alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Lapor Hansip
31-07-2019 09:52
Anggaran Sampah Jakarta Buat Wali Kota Risma Tertawa, Ini Kata DPRD DKI
Anggaran Sampah Jakarta Buat Wali Kota Risma Tertawa, Ini Kata DPRD DKI

Quote:Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video memuat suasana pertemuan antara Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini alias Rismadengan Anggota DPRD DKI Jakarta di ruang sidang Wali Kota Surabaya beredar viral di media sosial, dalam video itu Risma terlihat tertawa saat mengetahui anggaran penanganan sampah di Jakarta jumlahnya mencapai lebih dari Rp 3 Triliun.

Terkait hal itu, Ketua Fraksi Partai Nasdem, Bestari Barus, yang turut hadir dalam pertemuan itu mengatakan, Risma memang agak kaget saat mengetahui jumlah anggaran penanganan sampah DKI.

“Beliau agak terkesima saja. Ya wajarlah, DKI itu kan besar,” kata Ketua Fraksi Nasdem Bestari Barus saat dikonfirmasi, Selasa (30/7/2019).

Meski demikian, Bestari menyatakan anggaran pengelolaan sampah yang besar juga dipengaruhi jumlah warga yang banyak.

"Kan penduduknya jauh lebih banyak. Jadi produksi sampahnya lebih besar gitu loh,” ucapnya

Bestari menyatakan, studi banding di kota Surabaya diperlukan salah satunya untuk mempelajari sistem tipping fee pengelolaan TPS di sana.

“Studi banding itu sekalian mempelajari bagaimana pola pengelolaan di sana dan bagaimana urusan tipping fee mereka bayarkan,” ucap dia.

Dalam pertemuan itu, Bestari mengatakan Risma lebih menginginkan agar pengelolaan sampah di kelola langsung oleh daerah.

“Ada yang satu menarik bahwa Bu Rismamengatakan, 'Apabila kami punya uang, maka kami tidak akan biarkan perusahaan mana pun mengelola model ITF itu. Kami akan kelola sendiri sehingga kami tidak harus membayar tipping fee," kata Bestari.

Diketahui, DKI menyerahkan pengelolaan ITF pada BUMD DKI. Menurut Bestari, Risma menyebut tidak seharusnya sampah dikelola badan untuk mencari keuntungan.

“ Saya tanya juga, 'Kalau dia BUMD bagaimana, Bu.' 'Ya ndak usah, BUMD itu suruh aja nyari duit dari dia berusaha, bukan dari masyarakat.' Karena ada hal yang beliau katakan, 'Sampah itu kotanya sudah bersih saja, sudah. Jangan lagi berpikir di mana sih ada di dunia ini yang cari untung lewat sampah, itu ndak ada.'” Jelasnya.

Meski demikian, Bestari membantah hasil kunjungannya untuk membanding-bandingkan kinerja Pemprov DKI dengan Pemkot Surabaya.

"Nanyanya begitu mau ngadu-ngaduin gue sama gubernur.  Jangan diadu-adu terus nanti,” tandasnya.

Angkut Sampah Sendiri

Alat berat mengeruk sampah di TPST Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (18/3). Memasuki usianya yang ke 30 tahun, TPST Bantar Gebang tinggal memiliki kapasitas 10 juta ton lagi. (merdeka.com/Arie Basuki)

Diketahui, Risma mendapat kunjungan rombongan dari DKI Jakarta yakni Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapem Perda) DPRD dan Pemda DKI Jakarta datang ke Kota Pahlawan untuk studi banding soal pengelolaan sampah.

Dalam pertemuannya dengan Risma, Bestari mengatakan, jumlah anggaran DKI untuk mengatasi masalah cukup besar, tapi persoalan sampah belum teratasi.

Mendengar angka Rp3,7 Triliun tersebut, Risma terlihat kaget dan tertawa.  Risma kemudian membeberkan pengelolaan sampah Surabaya yang sudah memiliki sistem pengelolaan sampah sendiri.

"Saya yakin DKI Jakarta kalau punya pengelolaan sampah sendiri pasti biaya angkutannya turun. Sebab, di Surabaya ini anggarannya 50 persen untuk operasional angkutan," katanya.



emoticon-Wakaka
Sebagai warga JATIM ane mohon maaf,apa bila tertawanya bu Risma menyinggung perasaan saudara ane di jekerdah.....

emoticon-Ngakak
Diubah oleh tanah.liat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hattori hanzo dan 51 lainnya memberi reputasi
52
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
31-07-2019 10:27
per RT di jakarta pun dikutip iuran kebersihan sebagai jasa untuk truk pengangkut sampah yang dikoordinir oleh pengurus RW setempat.

di lingkungan ane per RT dikenakan biaya urunan jasa truk angkut sampah sebesar Rp. 300.000 lho. Lalu dikumpulkan oleh pengurus RW, entah ada yang ditilep juga sebagian oleh pengurus RW bisa jadi.

karena di jakarta tidak boleh numpuk di lokasi tertentu manapun, melainkan harus segera diangkut pakai truk yang dana operasionalnya dikutip dari RT dan dikoordinir RW.

petugas angkut sampah di lingkungan pun diambil dari iuran kebersihan warga per kepala keluarga. tidak ada jatah khusus dari pemda untuk bantuan honor petugas angkut sampahnya.

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liksemut dan 7 lainnya memberi reputasi
8
profile picture
kaskus maniac
31-07-2019 11:45


Parah sih. Dari mulai RW udah main pungli.
Bayangin aja 300rb per RT. Se Jakarta udah berapa. Belom yang 3.7 T anggaran.
Bener-bener perlu diganti itu semua jajaran pengurus Pemprov yg ngurusin ginian.
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.