Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
53
Lapor Hansip
20-03-2018 15:08

PENIPUAN LOWONGAN KERJA DI INTERNET

PENIPUAN LOWONGAN KERJA DI INTERNET


Ā  Kali ini saya akan membahas penipuan di internet yang berkedok Lowongan Pekerjaan,dan perlu anda ketahui saya juga sempat mengalaminya baru-baru ini dan Alhamdullilah masih diberi keselamatan jadi belum sempat memberikan uang kepada penipu.
Ā Ā  Saya juga tahu salah satu situs penipuan dan situs itu sering muncul saat kita menulis kata loker di google,jadi harus berhati-hati bagi yang sedang mencari pekerjaan,saya tidak bisa membongkarnya karena saya bukan polisi internet,namun saya akan memberi tips kepada para sahabat yang sedang mencari pekerjaan agar tidak terkena Loker tipu-tipu ini.

ModusĀ  Penipu
  • Ā Menawarkan pekerjaan dengan syarat mudah bahkan bisa melalui sms tanpa perlu datang lansung ke lokasi.
  • Lulusan SMK sederajat lebih sering dijadikan korban,mungkin karena lulusan SMK sederajat sulit mendapat pekerjaan dan mereka datang seperti malaikat ghaib bagi para lulusan yang sedang pusing setelah lulus.
  • Memiliki lowongan yang beragam sehingga siapapun akan tertarik dengan iklan dan kata-kata yang ditampilkan di situs tentang pekerjaanya.
  • Menjajikan gaji diluar UMR bagi para lulusan rendah sekalipun,bahkan saya pernah mendapat penawaran gaji pokok sebesar 8 juta lebih/bulan diluar bonus-bonus perusahaan.
  • Menggunakan perusahaan besar seperti Yamaha,Kawasaki,Astra dsb.

Ciri-CiriĀ  Penipuan
  • Mengatas namakan HRD dan mengirim pesan melalui SMS ataupun E-mail(itu pengalaman pribadi saya).
  • Situs menyediakan tempat untuk dapat mengirim lamaran melalui situs tersebut,disana pula anda di minta membuat sebuah CV untuk dikirimkan di perusahaan yang anda inginkan(walaupun sampai kiamat itu CV gak bakalan dikirim sama situs tersebut).
  • Biasanya dalam bentuk SMS anda dibilang memenuhi kriteriia untuk menjadi pekerja diperusahaan tersebut,dan perlu anda ketahui mereka juga biasanya memberi test wawancara pertama kalinya(menurut diskusi korban penipuan mereka mengatakan bahwa dalam wawancara itu mereka dimintai uang dan biasanya perusahaan mereka akan berubah-ubah).
  • Nah bahaya nya lewat E-mail,saya hampir tertipu saat mendapat SMS terlebih dahulu dan disuruh membuka E-mail saya,dan memang saya dapati ada pesan baru saat dari salah satu perusahaan yang saya kirimi CV dan lamaran saya,dan disana benar-benar seperti asli bahkan ada beberapa orang yang masuk seleksi dan hebatnya mereka menggunakan kertas bergambar perusahaan tersebut,namun anda jangan terburu-buru.
  • Biasanya tempat test dengan lokasi pabrik berbeda dan sangat jauh,semisal pusat Yamaha berlokasi di Pulau gadung namun test bisa diadakan di Bali(emang kita mau liburan apa)

TrikĀ  UntukĀ  MengetahuiĀ  BentukĀ  PenipuanĀ  AtauĀ  Bukan
  • Periksa alamat dimana anda akan di test,sebuah perusahaan tidak mungkin mengadakan test diluar instansi perusahaan mereka.
  • Jangan kirim lamaran anda melalui situs walaupun mereka menarkan kemudahan untuk mengirim lamaran tersebut.
  • Test biasanya dilakukan secara gratis,kita belum mendapat apa-apa,jadi tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun.
  • Mereka meminta kita menggunakan travel khusus untuk kita pergi ketempat tujuan,dan kalau di SMS mereka menggunakan alamat yang lengkap bahkan ada penjelasan anda bisa menggunakan transportasi umum apa.
  • Lebih baik langsung ke situs resmi perusahaan,karena disana mereka membuat halaman untuk anda yang ingin bekerja yaitu halaman carrer,atau kalau tidak langsung datang ke kantor resmi perusahaan(kita yang butuh kita pula yang harus menjemput).
  • Cara mencari situs resmi sangat mudah ,tinggal tulis nama perusahaan di google dan tambahi kata Indonesia didalamnya(anda kan ingin cari di Indonesia ).
  • Jangan percaya tentang keafsahan email yang katanya perusahaan besar tidak mungkin menggunakan email gratis seperti gmai.com atau ymail.com,itu semua bukan mutlak karena saya kemarin mendapat email dengan domain .Co.Id

Ā Ā  Itu dulu yang dapat saya bagi sesuai dengan pengalaman saya,semoga anda tidak terkena tipu,semoga bermanfaat


Sumber : blog pribadi saya...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
PENIPUAN LOWONGAN KERJA DI INTERNET
05-02-2019 11:57
Quote:Original Posted By rachmandonal ā–ŗ
emang udah ada yang kaya gitu gan?


Ini murni pengalaman saya, sayangnya email pelaku udah ketelen sama email notifikasi sosmedšŸ˜‚
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia