alexa-tracking
Tech
Batal
KATEGORI
link has been copied
Lapor Hansip
12-03-2019 18:35
Membersihkan File Tidak Terpakai Pada Komputer/Laptop (Disk Cleanup)
Quote:Banyak orang beranggapan, bahwa Komputer dan Laptop sekarang kualitasnya rendah. Belum lama dipakai sudah lemot, bahkan error. Membuka file yang ada di dokumen saja seperti lagi berselancar di dunia maya. Menantinya lama. Kluwer-kluwer hingga bermenit-menit.

Membersihkan File Tidak Terpakai Pada Komputer/Laptop (Disk Cleanup)

sumber gambar

Quote:Belum lagi ketika pertama kali menghidupkan laptop atau computer. Menunggu untuk segera digunakan tidak sabar. Akhirnya dipaksa represh berkali-kali. Yang terjadi malah, perasaan tidak senang. Padahal pekerjaan belum lagi dilakukan.


Quote:Demikian juga bagi pengguna computerdan laptop yang suka memenuhi desktop dengan menu yang banyak. Semua ditampilkan pada layar desktop. Dengan alasan memudahkan ketika menggunakan. Tinggal klik dua kali  langsung jalan.


Jika kita perhatikan, dengan logika normal, ketika layar desktop berisi sekian banyak program yang berjalan diperlukan waktu yang banyak dari computer dan laptop untuk membaca dan mendeteksi semua program yang ada. Semakin banyak program tampil di desktop semakin lama durasi program menyelesaikan membaca sehingga siap digunakan.
 
Bahasan kali ini tentang computer dan laptop yang lemot gara-gara recent pekerjaan yang tidak segera dibersihkan. Ibarat barang yang berada di dalam kamar, setelah terpakai tidak dikembalikan seperti sedia kala. Dan barang yng tidak terpakai tidak segera dibuang. Bagaimana rasanya mencari barang yang diperlukan tersebut.
 
Untungnya computer dan laptop tidak bisa berteriak. Coba bisa, pasti akan berteriak minta ampun, karena kita pengguna hanya bisa menggunakan dan tidak bisa merawat dengan benar.

Salah satu alternatif membersihkan memory tidak terpakai setelah digunakan bermacam-macam. Pada kesempatan ini kita aan suguhkan bagaimana cara membersihkan computer dan laptop menggunakan Disk Cleanup yang sudah merupakan bawaan dari pabrik. Walau banyak aplikasi pembersih lain yang berfungsi sama.


Quote:Disk Cleanup


Quote:Cara menggunakannya akan dijelaskan sebagai berikut:


1.   Lihat gambar 1 di bawah ini.
Tampilan layar Desktop yang isinya hanya My Computer dan Recycle Bin. Semakin sedikit yang ditamilkan pada layar Dekstop semakin ringan kerja program. Klik dua kali bagian My Computer akan tampil seperti pada gambar 2.

Gambar 1

Quote:2.   Lihat gambar 2. Tampilan isi computeratau laptop anda akan tampak seperti pada gambar di bawah ini.

Klik kanan pada bagian seperti yang terlihat ada anak panahnya.akan tampil seperti pada bagian gambar 3 di bawah ini.

gambar 2


Quote:3.   Setelah terlihat gambar 3.klik Performance dan Information and Tools.
Silakan klik, sehingga akan tampil seperti pada gambar 4.

Gambar 3


Quote:4.   Pada gambar 4 terlihat anak panah menunjukkan kea rah Open disk Cleanup. Klik bagian tersebut sehingga tampil seperti gambar 5.

Gambar 4


Quote:5.   Pada gambar 5. Biasanya sudah tampil Driver Cyang akan kita cleanup. Jika masih Driver D maka kita ubah ke Driver C, atau sebaliknya, jika kita ingin membersihkan Driver D maka kita bisa pindah ke Driver D.

Klik OK maka akan tampil seperti gambar 6. Pada tampilan ini akan memerlukan beberapa waktu, tergantung seberapa banyak flie yang telah kita kerjakan atau seberapa computer atau laptop kita tidak pernah di Cleanup. Semakin waktu menggunakannya semakin banyak juga file yang akan dibersihkan, sehingga juga memerlukan waktu yang lama hingga bersih.

Gambar 5

Quote:6.   Setelah selesai akan tampil seperti pada gambar 6. klik sesua anak panah yang terlihat. Maka akan tampil seperti pada gambar 7


Gambar 6


Quote:7.   Pada gambar 7, ada kotak-kotak kecil dibagian atas itu silakan dicontreng semuanya. Kemudian klik OKseperti yang ada pada gambar. Tunggu beberapa saat.

Gambar 7

Quote:8.   Akan tampil pada gambar 8. Terpisah dari gambar 7 tadi. Klik delet fileseperti pada anak panah yang terlihat.

Gambar 8


Quote:9. Kemudian lakukan sekali lagi seperti tampak pada gambar 9.

Gambar 9


Quote:Jika belum puas terhadap tingkat kebersihan fileyang ada pada computer dan laptop anda bisa dilakukan berkali-kali, hingga semua file bersih.
Demikian sekedar berbagi cara membersihkan file tak terpakai pada computer dan laptop anda sehingga tidak lemot dan lambat menunggu proses saat start, maupun ketika mematikan.


Quote:Semoga bermanfaat, terimakasih


10
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
16-03-2019 00:47
Quote:Original Posted By kakekane.cell
Trite sae mas... tak BOOM CENDOL,,, nggeh...! emoticon-Toast


Mau dong bom nya :v
2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.