alexa-tracking
Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
Lapor Hansip
07-02-2019 16:43
4 Menu Olahan Jengkol, Siapa yang Nggak Suka Sih?
Jengkol oh jengkol.
Meskipun berbau nggak sedap, tapi selalu jadi primadona terutama sama orang-orang di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Siapa sih yang nggak tau jengkol?

Jengkol juga mengandung banyak nutrisi, yakni protein, fosfor, dan kalsium yang dibutuhkan tubuh. Bahkan ibu hamil boleh mengkonsumsi jengkol dengan catatan jangan lebih dari 3 keping per hari. Yang perlu diperhatikan untuk mengurangi bau jengkol, konsumsi jengkol bersama dengan mentimun atau jambu air. Atau minum air rebusan daun sirih setelah menyantap jengkol. Jadi, tak perlu khawatir tentang aroma jengkol.

4 Menu Olahan Jengkol, Siapa yang Nggak Suka Sih?

Di rumah ane, bapak ane doyan banget sama jengkol tapi ya itu toilet sangat nggak aman setelahnya. Tapi dari beragam olahan jengkol, ane bakalan bahas 3 olahan jengkol yang paling sering dimasak sama ibu ane:

Semur jengkol

4 Menu Olahan Jengkol, Siapa yang Nggak Suka Sih?

Berbumbu utama kecap manis, semur jengkol ini paling cocok kalau dipadu dengan nasi uduk, semur tahu, dan emping. Apalagi nasi uduk Betawi yang jualannya malem-malem deket rumah ane, jadi langganan bapak ane tuh.

Rendang jengkol

4 Menu Olahan Jengkol, Siapa yang Nggak Suka Sih?

Lain di Jakarta, lain di Padang. Ini dia salah satu varian yang jadi favorit banyak orang: rendang jengkol. Nggak semua rumah makan Padang menyediakan olahan jengkol ini, tapi rendang jengkol ini cocok buat penyuka pedas dan juga gurih, beda dengan semur yang rasanya manis.

Jengkol balado

4 Menu Olahan Jengkol, Siapa yang Nggak Suka Sih?

Kalo ini sih siapa yang nggak suka? Perpaduan bumbu balado dan juga jengkol yang legit, ditambah nasi putih anget: JUARA! Paling enak sih makan ini di rumah ya, soalnya menunya emang menu rumahan banget.

Kerupuk jengkol

4 Menu Olahan Jengkol, Siapa yang Nggak Suka Sih?

Beda dari menu lauk, ini dia menu camilan yang juga bisa jadi pendamping nasi lauk: kerupuk jengkol. Kalo varian olahan jengkol yang ini ane doyan nih, apalagi sekarang banyak yang jual dengan beragam rasa terus ada yang bumbu balado juga. Paling maknyos kalau dimakan sama mi instan rebus. Maknyossss!

Yak sekian thread jengkol ane gan, hayo siapa yang suka jengkol? Asal jangan mabok jengkol ya emoticon-Ngakak
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.