Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
69
Lapor Hansip
01-05-2019 00:22

Suka Berkebun? Ini Trik Sederhana Agar Sayuran Rasanya Lebih Manis dan Segar


Assalamualaikum Agan dan Sista Sekalian

Quote:Pernah tidak makan sayuran seperti wortel, kubis, lobak putih dalam kondisi yang mentah? atau pernah merasakan jus wortel tanpa ada tambahan gula dan bagimana rasanya? Hmmm sebagian besar menjawab agak-agak manis. Memang benar rasa pada wortel yang dominan itu manis. Tapi pernahkan terbayangkan bagimana caranya agar wortel ini rasanya lebih manis dan segar tanpa tambahan gula? Petani di Jepang ini punya solusi agar tanaman sayur khususnya wotel, kubis dan lobak rasanya lebih manis dan segar loh.





Quote:
Suka Berkebun? Ini Trik Sederhana Agar Sayuran Rasanya Lebih Manis dan Segar
Kita tahu bahwa Jepang selain dikenal dengan industri otomotifnya juga dikenal dengan industri pangan dan pertaniannya yang maju. Pertanian di Jepang maju karena ada dukungan dari pemerintahnya. Petani disana memiliki lahan yang luas sampai 10 ha dan tidak dijual seperti disini. Para orang tua yang mempunyai lahan pertanian luas akan mewariskan pada anaknya turun temurun. Hanya anak yang benar-benar berminat jadi petani yang akan diwarisi untuk melanjutkan pertanian orang tua mereka.





Quote:
Suka Berkebun? Ini Trik Sederhana Agar Sayuran Rasanya Lebih Manis dan Segar
Jepang mempunyai musim dingin dimana semua orang akan mengurangi aktivitasnya di luar dan menghabiskan waktu di dalam ruangan dengan penghangat. Yang kita pikirkan adalah berarti selama musim dingin tidak ada kegiatan pertanian di Jepang? Oh tidak kisanak. Malah pada musim dingin para petani di Jepang disibukkan dengan kegiatan memanen sayuran segar. Loh kok bisa??





Quote:
Suka Berkebun? Ini Trik Sederhana Agar Sayuran Rasanya Lebih Manis dan Segar
Suka Berkebun? Ini Trik Sederhana Agar Sayuran Rasanya Lebih Manis dan Segar
Suka Berkebun? Ini Trik Sederhana Agar Sayuran Rasanya Lebih Manis dan Segar

Sebenarnya ini sudah menjadi kegiatan memanen sayuran petani di Jepang ketika musim dingin. Dan mengapa mereka memilih memanen di musim dingin sayurannya? Ternyata oh ternyata menyimpan maksud yang sangat amat penting. Para petani membiarkan sayurannya agar tetimbun salju untuk mendapatkan rasa dan kesegaran yang lebih. Sayuran yang dipanen di musim dingin/tertimbun salju menghasilkan rasa yang lebih manis daripada sayuran yang dipanen bukan musim salju. Sayuran jenis ini adalah wortel, kubis dan lobak. Tapi kenapa kok bisa lebih manis ya? emoticon-Bingung 





Quote:


Mengapa sayuran yang dipanen di musim dingin rasanya lebih manis? Hal ini bisa dijelaskan dengan ilmu pengetahuan gan sis. Tanaman tidak dapat bergerak, mereka harus mengembangkan teknik pertahanan melawan pemangsa dan dingin yang ekstrim di musim dingin. Misalnya saja wortel. Wortel telah mengembangkan respons fisiologis untuk meningkatkan kadar gula ketika di sekelilingnya dingin. Kenapa kadar gula harus ditingkatkan? Karena kadar gula ini membantu menghentikan formasi kristal es dan mencegah kerusakan pada sel-sel wortel. Jadi itulah alasan petani di Jepang memanen sayuran pada musim dingin. 



Quote:
Suka Berkebun? Ini Trik Sederhana Agar Sayuran Rasanya Lebih Manis dan SegarSuka Berkebun? Ini Trik Sederhana Agar Sayuran Rasanya Lebih Manis dan SegarSuka Berkebun? Ini Trik Sederhana Agar Sayuran Rasanya Lebih Manis dan Segar
Suka Berkebun? Ini Trik Sederhana Agar Sayuran Rasanya Lebih Manis dan Segar

Selain menambah rasa manis pada sayuran ternyata juga berdampak meningkatkan harga jual pada tanaman loh. Harganya tentu saja lebih mahal daripada sayuran biasa. Panteslah kalau harga sayuran-sayuran impor dari jepang mahal-mahal karena mereka punya kualitas yang bagus.
Selain dijual dalam bentuk yang utuh, wortel musim dingin ini rasanya lebih manis dan segar maka bisa langsung diolah menjadi jus wortel yang segar yang dikemas dalam botol besar.



Quote:
Meskipun di daerah pertanian Indonesia ga ada salju kayak di Jepang, tapi masih ada yang ada udara dingin di pegunungan yang membuat sayuran tetap manis dan segar. Itu aja udah cukup bagi ane yang penggemar sayur emoticon-Toast

Atau mau coba dikulkas dulu sayurannya tapi awas jangan lupa dimasak karena kalau lupa nanti busuk di kulkas emoticon-Leh Uga




Quote:
Gimana tertarik untuk mencoba mengubur sayuran di salju? emoticon-Ngakak




Panen


Sumber


profile-picture
profile-picture
profile-picture
tata604 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Suka Berkebun? Ini Trik Sederhana Agar Sayuran Rasanya Lebih Manis dan Segar
01-05-2019 02:49
Trik yang mubazir,gak bisa diterapkan disini dong ya.
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Manga, Manhua, & Manhwa
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia