alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Lapor Hansip
13-04-2019 14:20
Seberapa Komuniskah Negara Indonesia?
Komunisme merupakan salah satu ideologi yang paling diharamkan di Indonesia. Ada dua dasar hukum utama yang melarang perkembangan komunisme di Indonesia. Kedua dasar hukum tersebut adalah Tap MPRS Nomor XXV tahun 1966 dan Pasal 107 dalam Undang-Undang Nomor 27 tahun 1999. Hukuman siap menanti bagi orang-orang yang ketahuan mendirikan organisasi atau menganut ajaran komunisme, marxisme, leninisme dalam segala bentuk dan perwujudannya. 

Namun dalam beberapa tahun ini pemerintah Indonesia sering diserang dengan isu komunis. Banyak ditemukan ocehan-ocehan di dunia maya yang menyatakan kalau pemerintah Indonesia pro komunis. Padahal boleh dibilang pemerintah Indonesia sangat jauh untuk disebut pro komunis. Bagi yang masih bersikeras kalau pemerintah Indonesia memang pro komunis, berikut sedikit ulasan tentang ciri-ciri negara yang menganut paham komunis.


Menganut sistem satu partai

Seberapa Komuniskah Negara Indonesia?

Sumber : Economist.com


Bagi negara yang berpaham komunis, tidak ada yang namanya partai oposisi. Jadi partai komunis menjadi satu-satunya partai politik di negara bersangkutan. Tentunya ini berbanding terbalik dengan Indonesia. Bahkan boleh dibilang jumlah partai politik di Indonesia saat ini justru terlalu banyak.

Alat-alat produksi dikuasai oleh negara

Seberapa Komuniskah Negara Indonesia?

Sumber : Fortune.com


Komunisme tidak mengenal perbedaan strata sosial. Jadi rakyat tidak diberi kesempatan untuk menguasai alat-alat produksi. Alat-alat produksi dan modal dikuasai oleh negara. Negara yang menentukan apa barang dan jasa yang diproduksi, bagaimana barang tersebut diproduksi, serta untuk siapa barang tersebut diproduksi. Sementara di Indonesia pihak swasta masih diberi peluang untuk memiliki alat-alat produksi. Bahkan boleh dibilang cenderung liberal.

Membatasi demokrasi

Seberapa Komuniskah Negara Indonesia?

Sumber : Kompas.com


Dari ciri-ciri yang kita bahas sebelumnya, sangat jelas kalau komunisme membatasi demokrasi bagi rakyat. Ini tentunya sangat bertentangan dengan kondisi negara Indonesia saat ini. Indonesia bahkan disebut-sebut salah satu negara demokrasi terbesar si sunia. Di Indonesia rakyat bisa bebas berorganisasi, bahkan organisasi yang menentang pemerintah. Rakyat juga bebas menyuarakan pendapat, asalkan bukan pendapat yang berunsur hoax dan fitnah.

Tidak menerima unsur-unsur agama

Seberapa Komuniskah Negara Indonesia?

Sumber : Davishighnews.com


Komunisme tidak menerima segala unsur yang berkaitan dengan agama. Contohnya di China dimana ada larangan bagi anggota Partai Komunis untuk memeluk agama. Hanya saja mereka tetap menjunjung toleransi terhadap rakyat China yang tetap memeluk agama. Namun memang berada dalam pengawasan ketat pemerintah. Hal ini tentu bertolak belakang dengan Indonesia. Di Indonesia justru orang yang terang-terangan tidak memeluk agama bakal dikenakan pidana.


Dari beberapa ciri-ciri diatas, tidak ada satupun yang sesuai dengan apa yang diterapkan di Indonesia. Jadi boleh dibilang pemerintah Indonesia sangat jauh dari unsur-unsur komunis. 

Referensi :
https://www.cnnindonesia.com/nasiona...e-di-indonesia
https://www.republika.co.id/berita/n...e-di-indonesia
https://www.bbc.com/indonesia/berita...s_ateis_padang
https://international.sindonews.com/...ang-1535351473

15
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
16-04-2019 05:06
Quote:Original Posted By JepZ
yuk gw ladenin gw urutin dari awal biar bisa tau siapa miss dimana emoticon-Smilie

karena postingan awal gw quote ini...

makanya gw bales dengan postingan yg poin nya adalah foto doang kok dipermasalahkan..

lalu elu entah darimana, bawa2 ideologi...

gw ulangi poin postingan tentang CUMA FOTO



lalu entah darimana ente bawa2 bendera palu arit (dari postingan awal cuma ada FZ foto 1 di madamme tussaud 1 dimanalah itu)


dari sini gw rasakan ketidaknyambungan karena dari awalpun engga mau gw toel hal yg buat gw memang salah, segala bakar bendera itu..
tapi lu masih ngotot bahwa yg menurut lu panjul ini masih bahas ttg bakar apa lah TNI lah polrii lah kena bawa2

**Tambahan** dari awalpun coba lu cari lagi, ga ada sekalipun gw bawa ideologi, makanya gw larikan ke bola ke candi kan?


2 fotonya tuh yang ini loh
v
v
v


semoga bisa paham dikit emoticon-Smilie


Lu paham jga maksud gw bray.
Ideologi itu berbeda dgn fans club bola ataupun agama.

Lu mau jadi fans club bola A terus lu berfoto distadion club bola B itu sah2 saja.
Lu beragama A terus lu berfoto ditempat ibadah agama B itu hak lu spanjang lu gk dilarang agama lu utk memasuki rumah ibadah agama lain.

Ini soal ideologi bray.
Negara ini jelas2 melarang hal2 yg berkaitan dengan komunis,,fadlizon uda pasti tau itu,tapi knpa dia tetap melakukan foto2 semacam itu?
Oke jika itu hak dia utk berfoto sebagai tanda dia pernah kesitu,,tapi apa harus fotonya yg terlarang itu diunggah dimedsos dan menjadi konsumsi publik?

Jadi klo lu mau umpamakan ideologi dengan club bola dan agama itu justru gk sinkron bray.

Semoga lu paham.
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.