alexa-tracking
Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
Lapor Hansip
10-07-2019 06:55
Idealnya Berapa Sih Mahar Untuk Pernikahan?
Menikah merupakan sesuatu momen yang berkesan dan diinginkan oleh banyak orang. Bagi mereka yang sudah cukup umur tentunya sebauh pernikahan adalah sesuatu yang sangat dinanti-nanti hingga mereka memantaskan dirinya mulai dari sikap pribadinya, mental diri dalam meghadapi pernikahan hingga persiapan secara finansial agar siap saat memasuki masa-masa pernikahan dengan calon pasangan yang menjadi idaman.
Idealnya Berapa Sih Mahar Untuk Pernikahan?

Credit : apollo-singapore.akamaized.net

Bicara tentang pernikahan selalu berkaitan dengan biaya yang besar, benarkah selalu demikian? Nyatanya tak selamanya seperti begitu. Banyak orang yang melaksanakan pernikahan dari pernikahan yang sederhana hingga pernikahan yang mewah dan menghabiskan banyak biaya. Namun pada umumnya pernikahan selalu meriah dan menghabiskan banyak biaya yang tak sedikit, hal ini tercermin dari kebiasaan di masyarakat yang seringkali mengadakan pesta pernikahan yang meriah. Begitu juga dengan mahar pernikahannya pun cukup besar dan biasanya menggunakan emas atau uang tunai.

Tentang mahar pernikahan sendiri memang beragam, tapi biasanya mahar pernikahan itu besar atau sesuai dengan standar yang biasa di masyarakat itu sendiri. Namun ada juga yang terkadang maharnya anti mainstream seperti dengan mahar yang sederhana seperti mahar sendal jepit yang viral di dunia maya beberapa waktu yang lalu. Bicara mahar pernikahan memang sah-sah saja selama ada kerelaan satu sama lainnya.

Lantas yang paling ideal mahar pernikahan itu seperti apa? Sedikit atau banyak? Jawabannya kembali ke standar masing-masing karena setiap orang punya standarnya masing-masing tentang mahar pernikahan. Meskipun begitu, kita harus bisa mempertimbangkan untuk menentukan mahar pernikahan dengan sebaik-baiknya. Sebagai laki-laki tentunya harus bisa memberi mahar pernikahan yang terbaik dengan catatan tidak memberatkan dirinya dan tidak lewat dari batas kemampuannya. Sedangkan bagi perempuan baiknya tidak terlalu berlebihan dalam meminta mahar terlebih jika orangtua ikut campur soal mahar pernikahan sebaiknya dihindari.

Sedikit atau tidaknya mahar kembali lagi kepada kerelaan masing-masing, jika di masyarakat standar maharnya begitu tak salahnya ikut kebiasaan di masyarakat. Jangan lupa untuk mengkomunikasikan dengan jelas dari laki-laki kepada perempuan tentang mahar pernikahan yang diberikan agar tidak ada miss komunikasi atau salah paham karena kejadian kesalah pahaman seperti ini ada dan terjadi di masyarakat.
Idealnya Berapa Sih Mahar Untuk Pernikahan?

Credit : kebumenekpres.com

Jangan terlalu pelit dalam memberikan mahar dan jangan terlalu berlebihan dalam memberikan mahar jika memang memiliki batas kemampuan finansial. Idealnya jumlah mahar pernikahan kembali ke setiap orang yang akan menikah, yang penting siapkan mahar terbaik untuk calon pasangan dan jangan sampai "hadiah" mahar pernikahan terlalu sederhana dan seakan tak ada nilai. Berilah yang terbaik untuk calon pasangan karena dia adalah sosok yang akan menemani sepanjang usia. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber :
Opini Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Pembelajaran semasa sekolah dan kuliah
Sumber Lain
Sumber gambar via google images
profile-picture
profile-picture
profile-picture
boby008 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
12-07-2019 03:29
Quote:Original Posted By SoftexGanjelMen


Hakikatnya pernikahan bukan hanya mengikat 2 insan, tapi ke 2 insan tersebut pengen sah menikah tentunya sudah saling menerima perbedaan dan ada janji Allah

Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberikan kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (Qs. an-Nur [24]: 32

Apa amelllady berpikir rezeki itu di dalam pernikahan hanya uang? Kenapa anda ragu dengan seseorang pengangguran? Apa anda sudah menduga2 seorang pengangguran bakalan blablablabla

Btw saya jg belum menikah


Nih gan, tadi kan ane bilang "Mahar berapapun ga masalah asal jangan mau merit sama pengangguran"

Agan tau ga arti pengangguran? Pasti tau lah ya.
Pengangguran = orang yg ga punya pekerjaan/orang yg ga punya penghasilan.

Maaf nih gan ane bukan orang yg munafik soal uang, terserah mau di bilang matre apa ngga. Yg jelas kita hidup memang butuh uang tentunya buat beli kebutuhan sandang, pangan papan.

Bicara soal nikah, nikah butuh penghulu. Penghulu bayar ga? Bayar kan. Bayarnya pake apa? DUIT
Oke lah agan pilih nikah masal biar gratis.

Walau gratis tetep penganten cewe harus makeup, minimal pake baju kebaya. Beli makeup sama sewa baju kebaya pake DUIT ga gan?

Buku nikahnya bayar ga gan? Bayar lah

Maskimpoi mau yg sederhana, sandal swallow. Trus warung ada yg mau hibahkan sendal gitu? Ya pasti ngga, harus beli

Rombongan besan mau dateng ke acara ijab qobul, sewa 1 mobil pikup. Sewa mobil pake DUIT ga gan?

Nah itu cuma acara nikahannya doank emoticon-Big Grin
Yang paling berat itu ngejalanin pernikahannya. Pernikahan ga cuma sampe malam pertama doank, seumur hidup gan.
Apalagi kalo ente cowo, harus nanggung hidup anak orang lain (istri)
Trus kalo nganggur mau tinggal dimana?
Di rumah ortu? Ortu itu kasian udah cape ngurus ente dari kecil, anak udah gede malah nambah biaya buat istri sama anak ente.
Mau ngontrak? Ngontrak kan harus bayar sewa pake DUIT

Apalagi kalo udah punya anak, anak harus diskolah in, beli baju seragam, beli buku.


Memang rejeki itu udah ada yg ngatur, tapi selama agan masih belum ada penghasilan usahakan jangan merit dulu, sabar2 dulu lah. Soalnya nikah itu bukan cuma nanggung beban hidup sendiri tapi ada anak orang yang harus agan tanggung juga hidupnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 3 lainnya memberi reputasi
4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.