Tech
Batal
KATEGORI
link has been copied
19
Lapor Hansip
03-10-2017 21:41

TERNYATA TIDAK SEMUA PSU ITU COCOK DENGAN UPS

Topik ini saya angkat ke permukaan karena ada insiden tak terduga yang terjadi beberapa hari yang lalu, saat itu PC seorang teman mengeluarkan noise yang sangat mengganggu dan ternyata setelah diselidiki masalah utamanya ada pada PSU dan hanya terjadi pada saat power drawn dari UPS, so mengapa ini bisa terjadi ? padahal PSU si korban adalah Antec Earthwatt series dan UPSnya buatan APC, semestinya klop kan ya ? tapi kenapa bisa koq something wrong…
Sempat bingung selama beberapa hari tanpa tahu apa penyebabnya padahal sudah bongkar sana bongkar sini akhirnya minggu lalu saya menemukan sedikit titik terang dari biang keroknya dan setelah diaplikasikan : mujarab dan tokcer ! ternyata penyebabnya adalah ketidak cocokan antara UPS dan PSU…
Apa yang terjadi ?

Tidak semua PSU cocok dengan UPS
Ternyata, tidak semua psu bagus cocok juga bila disandingkan dengan ups(yang mungkin) bagus. Berangkat dari kasus diatas dan berbekal dari korak korek di inet akhirnya ditemukan informasi bahwa psu dengan APFC sebenarnya hanya efektif bila suplai dayanya murni sine wave (nota bene harus dari PLN atau Genset sendiri) sedangkan bila menarik daya dari convert DC to AC dan menghasilkan Simulated/Modified Sine Wave maka APFC ini menjadi tidak efektif bahkan bisa menjadi kontra produktif.

Sedikit ilustrasi tentang PFC vs Simulated sine wave
Kebanyakan PSU bagus selalu dilengkapi dengan APFC, sedangkan prinsip kerja dari APFC adalah memanipulasi beban dengan metode kompensasi sehingga disini, peran feedback dari input sangat berperan yang mana acuannya adalah Pure sine wave dari PLN misalnya. Beberapa chip controller PFC dari beberapa vendor ternyata bereaksi negative atau malah tidak berfungsi sama sekali ketika mendapati bahwa sinyal kompensasinya tidak pure sinewave hal ini karena desain dan prinsip kerja dari IC controller tersebut ternyata sangat sensitive terhadap perubahan prilaku dari sinyal input referensinya, bahkan langsung fail pada saat diumpan dengan sinyal simulated sine wave yang nota bene adalah gelombang kotak.
Akan tetapi hal ini bukannya tanpa kekecualian, beberapa merek PSU cenderung tidak bereaksi negative, dari yang saya coba PSU Acbel dan dua buah OEM psu dari Simbadda dan Flazer milik saya mau jalan tanpa masalah sedangkan Corsair 550 saya sendiri cenderung bergemuruh juga seperti mau overload. Dari sisi PSU korban hanya Antecnya saja yang bermasalah sedangkan PSU oem bawaan cooler master jalan tanpa masalah.
Dari sini bisa saya tarik kesimpulan sbb :
1. Passive PFC cenderung lebih compatible dengan simulated UPS
2. Tidak semua APFC psu compatible dengan simulated UPS. Desain dan PFC chip controller dari PSU sangat berpengaruh pada kasus ini.
3. Non PFC psu adalah yang paling tahan terhadap segala macam perlakuan UPS : Pure sine wave, Stepped sine wave dan simulated sine wave semuanya dilahab oleh jenis psu ini.

Ilustrasi perbedaan antara pure sine wave, stepped sine wave dan simulated sine wave :
Contoh UPS pure sine wave adalah Prolink PLN series dan APC Smart series, tapi harganya itu yang bikin garuk-garuk kepala untuk ukuran user rata-rata.
Jadi bila kejadian ini menimpa rekan-rekan yang lain mungkin pilihannya tidak banyak : Ganti UPSnya, ganti PSUnya atau malah jangan pake UPS sekalian....emoticon-Big Grin

Sumber : http://gamexeon.com/forum/threads/te...s.60879/page-7

Quote:Jika Ingin Lebih Tahu Tentang UPS atau sekedar baca-baca untuk menambah ilmu pengetahuan tentang UPS bisa Mampir Juga Ke Link Dibawah Ini : (Dari Berbagai Sumber)

UPS DAN MANFAATNYA BAGI KOMPUTER (DR. ACER)
https://www.kaskus.co.id/thread/584b...atau-beli-baru

UPS RUSAK : LEBIH BAIK DI SERVICE ATAU BELI BARU?
https://www.kaskus.co.id/thread/584b...mputer-dr-acer

JENIS UPS BERDASAR BENTUK GELOMBANGNYA
https://www.kaskus.co.id/thread/59d3...k-gelombangnya

TIPS MEMILIH UPS BERDASAR BEBAN
https://www.kaskus.co.id/post/59d3b6...54f736758b4573

ELECTRICAL WAVEFORM OUTPUT UPS
https://www.kaskus.co.id/thread/59dd...orm-output-ups

SEPENTING APAKAH PENGGUNAAN UPS UNTUK KOMPUTER?
https://www.kaskus.co.id/thread/59dd...untuk-komputer

PERALATAN YANG HARUS MENGGUNAKAN UPS DAN MANFAAT MENGGUNAKAN UPS
https://www.kaskus.co.id/thread/59dd...enggunakan-ups

MENGAPA MEMBELI UPS?
https://www.kaskus.co.id/thread/59dd...pa-membeli-ups

TIPS MEMILIH UPS DENGAN TEPAT
https://www.kaskus.co.id/thread/59d3...s-dengan-tepat
Diubah oleh twaw
profile-picture
profile-picture
snipiscope dan reza2eca memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Ternyata tidak semua PSU itu cocok dengan UPS
27-06-2019 19:38
Nampaknya issue ini sudah terpatahkan ?

Produk Simulated Sinewave makin banyak.

Komplain user nyaris tidak ada sejauh penelusuran saya.

Apakah artinya yg salah itu PSU dan Usernya ?

Berarti PSU APFC keluaran/produksi terbaru sudah kompatibel dengan Simulated Sinewave ?


Saya sudah hubungi pihak produsen PSU APFC yg saya gunakan, mereka melakukan test dan hasilnya oke aja pakai Simulated Sinewave PSU, no shutdown/restart, no buzzing sound, etc

Saya sudah baca diskusi di forum luar, isinya membuktikan bahwa yg salah dalam hal ini adalah PSU-nya, spesifiknya adalah rangkaian APFC-nya yang tidak kompatibel dengan Simulated Sinewave pada Input AC di atas 110V, atau kalau di Indonesia berarti 220V.

Kalau maksud dari salah user adalah, banyak user yg maunya terus bekerja meski dalan mode battery backup menggunakan UPS-nya, sampai modif tambah aki external, dsb

Padahal UPS dirancang untuk memberi kesempatan untuk save kerjaan lalu shutdown dengan benar, atau memberi kesempatan untuk menyalakan genset.

Apalagi dengan teknologi CPU, RAM, dan NVMe SSD, serta OS, saat ini, mestinya prosss save kerjaan lalu shutdown bisa dilakukan lebih cepat.

Saya mendapati gap range harga yg signifikan pada Offline Line Interactiv Pure Sinewave VS Offline Line Interactiv Simulated Sinewave, meskipun yg Pure Sinewave itu produk bekas/second batangan.

Bahkan menggunakan UPS Selector dari APC saja, saya direkomendasikan pakai Offline Line Interactiv Simulated Sinewave.

Menurut yg saya telusuri dan pelajari, ketika APFC 80 Plus PSU menggunakan Simulated Sinewave UPS, dampaknya cuma PSU itu akan kehilangan kemampuan efisiensi terbaiknya saja, artinya Backup Time pada UPS tidak jadi lebih lama, justru bisa jadi lebih singkat.

Rekonemdasi sekarang pun sudah berubah, pemilihan UPS direkomendasikan menggunakan 50% load saja dari kapasitas maksimum dari PSU, untu dapat best performance-nya.

Menggunakan Pure Sinewave UPS itu yg terbaik, meski ditebus dengan harga yg lebih mahal, tapi menggunakan Simulated Sinewave masih aman selama penggunaannya dan peruntukannya sudah benar.

CMIIW
Diubah oleh luxm4n
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zharki dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
profile picture
kaskus geek
26-11-2019 18:50
PSU dan UPS luxm4n merk dan tipenya apa?
Saya mau tiru kalo masuk budet dan dijual di kota saya.

Soalnya saya tanya sama sesorang yang bekerja sebagai IT support, dia bilang bisa merusak.
0
profile picture
kaskus maniac
08-12-2019 20:17
PSU: Gamemax GM-600
UPS: PROLINK PRO1201SFCU

FYI, saya juga pakai Genset Honda 2200W (AVR) yang sudah lebih dulu saya punya, inilah backup power source saya sebenernya kalau listrik PLN mati, bukan UPS, karena UPS hanya saya gunakan untuk mencegah PC langsung mati ketika listrik PLN mati, bukan malah UPS digunakan untuk alternative power source agar bisa terus menggunakan PC ketika listrik PLN mati yang banyak orang malah sampai modif pakai baterai external agar bisa nambah backup time dari UPS.

Tidak !, UPS bagi saya hanya untuk ngasih kesempatan buat ngambil tindakan ketika listrik PLN mati, yakni save kerjaan lalu shutdown PC dengan benar jika itu masih bisa dikerjakan nanti,, atau ngasih kesempatan buat nyiapin genset untuk menyalakan listrik di rumah saya agar saya bisa meneruskan kerjaan saya menggunakan PC jika itu diperlukan dan tidak bisa ditunda nanti nunggu listrik PLN nyala lagi.

Perlu dicatat adalah saya menyadari kalau UPS yang saya gunakan itu sinyal listriknya Simulated Sinewave dan seharusnya listrik AC yang baik itu adalah Pure Sinewave (Listrik PLN), maka saya tetap sebisa mungkin menghindari penggunaan sumber listrik Simulated Sinewave, jika terpaksa menggunakannya, maka saya usahakan dengan waktu sesingkat-singkatnya, itulah sebabnya saya punya genset yang menghasilkan listrik Pure Sinewave selain listrik PLN.

Kualitas layanan listrik PLN ditempat saya sempurna, baik itu kestabilan standard tegangan, frekuensi, maupun uptime. Faktor ini juga yang bikin saya "berani" pakai PSU Gamemax emoticon-Big Grin

UPS ini jarang masuk mode backup, selalu mode line, begitu juga genset saya jarang dipakai.

UPS ini dia punya fitur software via USB:

Ternyata tidak semua PSU itu cocok dengan UPS

Semoga penjelasan saya di atas lebih memberi gambaran sebenernya saya ini pakainya gimana sih ?, nah begitulah.

Saya tidak menolak UPS Pure Sinewave,, jika saya butuh, pasti pakai itu, tapi rupanya saya cukup pakai UPS Simulated Sinewave.

Dengan ini saya juga bisa dikatakan sedang melakukan percobaan menggunakan PSU "Kontroversial" dan UPS "Kontroversial" dikombinasikan, gimana hasilnya untuk jangka panjang ?, nanti pasti saya share emoticon-Big Grin

Jika saya kedepannya tidak kunjung share bahwa itu bermasalah, berarti fine aja,,, penggunannya mulai 28 Juni 2019,,, postingan ini saya buat di tanggal 8 Desember 2019, kurang lebih 6 bulanan, tidak ada masalah.
2
profile picture
kaskus maniac
08-12-2019 20:47
@luxm4n tsnya pengepul ups sinus bekas. di thread ups, kalo ada user yg pake psu apfc & budgetnya terbatas pasti dikasih saran ups sinus bekas. biar dagangannya laku kali.

makanya wajar aja kalo FUD ini terus-menerus disebarkan seolah penting dan ga ada yg tau. padahal isu ini sudah lama sirna sejak controller apfc sudah terintegrasi dengan chip pwm.
1
profile picture
kaskus maniac
08-12-2019 20:54


Makanya di postingan saya di atas saya kan bertanya apakah isu ini sudah terpatahkan ?

