa penyakit mulai dari infeksi hingga kanker.

Menanggapi hal tersebut, seksolog Prof dr Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS dari Universitas Udayana menegaskan, jika disertai kekerasan maka perilaku itu termasuk pemaksaan. Namun jika kedua belah pihak ada kemauan bersama, tidak termasuk dalam kategori tersebut.


"Tetapi kalau pasangan melakukan seks oral karena kemauan bersama dan keduanya menikmati, tentu tidak ada yang bisa melarang. Berbeda kalau seks oral dilakukan karena dipaksa atau diancam kekerasan, nah ini pasti melanggar hukum dan bisa dipidana," jelasnya kepada detikHealth dalam perbincangan via saluran telepon, Selasa (6/8/2019).


Yang perlu dicatat jika pasangan suami-istri yang memang mau dan senang melakukan seks oral harus berada dalam keadaan sehat, tidak mengidap penyakit menular seksual (PMS) atau tidak melakukan hubungan seksual dengan orang lain.

"Apalagi jika orang tersebut berisiko tinggi tertular penyakit menular seksual. (Bisa tertular) semua infeksi, seperti chlamydia, gonorrhea," lanjutnya.

Seks oral mungkin terkesan sebagai praktik seks yang aman, namun tetap berisiko tinggi menularkan penyakit. Salah satu cara untuk mencegah penularan adalah dengan menggunakan proteksi seperti kondom. 

Terakhir dr Wimpie kembali mengingatkan sekali lagi seks oral harus dilakukan atas dasar kemauan bersama.

Sebelumnya, Ketua Kelompok Studi Infeksi Menular Seksual Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit Dan Kelamin Indonesia (Perdoski) Hanny Nilasari menyebut perempuan harus berani menolak ajakan seks oral bila RUU PKS disahkan.

"Itu berbahaya karena menjadi pintu masuknya virus dan bakteri. Itu yang harus kita informasikan kepada masyarakat kalau jalur mulut itu bukan jalur yang aman," katanya, dikutip dari Antara, Selasa (6/8/2019).


SUMUR

Disebut Bahaya dan Perlu Diatur UU, Ini Komentar Seksolog Soal Seks OralDisebut Bahaya dan Perlu Diatur UU, Ini Komentar Seksolog Soal Seks OralDisebut Bahaya dan Perlu Diatur UU, Ini Komentar Seksolog Soal Seks Oral


profile-picture
profile-picture
profile-picture
gungun76946 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Disebut Bahaya dan Perlu Diatur UU, Ini Komentar Seksolog Soal Seks Oral
07-08-2019 10:40
ya elahhhhhhh...
segitu tololnya kah mreka sampe nye*ong bae diurusin...
msh banyak hal negara lain yg lebih penting drpd ngurus selangkangan coy...!!!!
Diubah oleh LaSeixas
profile-picture
theJizyah memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.