alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Lapor Hansip
12-06-2019 15:58
Kalian salah !! Gak semua musik teriak-teriak di sebut death metal .
Kalian salah !! Gak semua musik teriak-teriak di sebut death metal .

Hallo warga kaskus ..

Buat kalian yang suka dengerin musik keras , atau kalian yang punya temen yang suka dengerin musik yang vocalnya itu teriak-teriak atau scream tapi kalian bilang itu musik black metal atau death metal .. nih gua kasi tau perbedaannya ..

Disini gua ambil contoh dari pengalaman pribadi yang gua alamin dari orang-orang sekitar gua atau yang ada di lingkungan gua..
Jadi gua adalah salah satu orang , salah satu orang yang sama kaya temen kalian yang suka dengerin musik yang kata orang-orang itu musik gak jelas, teriak-teriak dan kadang ada orang yang bilang musik yang gua denger itu musik setan termasuk emak gua ..

Pertama gua suka musik itu dari jaman SD kelas 4, gua masih inget gua dulu sampe nangis-nangis minta beliin kaset tape peterpen album bintang disurga..
Kalian salah !! Gak semua musik teriak-teriak di sebut death metal .

Masuk SMP, kebetulan gua dapet HP yang ada MP3nya, mulai dari situlah gua minta-mintain lagu dari temen gua yang dimana temen gua ini suka band-band indie kaya Alone at last, Burgerkill, Deadsquad, Disifected dll.
Mulai dari sini nih, gua jadi kecanduan beli cd cd dari band-band indie yang gua suka, bahkan gua gak pernah terlambat beli kaos-kaos band indie yang baru keluar.
Pertama gua puter musik teriak-teriak dirumah gua , emak gua marah-marah suruh matiin dan hapusin lagu itu, tapi gua akalin gua denger pake hedset hahaha
Kalo temen-temen gua sih kebetula dulu satu aliran sama gua suka band-band teriak-teriak juga ..

Masalah mulai muncul pas gua masuk kuliah, pas mulai masuk kuliah gua lebih sering dengerin musik dengan genre melodic hardcore atau hardcore contohnya Counterparts ama Knocked Loose, pas jaman kuliah gua ketemu temen-temen yang beda aliran musik sama gua, mereka lebih suka dengerin lagu-lagu pop yang selow gak kaya lagu yang sering gua puter. Disitu temen-temen gua bilang kenapa gua suka musik death metal ? lalu gua jawab ini bukan musik death metal , tapi melodic hardcore. Tapi sampe sekarang mereka masih bilang musik yang gua denger itu musik death metal hahaha .

Jadi disini gua bakal kasih tau nih musik teriak-teriak, musik gak jelas, dan musik yang sebagian orang bilang musik setan itu gak selalu bergenre death metal ..

Yang pertama ada genre Metalcore

Metalcore adalah gabungan dari aliran Death Metal dengan Metal Hardcore. Genre ini muncul belakangan pada era 2000’an tapi sudah menunjukkan ciri-cirinya sejak era 90’an.

Musik metalcore memiliki ciri khas berupa gitar stem drop D sampai C, Untuk vokal, scream dan growl pasti ada namun diselingi clean vocal. Untuk drum, Metalcore biasanya ditambah teknik Blasting dan tempo double pedal yang sangat rumit. Biasanya, Metalcore dalam hal gitar ritmik tidak serumit Death Metal namun band-band Metalcore kebanyakan bermelodi cadas dan rumit. Jika tidak bermelodi, biasanya ritmiknya yang rumit. Namun nada-nada Metalcore tidak seperti Death Metal yang bernuansa seram, setan, neraka, dan sebagainya. Band-band dunia yang mengusung genre ini diantaranya : As I Lay Dying, Bullet for My Valentine, Killswitch Engage, All That Remains, Darkest Hour, The Devil Wears Prada.

Yang kedua ada genre Deathcore

Deathcore merupakan turunan dari genre Metalcore yang terinfluence oleh genre Death Metal, dan juga merupakan gabungan dari musik Death Metal dan Metalcore. Maksudnya gabungan disini, mereka menggabungkan antara ketukan drum Metalcore dan Death Metal, vokal growl ala Death Metal dan scream ala Metalcore. Deathcore terkadang meng-stem gitarnya dari drop C sampai A (tergantung apresiasi musik itu sendiri) 

Ciri ciri band Deathcore yaitu lebih mengedepankan breakdown. teknik vokal growl dan scream bersamaan. Deathcore memiliki ciri khas lirik yaitu tentang kematian, neraka, setan, dan nuansa-nuansa mistik dan ada juga yang bersifat agnostik seperti hardcore. Band-band dunia yang mengusung genre ini diantaranya : Bring Me The Horizon, Suicide Silence, Whitechapel, Chelsea Grin.


Yang letiga ada genre Hardcore 

Hardcore merupakan salah satu subgenre dari punk rock yang berasal dari Amerika Utara dan UK diakhir tahun 1970an. Sound baru ini memiliki ciri khas yaitu: suara gitar yang lebih tebal, berat dan cepat dari musik punk rock,Tipikal lagu biasanya sangat pendek,cepat dan keras, selalu membawakan lagu tentang politik, kebebasan berpendapat,kekerasan,pengasingan diri dari sosial,  perang dan tentang sub-kultur hardcore itu sendiri.Untuk vokal, scream dan growl pasti ada. dalam ketukan drum hampir sama seperti Metalcore, hanya saja tanpa Blasting. Blood For Blood, Born From Pain, dan Biohazard adalah beberapa band dunia pengusung Hardcore.


Sebenernya masih banyak bagian-bagian atau cabang-cabangnya sih, cuman menurut gua 3 aliran itu udah mewakili, emang sih kalo secara kasat telinga, dari suara mereka itu kaaya 1 genre karna mereka cuman teriak-teriak dan scream hahaha tapi kalo gak didengerin secara kasat telingan kita bisa tau itu aliran musiknya apa kaya penjelasan diatas hardcore itu suara gitarnya lebih tebel dan music metalcore dan deathcore yang masing masing ciri khasinya si gitar di steam drop C, D dan C sampai A.

Sekian pelajaran musik dari gua hahahahaha

Kalo gua ada salah-salah atau kurang penjelasan , kalian boleh kok nambahin ..

Makasih !!

Sumber : https://vincentcahya.wordpress.com/2...-dan-hardcore/




Diubah oleh livingdebris
profile-picture
profile-picture
profile-picture
korbanfirdosoil dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
15-06-2019 18:10
profile-picture
profile-picture
profile-picture
habarbinsemith dan 3 lainnya memberi reputasi
4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.