• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Knalpot Carbon Buatan Indonesia Luncur… Langsung Dipakai Balapan Asia

juraganmixmogeAvatar border
TS
juraganmixmoge
Knalpot Carbon Buatan Indonesia Luncur… Langsung Dipakai Balapan Asia



Indonesia punya knalpot karbon dari ProLiner yang peluncurannya dibarengi dengan penandatanganan kerja sama dengan tim roadrace kenamaan, Kaboci.

Knalpot karbon ini asli diproduksi di Indonesia dan merupakan generasi lanjutan dari ProLiner TR1 yang diberi nama TR2 dengan fokus sepeda motor balap kelas 150 cc.

 

Marcell yang merupakan Direktur PT Enwan Multi Partindo sebagai rumah dari ProLiner dan juga knalpot premium R9 mengatakan kalau knalpot ini akan terpasang di tim yang akan turun dalam balapan di Asia Road Racing Championship (ARRC) 2019. Tujuannya supaya turut mewangikan nama Indonesia, terutama karena knalpot ini diproduksi di Indonesia.

“ProLiner produk 100 persen Indonesia. Pasarnya juga keluar negeri, termasuk Eropa (Vietnam, Kamboja, Malaysia, Filipina, Korea, dan yang terjauh di Yunani). Hari ini kami kerja sama dengan tim Kaboci untuk menunjukkan pembuktian bahwa produk kita tidak kalah dengan luar,” kata Marcell.



Sebagai produk Indonesia, jaminan kualitas yang diutarakan oleh Marcell bisa ditilik dari penerapan standar ISO. Dalam hal ini, produksi tersebut sudah melalui pengawasan dalam hal kualitas.

“Kami sudah ada ISO. Ini artinya secara kualitas sudah diawasi pemerintah,” kata Marcell yang lalu juga menyebut bahwa untuk tingkat dunia, R9 sebagai sudara premium dari ProLiner sudah pernah dipasang di Moto3. Sementara nama ProLiner sendiri tertera di motor Monster Yamaha dan selanjutnya Honda Repsol di kelas MotoGP.


“Hari ini kami kerja sama dengan tim Kaboci untuk menunjukkan
pembuktian bahwa produk kita tidak kalah dengan luar”



Bicara soal knalpot, TR2 yang berarti Titanium Look Racing 2 itu sendiri dikembangkan bersama dengan rider tim yang diasuh oleh Acos Lalang dengan mengusung rider Richard Taroreh dan Murrobil Fathoni (Robby Sakera).

“Tidak ada rider yang mau di belakang, tapi semua mau yang terbaik. Target podium. Perihal knalpot, yang jelas sangat bantu tenaga motor, dan juga ada selera dari rider untuk pilih knalpot. Saya bantu setting yang terbaik,” kata Richard yang tahun ini merupakan tahun kedua baginya di ARRC.

Apa saja yang baru di knalpot TR2? Pertanyaan ini pun dijawab oleh Akip selaku Manajer Marketing PT Enwan Multi Partindo. Yang pertama, dari sisi desain. TR generasi pertama memakai model bambu runcing di bagian belakangnya. Sementara penggunaan nama juga berbeda karena tidak lagi pakai emblem.

“Emblemnya kalau dulu rivet kadang bisa copot. Yang ini kami tanam di dalam dan pasti tahan panas karena sudah kami tes di Sentul. Kami sudah tes lebih dari 10 lap. Baik carbon, branding, tidak ada permasalahan,” kata dia.



Aco dari R&D ProLiner menjelaskan bahwa end cup-nya punya diameter 94 mm, sementara ukuran mangkok tengahnya 73 mm. Adapun lehernya menggunakan bahan stainless steel satu lapis.

“Nilai HP awalnya sendiri 23 Hp. Namanya mau naikin HP, pasti liat motor dulu. Kami tidak serta merta tempel ke mesin motor lalu bahas mau naik berapa (HP). Kenaikannya sendiri 1,2 HP dari sebelumnya secara standar. (Setelah setting) tim Kaboci naiknya 2 HP,” tambahnya.


“Yang ini kami tanam di dalam dan pasti tahan panas
karena sudah kami tes di Sentul.”



Yang menarik, knalpot ini juga akan dijual secara bebas. Akan tersedia untuk motor sport 150 cc dan 250 cc baik yang panjang maupun yang pendek. Akip lalu menyebutkan harga jual HET.


BERSAMBUNG KE SINI...

Diubah oleh juraganmixmoge 20-02-2019 09:21
1
1.4K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.4KAnggota
Tampilkan semua post
juraganmixmogeAvatar border
TS
juraganmixmoge
#1
emoticon-Sundul Gan (S)
0
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.