alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Lapor Hansip
17-06-2019 10:57
Taeyeon 'SNSD' Mengaku Tengah Melawan Depresi #WeLoveYouKimTaeyeon
Taeyeon 'SNSD' Mengaku Tengah Melawan Depresi #WeLoveYouKimTaeyeon


Personel SNSD atau Girls' Generation, Kim Taeyeon, terbilang sangat aktif di Instagram pribadinya @taeyeon_ss. Seringkali Taeyeon mengobrol dengan para penggemar yang akrab disapa SONE lewat fitur sticker Questions di Instagram Stories. Seperti yang dilakukannya pada Minggu 16 Juni 2019 kemarin, Taeyeon memberi kesempatan kepada penggemarnya untuk bertanya apapun kepadanya. Di satu tanggapan ke pertanyaan pengikut Instagram-nya, Taeyeon mengaku tengah menghadapi depresi.

Masalah kesehatan mental dan depresi di Korea Selatan terbilang tinggi. Korea Herald menulis menurut data dari OECD bahwa Korea Selatan adalah negara dengan angka bunuh diri tertinggi di dunia. Dikutip dari borgenproject.org, statistik pemerintah menunjukkan bahwa satu dari empat warga negara Korea Selatan menghadapi penyakit mental setidaknya sekali sepanjang hidup mereka. Namun sayangnya data statistik juga menunjukkan bahwa hanya satu dari sepuluh orang yang mencari bantuan profesional untuk menangani masalah tersebut.

Masalah kesehatan mental juga bukanlah hal yang nyaman dibicarakan secara terbuka di ruang publik oleh masyarakat Korea Selatan, termasuk selebriti. Taeyeon mungkin salah satu dari sedikit selebriti kenamaan yang mau buka suara soal masalah yang dihadapinya. Dr. Kim Hyong-soo, psikolog dan profesor di Chosun University di Gwangju menjelaskan bahwa bicara secara terbuka tentang masalah emosional masih dianggap tabu oleh masyarakat Korea Selatan. Itulah kenapa mereka yang mengalami stres dan depresi menolak melakukan terapi dan mencari bantuan. Hal ini dipercayai oleh Dr. Kim Hyong-soo berujung pada tindakan bunuh diri yang 90% karena depresi.

Taeyeon 'SNSD' Mengaku Tengah Melawan Depresi #WeLoveYouKimTaeyeon


Taeyeon di sisi lain mengaku bahwa dia sedang berusaha keluar dari masalah depresi yang dialaminya ini. Dia juga secara tegas melawan mereka yang memandang rendah masalah ini dan orang-orang yang mengidap depresi sepertinya. Salah satu pengikutnya di Instagram menulis ke Taeyeon:


Quote:"Apakah benar kau mengidap gangguan bipolar? ck ck."

Taeyeon 'SNSD' Mengaku Tengah Melawan Depresi #WeLoveYouKimTaeyeon


Gangguan Bipolar atau Bipolar Disorder sebelumnya dikenal dengan nama Manic Depression, sebuah kondisi yang ditandai dengan perubahan mood yang sangat ekstrem dari waktu ke waktu.

Taeyeon merasa orang yang mengirim pertanyaan tersebut terlalu menganggap sepele soal penyakit mental secara umum dan gangguan mental yang sedang dihadapinya sendiri. Dia pun membalas dengan tegas kepada pengirim pertanyaan tersebut bahwa gangguan bipolar bukanlah sesuatu yang remeh dan bisa dipandang rendah ("ck ck" atau "tsk tsk" adalah ekspresi yang digunakan ketika seseorang sedang meremehkan atau memandang rendah sesuatu).

Quote:
"Tidak (aku tidak mengidap gangguan bipolar), aku mengalami depresi. Saat ini aku sedang melakukan pengobatan dan berusaha keras untuk jadi lebih baik. Entah itu gangguan bipolar atau depresi, kau tidak boleh bereaksi 'ck ck' seperti itu dan memandang negatif mereka. Mereka adalah pasien yang sedang sakit dan mengalami kesakitan," kata Taeyeon.



Di jawaban atas beberapa pertanyaan lain, Taeyeon juga mengisyaratkan bahwa dia sedang tidak dalam kondisi yang sehat. Seperti ketika salah satu penggemar bertanya "Apakah kau baik-baik saja?" yang dijawabnya singkat dengan "Tidak".

Taeyeon juga menerima banyak sekali ucapan penyemangat dari penggemarnya yang dibalasnya dengan semangat pula. Termasuk salah satu yang mengaku juga tengah mengalami depresi dan sedang menjalani pengobatan.

"Ayo selesaikan masalah (depresi) ini bersama. Aku akan selalu memberi semangat untukmu!" tulis salah satu fans.

"Semua akan membaik." balas Taeyeon.

Taeyeon 'SNSD' Mengaku Tengah Melawan Depresi #WeLoveYouKimTaeyeon


Menerima banyak cinta dari para penggemar, Taeyeon tak lupa mengucapkan terima kasih yang mendalam. "Terima kasih karena sudah mendengarkan lagu-laguku dan memperhatikanku. Karena kalian semua, aku mendapat kekuatan setiap harinya." tulis Taeyeon.

Dalam sebuah tulisan panjang untuk balasan "virtual hug" dari fans, Taeyeon juga mengungkapkan kalau dirinya akan baik-baik saja.


Quote:"Aku memulai bicara dengan semua orang karena kupikir aku butuh kekuatan dari kalian. Terima kasih semua, aku mendapat pengaruh positif dari kalian semua. Aku akan baik-baik saja. Aku minta maaf karena sudah membuat kalian khawatir dan kupikir ini adalah sebuah proses untuk kita saling kenal lebih baik satu sama lain. Aku akan mencoba untuk lebih peduli dan berusaha keras untuk para fans."


We love you, Kim Taeyeon! 

emoticon-Kissemoticon-Peluk


Diubah oleh ghibahbuzz
profile-picture
profile-picture
profile-picture
doridoru dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
18-06-2019 05:57
ga kenal... bodo amat...
emoticon-Traveller
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.