remukredambos
TS
remukredambos
Bastard Hotelier
Sedikit kisah ane tentang pengalaman asyiknya bekerja di industri perhotelan.


Pagi itu , 1 Maret 2009

Seorang anak selengekan datang ke Jogja menyandang status sebagai anak training di sebuah hotel bintang 3 chain internasional.

"Ahri" sapa ane ke anak cowo sebaya yang tampak duduk dengan kostum yang ga banget, kostum yang sama dengan yang ane pakai.
Atasan lengan panjang putih, celana kain hitam dan sepatu pantofel hitam.

"Bowo" jawabnya sembari kita salaman.

Bowo, anak asal Purworejo.
Ane asal kota Tembakau.

Setelah kenalan dan berbagi rokok, kita saling tahu ternyata kita berdua adalah calon anak training di hotel ini.
Ini adalah hari pertama kita masuk.
Department (Dept) Housekeeping (HK), menjadi satu-satunya Department yang mau menerima kita.
Kenapa hanya Dept tersebut yang mau?
nanti akan ane jelaskan alasannya, alasan yang setelah kita tahu itu alasan yang bazengan banget.
Tapi itu ternyata menjadi motivasi kita untuk lebih baik.

FYI :

Ada beberapa Dept dalam sebuah hotel yang mana mempunyai peran dan fungsi masing.
Ane kasih tahu secara umum saja ya.
1. Housekeeping (HK)
2.Front Office (FO)
3.Food & Beverage (F&B)
4.Engineering (ENG)
5.Security (Sec)
6.Human Resource (HR)
7.Sales & Marketing (SM)
8.Accounting (Acct)

Dan di beberapa hotel kadang masih ada Dept lain lagi, tapi secara garis besar itu adalah Dept yang mesti ada di setiap struktur organisai sebuah perhotelan, walapun kadang HR & Sec menjadi satu.
Secara detail nanti akan ane jelaskan sembari cerita jalan.

Fokus ke Dept yang ane jalani dulu.
Housekeeping.
Di hotel ane training ini, Dept HK memiliki sub divisi :
1.Room
2.Publik Area (PA)
3.Laundry.
4.Ordert Taker (OT) & Business Center (BC)
5.Spa & Gym

Di beberapa hotel kadang OT dan BC menjadi bagian dari Dept FO.

Lanjut ke cerita.

Kita ditemui oleh seorang HR Officer.
Cewe, fasih berbahasa Inggris, umur 4 tahun diatas ane, sebut saja Mbak Fitri.
Mulustrasi : mirip Ayusitha



Kita diberitahu soal job desk dan diajak keliling hotel sambil dijelaskan tentang organisasi, aturan dan fasilitas hotel ini.

Sekitar jam 1 siang setelah diberi kesempatan makan di Employee Dinning Room (EDR) atau bisa disebut kantinnya karyawan kita dihadapkan kepada kepala HK.
Karena hotel ini bintang 3, saat itu top level d HK dipegang oleh seorang Asissten Executive Housekeeper (Asst EHK) yang bernama Pak Dudi.

Kita beruda ucapkan terimakasih kepada Mbak Fitri,
Bowo hanya salaman, tapi ane lebih lanjut minta nomornya dengan alasan jika ada yang akan ane tanyakan.
Jari exotic nya menari diatas keyboard hp Sony Ericson J-100 ane.
Sedikit modus yang akhirnya nanti punya kisah sendiri.
He he he.

Senyum manisnya berlalu bersamaan pintu ruangan HK tertutup.

"Kalian type doyan makan apa aja atau pilih-pilih?"
tanya Pak Dudi kepada kita.

Ane & Bowo cuma bengong.

"Malah diem aja, ayo jawab!!!"












rinandyasormin180iwakcetol
iwakcetol dan 16 lainnya memberi reputasi
17
24.9K
124
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Stories from the Heart
Stories from the Heart
icon
31.3KThread40.9KAnggota
Tampilkan semua post
remukredambos
TS
remukredambos
#4
Sejenak kita saling padang.
Sedikit bingung dengan pertanyaan yang Pak Dudi ajukan.

"Saya bebas aja makan apa aja Pak, asal jangan babi" (no sara) ucap Bowo.
Ane karena masih bingung, cuma angukan kepala tanda idem dengan jawaban itu.

Pak Dudi : "type orang jijik atau biasa aja kalau lihat ta* ?"
Ane : "........" bingung.
Bowo : "sudah resiko kita kerja di HK pak"
Pak Dudi : "hahahahaha.. bagus"

Jadi maksud beliau tanya itu adalah bahwa kerja di staff HK itu lebih cenderung menggunakan tenaga fisik.
Makanya salah satu syarat biar bisa kerja adalah gampang makan, biar tenaga keisi dan libas semua kerjaan
Kalau soal ta*, namanya juga beresin kamar & toilet tamu, jadi wajar kalau kita bakalan dapat bonus emas mengambang.
hahahahaha...

Tak lama Pak Dudi memanggil HK Leader, Pak Rido namanya.
Diajak kita kenalan dengan staff HK sendiri.
Diberitahu tentang struktur organisasi dan lebih detail dijelaskan apa saja yang akan kita pelajari disini selama 6 bulan masa training.

Ternyata saat itu sudah ada anak training yang masuk.
Paling lama mereka baru 1 bulan, ada 4 orang.
Tito asal Brebes.
Ade asal Brebes.
Nur asal Jogja
Ema asal Klaten tapi kost di Jogja.

Tito & Brebes dari sebuah lembaga kursus pariwisata, sementara Nur & Ema berasal dari sebuah kampus pariwisata di Jogja.

Ilustrasi Ema.


Kalau Nur ga perlu kali ya, gaya cewe biasa aja gitu lah.
Makanya ga ane lirik.
hehehe..

Skip skip skip.
Jalan seminggu sudah ane training disini.
Ane, Ade dan Ema itempatkan di room menjadi runner senior ane.
Bowo & Tito di PA.
Nur di Laundry.

Setiap jobdesk akan ane jelaskan detail sambil cerita ya.

Jobdesk ane simple.
Bantu Room Attendant (RA) make up/bersihkan kamar. Baik itu yang masih stay ataupun sudah check out.
Dalam sehari ane ikut 2 RA.
Pagi ikut RA pertama, setelah istirahat ikut RA kedua.
Ikut 2 RA gitu sangat sangat menyiksa, tenaga kita benar-benar dipakai dengan alasan belajar.
Bazengan.. hahahaha
Makanya ga salah kalau kita jadi doyan makan ga pilih-pilih.
Yang penting perut kenyang, gas kerjain kamar..

Ane dan Ema semakin dekat.
Hingga suatu sore

Ane : "kamu kost dimana?"
Ema : "belakang kampus"
Ane : "owh, ayo bareng"
Ema ".......
Continue

Kita cerita sambil sedikit pelajari istilah perhotelan ya gan.
Itung-itung nambah wawasan.
hehhe
fa.achryymanusia.baperansormin180
sormin180 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.