alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Lapor Hansip
05-08-2019 14:42
Benarkah PLN Melakukan Pemadaman Listrik dengan Sengaja?
Quote:
Dengarkan berita klarifikasi informasi hoaks ini melalui program HansipHoax hanya di KASKUS Podcast!
emoticon-Request



Baru-baru ini warga dari berbagai daerah di pulau Jawa terkena pemadaman listrik massal. Terkait pemadaman listrik, banyak sekali masyarakat yang kecewa dan menyalahkan PLN atas kejadian ini. Bahkan, ada yang menyebut kalau PLN melakukan pemadaman listrik dengan sengaja.

Benarkah PLN Melakukan Pemadaman Listrik dengan Sengaja?


Melihat narasi tentang PLN yang melakukan pemadaman listrik dengan sengaja ini beredar cepat di media sosial, lantas bagaimana ya kebenaran informasinya?


PEMERIKSAAN FAKTA
Melansir dari Tirto.id, Hansip Hoax mendapatkan informasi bahwa penyebab pemadaman listrik ini dikarenakan ada gangguan transmisi Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 kV Ungaran dan Pemalang.

Direktur Pengadaan Strategis 2 Djoko Raharjo Abumanan mengatakan gangguan transmisi terjadi karena ada kelebihan beban listrik khususnya di Jakarta, Bekasi, dan Banten. Logikanya sama seperti listrik 'jetrek' di rumah.

Selama ini pasokan listrik di Jawa bagian Barat berasal dari tiga pembangkit, kata Djoko: pembangkit di Suralaya, Cilegon, dan Muara Karang, plus dari pembangkit di timur Jawa. SUTET Ungaran-Pemalang mengaliri listrik dari pembangkit dari timur Jawa Itu.

Gangguan pada SUTET di dua tempat itu menyebabkan transfer listrik dari timur ke barat Pulau Jawa mengalami kegagalan. Kegagalan ini pada akhirnya menyebabkan gangguan di seluruh pembangkit di sisi tengah dan barat Pulau Jawa.

Plt Dirut PLN Sripeni Inten juga mengatakan gangguan transmisi mulai terjadi Minggu siang, pukul 11.45.

Efek gangguan langsung terasa pada pukul 11.45 detik ke-27 di Brebes. Tiga menit kemudian, tepatnya pada 11.48 detik ke-11, penurunan tegangan terjadi yang lantas menyebabkan jaringan listrik di Depok-Tasikmalaya terganggu.

Akibat gangguan ini listrik mati masif. Untuk menyebut beberapa saja: empat kereta MRT sempat terjebak di bawah tanah; kereta jarak jauh terlambat pergi hingga berjam-jam; jaringan telekomunikasi semua operator lumpuh; orang-orang juga kesusahan memesan ojek daring--yang kini makin jadi kebutuhan warga di kota besar.

PLN berupaya listrik kembali normal dengan mengoperasikan PLTA Saguling dan PLTA Cirata pada pukul 16.27. Selain sebagai penstabil daya, dua PLTA ini juga bertugas mengirim listrik, dari Gardu Induk Tegangan Extra Tinggi (GITET) Cibinong, Depok, Gandul, Lengkong, Balaraja dan juga Suralaya.

PLTU Suralaya beroperasi secara bertahap. Setelah itu listrik di Jabar dan Banten berangsur normal, dihitung dalam tempo enam jam sejak pukul 17.30, klaim Sripeni.

Tegangan dari GITET juga dialirkan ke Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Muara Karang. PLTGU ini membuat listrik di DKI Jakarta kembali normal dalam tempo tiga jam.


KESIMPULAN
JADI GAN, BERDASARKAN PEMERIKSAAN FAKTA YANG DILAKUKAN HANSIP HOAX, DAPAT DISIMPULKAN BAHWA NARASI YANG MENYEBUTKAN BAHWA PLN MELAKUKAN PEMADAMAN LISTRIK DENGAN SENGAJA ADALAH INFORMASI YANG MENYESATKAN ALIAS HOAKS. KARENA PENYEBAB PEMADAMAN LISTRIK INI DIKARENAKAN TERDAPAT GANGGUAN TRANSMISI SALURAN UDARA TEGANGAN EKSTRA TINGGI (SUTET) 500 kV UNGARAN DAN PEMALANG.

SEBARKAN YA INFORMASI KLARIFIKASI INI KE REKAN DAN KELUARGA KALIAN AGAR TERHINDAR DARI HOAKS YANG MENYESATKAN.



SUMBER
Kominfo.go.id
Tirto.id
profile-picture
profile-picture
profile-picture
maman80 dan 19 lainnya memberi reputasi
18
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
07-08-2019 08:24
tunggu analisa pihak independen aja biar gak gibah
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.