Saya sendiri deh yang uji jangka panjang, biar pasti, soalnya saya pribadi mengalami dua kegalauan yakni UPS Simulated Sinewave, dan PSU Gamemax emoticon-Big Grin
2
profile picture
kaskus maniac
08-12-2019 20:58


yaudah nanti hasil ujinya post dimari yak. RemindMe! 1 year

tambahan: gw pernah posting seperti ini dan TSnya ngambek seminggu ga mau posting. kalo ditambah testi ente mungkin bakal gantung diri.
1
profile picture
kaskus maniac
08-12-2019 21:11


Subscribe aja thread ini, kalau gk kejauhan nanti page-nya, saya quote biar dapat notif emoticon-Big Grin

Sebenarnya, saya sudah punya satu hasil testing jangka panjang soal UPS Simulated Sinewave di PSU APFC, yakni teman saya yang punya usaha percetakan, desain, pengetikan, foto, dsb itu pakai UPS Simulated Sinewave di PSU APFC sudah lebih dari 5 tahun tidak masalah, artinya itu UPS dan PSU-nya keluaran lama, bukan keluaran baru-baru ini, tapi sudah APFC. Bahkan ada satu unit PC punya teman saya itu yang bahkan pakai PSU bawaan casing, PC itu dipakainya heavy duty juga, awet aja, artinya juga ngebuktiin soal PSU bawaan casing gimana,,,, hingga akhirnya saya sarankan ganti PSU aja, sekalian jadi kelinci percobaan saya, yupz, dia saya sarankan ganti ke PSU Gamemax GP-450, tinggal nunggu hasilnya beberapa tahun lagi emoticon-Big Grin

Artinya PC punya teman saya itu juga sedang menjalankan testing penggunaan UPS Simulated Sinewave di PSU APFC, sekaligus test PSU Gamemax yang juga kontroversial sering dibully itu.

Soal itu, tentu saja atas persetujuan teman saya emoticon-Big Grin
2
profile picture
kaskus geek
09-12-2019 04:26
Tertarik sama andyson ares yang full modular di harga non modular emoticon-Malu
Tapi jangankan kontroversial atau bully2an, review aja ngak ada emoticon-Hammer

0
profile picture
TS twaw
kaskus addict
31-01-2020 16:19
@luxm4n
sudah lama gk buka kaskus krn sibuk jualan.hehehe
makasih untuk saran2nya. ane malah seneng tambah ilmu lagi.
dan masalah diskusi, ane lbh suka diskusi dengan baik daripada debat yang bisa merusak hati.

ane akui jualan, termasuk UPS Second sinus.
dan jualan bukankah sunah Rasul dan dianjurkan juga.
moga yg kerja, makin baik kerjanya aja. sama2 cari rezeki.

masalah UPS Sinus, banyak pro kontra. ane ttp pegang ucapan sepuh, krn tahu itu.
klo ngomong bisa, mnrt ane ada kemungkinan bisa PSU APFC dipakai dgn UPS nonsinus. dan ada juga fungsi gagal backup. dan ini ada. bukan gk ada...
sedih baca, klo ada kasus gagal. dan senang klo denger ada kasus berhasil. itu keputusan dia dan masing2.

masalah pakai ups second sinus, itu pendapat ane yg disarikan dr sepuh2. smisal liandri, pgn ups berkualitas tp dana pas2an, pake ups sinus bekas. klo saya mampu beli baru, saya gk akan otak atik cari bekas. UPS Sinus baru adalah yg terbaik. apalagi UPS online baru paling terbaik. cm gk semua org mampu, termasuk saya. masalah siasat, bebas.
ups bx1100li-ms trs saya pake sua750i sharga sama. bisa pilih mana?
saya sih klo pilihan 2 itu saya pilih sua750i. jujur ini ya jgn bohongin hati nurani.

masalah bisa...
pc gaming pakai PSU biasa juga asal daya sama, mnrt saya bisa. aman. tp kita berujar mnrt keyakinan kita. lbh baik mana?
banyak org gk pakai psu bermerk tp spek gaming. trs kita ucap, teori itu salah.
yg benar itu blm tentu benar smuanya.

kaskus ada FJB, olshop lain juga ada...
org beli nonsinus bebas. cm klo tanya pendapat saya, saya gk yakin. mungkin pengalaman hardisk, motherboard rusak juga buat trauma.

n makasih u tambahan ilmunya, saya jg tambah tahu dan belajar.
2
profile picture
kaskus maniac
03-02-2020 20:02


Sulit memang, karena jawaban kita-kita berbasiskan pada pengalaman pribadi, jadi subjektif.

Nah karena bersifat pribadi, itu behavior-nya beda-beda, dan faktor-faktor lainnya juga beda-beda.


Soal "Sepuh", saya juga punya sepuh yang menganut pendapat pakai UPS Simulated Sinewave pada PSU APFC itu aman, dan kolega saya bertahun-tahun pakai itu di seluruh PC usahanya, no problem, no complaint, bahkan dia baru nambah satu unit UPS Simulated Sinewave lagi, dan saya Alhamdulillah berhasil meyakinkan dia untuk testing pakai PSU APFC merek Gamemax yang kontroversial itu, untuk mengetahui gimana kualitasnya. Sudah PSU APFC merek Gamemax, eh pakai UPS Simulated Sinewave pula.


Pada akhirnya, kembali kepada keyakinan, Anda yakin pendapat yang mana ?

Karena yakin itu kita bisa mendapatkan Peace of Mind, ketenangan pikiran/batin dalam menggunakannya.

Percuma Anda menggunakan UPS Simulated Sinewave pada PSU APFC jika hati Anda gk tenang, mending beli UPS Pure Sinewave agak mahalan dikit tapi Anda merasa tenang, begitu juga dalam pemilihan merek dan spesifikasi PSU.

Saya jujur saja berterimakasih ada agan yang hadir ngasih solusi untuk mendapatkan UPS Pure Sinewave bekas yang notabene harganya lebih murah ketimbang beli baru. Saya tidak mempermasahlah agan jualan, justru itu ngasih solusi UPS Pure Sinewave murah.

Saya pun pada awalnya sangat ingin membelinya, kan ?, karena saat itu saya ingin mendapatkan Peace of Mind.

Tapi saya sudah mendapatkan Peace of Mind pada penggunaan UPS Simulated Sinewave dengan PSU APFC, berdasarkan pengalaman saya, pengalaman sesepuh yang saya kenal, dan pengalaman kolega saya yang lebih lama menggunakan itu.

Saya menggunakan metode "Ikut Pendapat yang Paling Banyak/Mayoritas", dan kesimpulan saya adalah menggunakan UPS Simulated Sinewave pada PSU APFC sekalipun itu sangat aman, karena mayoritasnya begitu, cuma segelintir dan sedikit yang mengalami failure.

Buktinya, UPS Simulated Sinewave masih jadi primadona, padahal PSU zaman now ini rata-rata sudah APFC.

Jika terjadi failure yang masif dalam penggunaan UPS Simulated Sinewave pada PSU APFC, maka akan ada boikot besar-besaran, produsen UPS akan fokus jualan UPS Pure Sinewave, karena produksinya masal dan permintaan banyak banget (banyak orang beralih ke Pure Sinewave), maka harganya bisa lebih murah.

Seandainya skenario saya di atas minimal dilakukan oleh mayoritas pengguna karena dia memang mayoritas pengguna ingin yang terbaik, bukan karena UPS Simulated Sinewave merusak,,,, mungkin kita bisa menikmati UPS Pure Sinewave murah, karena saya tidak memungkiri bahwa yang terbaik adalah UPS Pure Sinewave, karena listrik PLN dan Genset itu Pure Sinewave, listrik AC (Alternate Current) ya Pure Sinewave.

Tapi kenyataanya, PSU Simulated Sinewave masih laku keras, karena gk ada masalah. Pengguna UPS Pure Sinewave kalah banyak, jadi harga masih mahal.
3
profile picture
TS twaw
kaskus addict
14-02-2020 16:39
iya gan.
bisa beda perspektif. dan mungkin juga krn saya tangan pertama org yg klo ada tender2 barang perusahaan multinasional atau lelang barang krn ganti model (bisa dapat baru harga second). makanya berpikir sprti itu...
barang second bekas pribadi tahu sndiri, harganya bisa berapa persen. tp dr lelangan kantor. jual harga setengahnya malah kurang, masih ada selisih.hehehe

untuk pribadi memang, tp perusahaan besar. kantor2 besar, mereka mnrt hemat saya sgt jarang make ups non sinus. klo memang terbantahkan total, perusahaan atas nama efisiensi anggaran sharusnya ganti ups sinus dgn nonsinus bisa menghemat sgt banyak anggaran.

ya smua balik lagi ke keyakinan. saya sih masih takut, krn guru2 saya termasuk saranin gini.
bisa, bisa banget. tapi ada peluang failure. itu yg buat serem.
orang hrs nerima plus minusnya...

ups second, bukan tanpa kendala. seller asal, ups cepet rusak. malah ups rusak dijual tanpa dites. ada kejadian.
pakai ups sinus bekas, menurut saya selain tenang...
fiturnya beda aja, canggih bgt. klo dibandingkan kayak tv biasa sm smart tv. namanya aja ups smart. beda sm biasa.
cenderung awet. pnya saya 15thn thn umur upsnya cm gonta ganti baterai doang. gk pernah rusak.
walaupun juga ada kolega ups dibawah umur itu rusak. tp rata2 sgt awet, makanya tenang dan senang. walaupun ngeluarin uangnya gk senang krn cenderung mahal tp ini bisa disiasati dgn beralih ke ups sinus bekas tp berkualitas. syukur2 dpt baru tp dapat diharga bekas.
0
profile picture
kaskus maniac
14-02-2020 18:01

Namanya juga perusahaan besar, modalnya gede dan pastinya emang ada kebutuhan ke pure sinewave, terutama utk backup perangkat server atau perangkat yg critical. Kalo cuma utk pc resepsionis atau helpdesk, pake ups simulated sinewave udah cukup kok.


Di forum luar ane pernah baca juga cerita orang yg punya ups simulated sinewave umur 10 tahunan lebih tapi masih awet, gak pernah rusak, cuma mesti ganti batere doang tiap beberapa tahun. Pada dasarnya keawetan ups, mau pure atau simulated sinewave, sama aja kayak keawetan barang elektronik pada umumnya, tergantung banyak faktor juga, ada faktor luck, kualitas komponen di dalamnya, cara pemakaian/perawatan dari user nya, dsb.
1
profile picture
TS twaw
kaskus addict
14-02-2020 19:48
@mcloud.int PC Server kan juga sdh APFC juga kan ya...
sharusnya sama bisa juga.

saya main sama pelakak2 lama, jarang bgt ups2 nonsinus ada. klopun ada merk dan tipe tertentu yang komponennya terkenal keawetannya yang katanya tembaga dan besinya blm campuran.
UPS makin mahal, selain fiturnya lebih lengkap, komponennya pasti lebih berkualitas. bisa running 24jam tanpa perlu dimatiin sampe tahunan. awet.
0
Memuat data ...
1 - 12 dari 12 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Handphone & Tablet
vivo-v20-2021-turun-harga
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia