alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Lapor Hansip
19-06-2019 15:30
Agus Maksum Umbar Tudingan di Sidang MK, Buktinya Belum Siap
Agus Maksum Umbar Tudingan di Sidang MK, Buktinya Belum Siap

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Saksi dari Prabowo Subianto – Sandiaga Uno, Agus Maksum mengklaim ada 17,5 juta data invalid dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019. Pernyataan itu memantik perdebatan di dalam sidang sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat, Rabu (19/6).

Usai perdebatan panjang antara saksi, hakim, KPU dan Tim Hukum Joko Widodo – Ma’ruf Amin, Enny Nirbaningsih selaku hakim konstitusi lalu meminta kubu Prabowo – Sandi menghadirkan bukti P155 terkait permasalahan NIK, KTP, dan KK invalid.

“Karena saya cari di sini P155 yang menunjukkan 17,5 juta itu tidak ada. Tolong dihadirkan,” kata Enny di dalam persidangan.

Enny menjelaskan, bukti tersebut sangat penting dalam persidangan. Hal itu menjadi patokan hakim untuk menganalisis permohonan 17,5 juta suara yang dianggap tak wajar.

Saya cari enggak ada itu P155 karena ini penting sekali. Sehingga kami tahu clear sekali di mana kemudian NIK yang tidak sesuai termasuk KK yang tidak sesuai itu dari 17,5 juta,” tegasnya.

Kubu Prabowo – Sandi sendiri meminta waktu agar menghadirkan bukti itu dalam sidang. Sebab, tim hukum yang bertugas dalam penyusunan barang bukti tengah bertugas melakukan verifikasi bukti yang sempat diprotes hakim di awal persidangan.

Ketua Tim Hukum Jokowi – Ma’ruf, Yusril Ihza Mahendra angkat suara terkait usulan tersebut. Dia menegaskan, barang bukti tambahan seharusnya tak dapat diterima lagi karena sudah lewat batas waktu yang disebut hakim di awal sidang yaitu pukul 12.00 WIB.

“Tadi yang mulia mengatakan bukti yang dihadirkan dalan kotak-kotak tadi akan diverifikasi dan disusul dan diberi waktu sampai jam 12. Sekarang sudah lewat pukul 12.00 WIB yang mulia, ini harus diputuskan terlebih dahulu yang mulia,” kata Yusril.

Kemudian hakim menjelaskan, batas pukul 12.00 WIB hanya sampai di kepaniteraan. Sedangkan untuk masuk ke persidangan dan disahkan, bukan berarti dibatasi hingga pukul 12.00 WIB.

Komen TS
terlanjur berbusa-busa ngeklaim data 17,5 juta invalid, begitu ditanyakan bukti riilnya langsung bilang nggak siap ... gus, lo sengaja pingin nginap gratis selama 7 tahun ya?  emoticon-Thinking 
Diubah oleh munarmansh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
19-06-2019 16:18
Agus Maksum Umbar Tudingan di Sidang MK, Buktinya Belum Siap

Saksi cadangan... Sidang apa maen bola..

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
Joget.Natal dan dragunov762mm memberi reputasi
2
profile picture
aktivis kaskus
19-06-2019 17:50
Maksudnya itu saksinya perlu disummon dulu dr alam gaib. Agak ribet, makanya dicadangkan IMO...emoticon-Malu
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.