Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
1746
Lapor Hansip
08-01-2012 10:52

wajib masuk yg pake mobil matic

Cara Menggunakan Transmisi Matik yang Aman


wajib masuk yg pake mobil matic

Selama ini kecelakaan mobil terjun dari gedung bertransmisi automatic, apakah ini pertanda bahwa pemahaman cara mengemudikan transmisi automatic untuk orang Indonesia masih belum matang? mungkin hal itu bisa dibilang benar karena seluruh kecelakaan terjunnya mobil dari gedung memakai transmisi automatic semua.
Memang cara mengendarai transmisi automatic berbeda tetapi perbedaannya tidak begitu jauh. Ada beberapa cara agar anda bisa memahami bagaimana cara mengemudikan transmisi automatic sehingga anda bisa terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan tersebut:

1. Bila anda sudah ingin start dengan transmisi matic anda pertama-tama injak rem dan kemudian geser tuas transmisi menuju R atau D (sesuai kebutuhan anda).

2. Setelah digeser lepas pedal rem yang anda injak dibarengi dengan menonaktifkan parking brake.

3. Setelah melepas rem dan menonaktifkan parking brake injak pedal gas secara perlahan, jangan menginjak pedal gas secara mendadak atau terlalu dalam karena dapat mempengaruhi konsumsi BBM dan dapat membuat mobil “loncat”.

4.Bila anda terjebak macet dan anda harus berhenti usahakan untuk menggeser tuas transmisi ke N karena bila tidak digeser dapat membuat kopling transmisi automatic menjadi cepat habis.

5.Bila melewati jalanan menanjak yang terjal geser tuas transmisi dari D ke L/1 karena posisi ini merupakan posisi dimana letak gear berada di tempat paling ringan sehingga mudah untuk melewati tanjakan. Tetapi apabila tanjakan yang tidak terlalu terjal bisa di letakkan di 2/L2/D2

6.Bila sudah memarkirkan kendaraan geser tuas dari D ke P karena biasanya anak kunci tidak akan bisa dilepaskan.
Bagi temen” yang merasa mobil maticnya kurang spontan tenaganya, boleh nih liat artikel yang ada di link dibawah ini. Dijamin, bisa ngacir kaya mobil manual………..


Karena banyaknya anggapan yang salah terhadap perlakukan mobil matic dan bikin trauma or ragu-ragu buat yang baru mau mencoba/merasakan ataupun yang ingin membeli mobil matic ditambah seringnya terjadi kecelakaan mobil terjun bebas dari parkiran yang secara kebetulan bertransmisi matic. Ada baiknya coba pahami beberapa kesalahan presepsi tentang mobil matic. Selanjutnya terserah anda :

Mobil matic gak bisa didodorong jika mogok.


Mobil Matic gak bisa diajak ngebut/susah nyalip (Siapa Bilang??)


Mobil Matic mahal perawatan



Harga jual yang turun/lebih murah dari manual.


emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Tambahan: untuk lebih mengenal karakteristik transmisi matik, berikut perilaku transmisi matik untuk setiap posisi tuasnya.

P: transmisi akan mengunci komponen yang terkopel langsung dengan roda. Hal ini memberikan efek seperti rem tangan, tetapi jangan hanya mengandalkan posisi ini untuk parkir dengan beban yang cukup berat. ex: tanjakan.

R: saya rasa semua sudah tau posisi ini. Gunakan posisi ini untuk berjalan kearah belakang(mundur).

N: di posisi ini, seluruh hubungan antara roda dan mesin dilepaskan. Dan tidak ada mekanisme pengunci roda layaknya posisi P. catatan: sangat disarankan untuk menggunakan posisi N dan aktifkan rem daripada P jika anda tidak bermaksud berhenti untuk meninggalkan mobil.

D: gunakan posisi ini untuk menggunakan seluruh rasio dalam transmisi anda selama perjalanan. dibeberapa mobil juga terdapat tatanan D4, D3, L2, L1. Untuk merk toyota biasanya terdapat D,2,1 dengan tombol overdrive off pada tuasnya.

D3 atau O/D off: posisi ini akan membatasi perpindahan rasio hingga tingkat ke 3. Pada beberapa mobil toyota dengan tombol O/D off, tombol ini menonaktifkan gigi4 dan menahan transmisi pada rasio tingkat3. Gunakan posisi ini untuk melakukan overtakin

sumber:http://willycar.wordpress.com & http://skullsmokers.wordpress.com


itulah sedikit info temtang mobil matic semoga bermanfaat buat kaskuser semua
kalo berkenan kasih emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L) dan emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star jg gak apa2 gan
tks
Diubah oleh debourbon
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
wajib masuk yg pake mobil matic
01-07-2019 15:07
OM tanya donk


ini bru baca kalau oli ATF fortuner VNT lawas itu tipe T4
trus tdi ganti oli di transmisi pakai ATF D3 efeknya apa ya om?
apa gak papa dicampur apa harus segra kuras total ke T4 bawaan fortuner


soale kata penjuall Oli nya,, gak ppa pakai ini toyota ATF dexron 3
gmn nih om jdi bingung dan tkut,


Trims Om ,,
0 0
0
profile picture
kaskus addict
11-10-2019 14:05
Segera kuras gan. Oli matik itu spesifik, gak bisa dicampur2 beda tipe.

Kalo di daerah agan ada bengkel resmi Toyota, minta kuras di sana aja biar aman. Jaminan oli sesuai standar pabrik dan orisinil.
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia