Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
224
Lapor Hansip
21-02-2019 18:21

Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?

Pada masanya, Motor Bebek adalah Primadona. Namun seiring perubahan zaman dan kemajuan teknologi, posisi Motor Bebek mulai tergeser dan tergusur dengan kehadiran Motor Matik.

Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?

Berdasarkan pantauan Ane pada halaman parkir sebuah kampus, dari ratusan motor yang dipakai mahasiswa, menurut taksiran Ane sekitar 90% didominasi oleh motor jenis Matik. Selebihnya adalah Motor Laki dan Bebek. Sedangkan pada areal parkir masjid pada hari Jum’at, terlihat sekitar 70% adalah Motor Matik. Di Dealer Motor Yamaha dan Honda juga Ane lihat, mereka tidak lagi memasok dan memajang motor bebek, kecuali stok lama. Mengapa motor matik sekarang lebih mendominasi, Ane kira karena motor matik itu lebih praktis dan mudah perawatannya dibanding bebek.

Dari fakta tersebut, mungkin kita bertanya-tanya: Ke mana menghilangnya motor-motor bebek yang dulu merajai hampir semua lini jalanan?

Dari penelusuran Ane, khususnya di wilayah Kalsel, ternyata motor-motor bebek itu sekarang pada umumnya digunakan pada hal-hal berikut:


1. Sarana Angkutan

Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?

Motor bebek banyak digunakan sebagai sarana angkutan barang oleh para pegadang keliling, untuk membawa barang dagangan, membawa barang belanjaan dari pasar, menarik gerobak, dan sebagainya. Mereka membuat semacam wadah/tempat khusus pada bagian belakang motor bebek untuk membawa barang-barang yang diangkut.


2. Sarana Transportasi ke Gunung dan Hutan

Para pekerja yang turun naik gunung, keluar masuk hutan, terlihat lebih sering menggunakan kotor bebek, karena kalau matik katanya tidak kuat untuk menanjak, melewati jalan yang berbatu atau medan sulit lainnya. Karena itu, motor bebek dipilih untuk naik gunung atau masuk hutan. Sedangkan matik khusus untuk merambah jalan raya yang mulus.


3. Dimodif Jadi Bentor

Saat ini di pasar Martapura Kabupaten Banjar, hampir tidak ada lagi becak yang digenjot dengan tenaga manusia. Umumnya sudah digerakkan oleh mesin, dengan memodifikasi becak dengan motor bebek sebagai mesinnya, sehingga disebut Bentor, alias Becak Motor. Motor-motor bebek dipilih sebagai mesin penggerak, karena dianggap paling kuat dan tahan membawa beban yang berat.

Ane belum tahu, apakah Bentor ini legal menurut Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Yang jelas, keberadaannya setiap hari semakin menjamur saja, dengan memanfaatkan motor-motor bebek bekas, sebagai sumber tenaganya.


Karena motor bebek sudah dialihfungsikan, maka kehadirannya di tempat umum jelas sudah berkurang. Kecuali motor-motor bebek baru yang masih eksis di jalan raya dan tempat-tempat parkir.

Lalu, apa manfaatnya informasi ini? Ya, bagi penjual sparepart dan bengkel motor, sebaiknya lebih banyak menyediakan onderdil motor khusus matik, karena konsumennya lebih banyak. (*)
***
Diolah sendiri, foto2 milik sendiri.
16
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
12-03-2019 14:58
ane punya 2 2nya bingung kan punya kelemahan keunggulan masing2
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia