News
Batal
KATEGORI
link has been copied
207
Lapor Hansip
16-07-2019 15:56

Puri Indah Mall Pisahkan Toilet Pengemudi Ojek Online dengan Toilet Pengunjung

 Puri Indah Mall Pisahkan Toilet Pengemudi Ojek Online dengan Toilet Pengunjung


Quote:

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemandangan sedikit berbeda terlihat di toilet Puri Indah Mall, Kembangan, Jakarta Barat. Di mal ini, pihak pengelola memisahkan fasilitas toilet pengujung dengan toilet pengemudi ojek online.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, pada Selasa (16/7/2019) pemisahan ini dilakukan di lantai dasar dan lantai satu Puri Indah Mall.

Sesaat hendak memasuki toilet, terpasang tiga petunjuk arah yang menunjukkan toilet pengunjung pria, toilet pengunjung wanita, serta toilet karyawan, pengantar/ojol.

Untuk toilet pengunjung, petunjuk arah langsung mengarah ke pintu toilet, sementara bagi toilet ojek online petunjuk arah menunjuk ke sebuah lorong.

Memasuki lorong tersebut, terlihat ruangan janitor tempat para petugas kebersihan menyimpan peralatan mereka. Sementara toiletnya tepat berada di samping ruang janitor tersebut.

 Terdapat dua pintu toilet yang memisahkan antara wanita dan pria Tak ada penjaga khusus di tiap toilet yang ada di Puri Indah Mall sehingga pengunjung bisa saja menggunakan toilet untuk pengemudi ojek online.

Kompas.com kemudian membandingkan perbedaan antara kedua toilet tersebut. Toilet untuk ojek online lebih sempit dibandingkan toilet pengunjung. Keramik yang digunakan pun berbeda.

Untuk toilet ojek online hanya menggunakan keramik berwarna krem polos, sementara toilet pengunjung menggunakan marmer hitam dengan corak putih. Di toilet untuk ojek online terdiri dari tiga toilet jongkok yang disekat menggunakan melamin.

Sementara toilet untuk pengunjung kebanyakan menggunakan toilet duduk yang dibatasi sekat dengan kaca tak tembus pandang. Ruangan masing-masing toilet cendrung lebih luas dibanding toilet untuk ojek online.

 Kedua toilet sama-sama memilik wastafel dan cermin. Namun, wastafel dan cermin yang ada di toilet pengunjung lebih luas ketimbang yang ada di toilet ojek online. Dari sisi kebersihan, toilet pengunjung lebih terjaga ketimbang toilet untuk ojek online.

Berdasarkan pengamatan, lantai yang ada di toilet ojek online tampak kotor dengan noda hitam bekas tapak sepatu. Hal serupa tak dapat ditemui di toilet pengunjung.

Tak ada petugas khusus yang menjaga kedua ruang toilet tersebut sehingga pengunjung bisa saja dengan bebas memasuki toilet untuk ojek online. Kompas.com kemudian mencoba menemui pihak manajemen dari Puri Indah Mall namun ia justru belum mengetahui mengenai pemisahan tersebut. "Saya koordinasikan dulu dengan pengelola gedung," ucapnya

sumber 


Hmm. Ya tapi kan ojek online juga pengunjung mall...nggak sih?

emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan 29 lainnya memberi reputasi
30
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Puri Indah Mall Pisahkan Toilet Pengemudi Ojek Online dengan Toilet Pengunjung
18-07-2019 09:12
emang nya driver ojol pada ga bersih semua gtu , mereka juga manusia tau kebersihan, pegawai OB mall aja yang bego ga mau bersihin sesuai dengan kerjaannya emoticon-Big Grin
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia