News
Batal
KATEGORI
link has been copied
188
Lapor Hansip
03-06-2019 07:05

Banyak Planet Dan Tidak Bisa Dihuni di Alam Semesta, Fungsinya Apa?

Halo GanSis!! Kamu mungkin akan berkata "paansik". Petanyaan kayak gitu kok ditanya?

Banyak planet dan tidak berpenghuni di alam semesta, fungsinya apa?

Quote:Banyak Planet Dan Tidak Bisa Dihuni di Alam Semesta, Fungsinya Apa?Tata Surya - CORBIS

Ini mungkin agak nyeleneh. Tapi disitulah letak penasarannya ya. Kita ambil contoh dekatnya. Di Tata Surya sejauh ini baru diketahui hanya Bumi yang dapat dihuni makhluk hidup (manusia, hewan & tumbuhan). Sedangkan masih ada Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus, Neptunus dan Uranus yang sayangnya sampai saat ini belum ada pihak yang memastikan planet-planet tersebut dapat ditinggali.

Lantas bila tidak bisa dihuni, apa fungsi planet-planet tersebu?

Sebelum itu mari kita bahas mulai dari manfaat Planet. Tentu gak etis bila kita pertanyakan manfaat planet secara egois, semisal; seberapa banyak sumberdaya yang bisa diambil, menguasai lahan atau bisa bikin kaya gak? Haha..

Ya ini yang di benak saya aja. Banyak planet di alam semesta ini, kenapa gak di kaplingin aja. Lumayan buat bayar utang negara. Duhh.. Pikiran dari mana itu ya..

Tapi selayaknya ya gak gitu. Dengan tingkat perkembangan ilmu pengetahuan dunia saat ini. Keberadaan planet bukan hanya sebagai seonggok benda langit, namun sebagai salah satu sumber pengetahuan terkait alam semesta. Jadi para ilmuwan yang pagi-siang-malam melototin angkasa untuk cari planet, bukan untuk adu pinter-pinteran. Namun manfaatnya ternyata luas banget secara umum.

Menemukan planet-planet diluar angkasa dampaknya besar banget. Bahkan kitapun tidak tahu seberapa besar dampaknya. Karena ilmu pengetahuan terus berkembang.

Secara jangka pendek manusia dapat mempelajari proses asal-muasal tata surya kita, yang artinya juga mempelajari asal-muasal bumi dan tentunya juga asal-muasal kehidupan dan manusia.

Dalam jangka panjang, manusia akan mengetahui secara ilmiah, bahwa ada kemungkinan besar banyak sekali kehidupan di planet lain. Dengan pengetahuan ini, maka pola berpikir manusia akan berubah total, baik dari segi filosofi, kepercayaan maupun segi ilmu pengetahuan, dan teknologi.

Sebenarnya sampai disini penjelasannya sudah cukup. Bila kita sudah paham apa tujuan dari menemukan dan mempelajari banyak planet di alam semesta. Seharusnya kita tidak lagi bertanya, untuk apa ada planet banyak namun gak bisa dihuni? Melainkan, Mana lagi planet yang mau diteliti?

Pengetahuan yang belum cukup

Quote:Banyak Planet Dan Tidak Bisa Dihuni di Alam Semesta, Fungsinya Apa?Nicole Oreseme - id.wikibooks.org


Segala yang ada di alam semesta ini tentu memiliki maksud dan tujuan. Hanya saja untuk beberapa hal masih menyimpan rahasia. Termasuk tentang planet-planet diluar Tata Surya bahkan diluar Bima Sakti. Namun sesuai pengetahuan dan teknologi sekarang belum mampu menguak semuanya.

Mungkin tinggal menunggu waktu saja. Barangkali saat ini kita masih tidak tahu apa sebenarnya tujuan planet diciptakan begitu banyak, sementara dihuni pun tidak.

Jaman dulu, orang-orang jaman dulu sebelum berkembangnya ilmu astronomi. Mereka kalau lihat Matahari, Bulan, Planet dan benda langit lainnya. Bawaannya pengen "nyembah" sebagai Tuhan.

Namun semakin berkembang jaman dan ilmu pengetahuan. Baru diketahui ada Matahari, bintang, bulan dan Tatasurya. Barulah satu per satu rahasia dunia terkuak. Termasuk yang satu itu tadi, bukan untuk disembah tapi dipelajari.

Terlebih sudah diketahui, selain Matahari ada bintang lainnya lagi. Ada Tata Surya yang lain. Dan ada Galaksi yang lain, bukan cuma Bima Sakti saja. Ini menunjukkan bahwa, kita semua tidak sendirian di alam semesta ini. Jadi jangan sommbbbooong..

Tapi ini, saya pikir soal mindset. Thread ini secara umum dibangun lewat pemahaman "Apa manfaat dari banyaknya planet di semesta namun tidak dapat dihuni?" dari sudut Manusia.

Artinya pola pikirnya disini masih seputar dampaknya bagi manusia dan lingkungan tempat tinggalnya. Maka bila kita masih berpikir demikian, sulit rasanya mencari tujuan dan manfaat dari planet selain Bumi.

Apa semua yang ada di alam semesta ini hanya untuk Manusia?

Quote:Banyak Planet Dan Tidak Bisa Dihuni di Alam Semesta, Fungsinya Apa?Manusia dan alam semesta - vonvon.id


Saya pikir kalimat tanya diatas sangat menohok. Gak perlu penjelasan panjang lebar lagi. Jadi bila kita masih bertanya planet-planet yang banyak namun tidak dapat dihuni di alam semesta, fungsinya untuk apa? Maka sudah seharusnya kita mulai berpikir bahwa semua yang ada di dunia ini (bisa saja) tidak hanya untuk manusia.

Boleh jadi di kehidupan nun jauh disana di planet antabrata berbeda dengan di Bumi. Bagi manusia yang melihatnya planet tersebut tidak layak huni. Maksudnya itu tidak layak huni bagi manusia, tapi (boleh jadi) layak untuk penduduk planet disana.

Jadi, apa GanSis semua punya pandangan sendiri terkait "banyaknya jumlah planet dan tidak bisa dihuni, fungsinya apa?"

referensi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liefnie dan 35 lainnya memberi reputasi
36
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Banyak Planet Dan Tidak Bisa Dihuni di Alam Semesta, Fungsinya Apa?
11-06-2019 13:11
Quote:Original Posted By Uthe18
Jupiter itu filtering asteroid terhadap Bumi, gravitasinya yg besar mampu menyedot banyak asteroid dr wilayah sabuk kuiper bahkan awan oortz yg bisa membahayakan kehidupan Bumi


jika jupiter adalah filter asteroid, bagaimana daya tahannya? seberapa lama jupiter bisa bertahan sebagai pelindung tata surya jika sering dihantam asteroid?
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
1 0
1
profile picture
kaskus addict
20-07-2019 19:44
@Uthe18 ntah kenapa saya malah ngebayangin filter AC rumah.

Mantap sekali penjelasannya, berarti disana ga ada tanah atau daratan yang bisa di tapak.
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia