alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Lapor Hansip
10-01-2019 12:55
Ketahuilah Bahaya Cyberbullying: Depresi Hingga Bunuh Diri
Di era milenium yang sebuah serba internet, siapa yang tidak tahu media social populer seperti facebook, instagram, twitter? Hampir sebagian orang memiliki media social tersebut terlebih bagi anak-anak remaja yang tengah menginjak dewasa. Social media seperti dunia bagi mereka yang begitu menyenangkan. Meski kadang mereka terlalu larut hingga lupa waktu jika sudah asyik berselancar di dunia maya.

Ketahuilah Bahaya Cyberbullying: Depresi Hingga Bunuh Diri

Namun apakah bermain social media selalu meninggalkan kesan yang baik bagi para penggunannya? Tentu saja tidak karena tidak semua pengguna bisa memanfaatkan social media dengan baik. Simplenya ada dampak positif dan negatif yang ditimbulkan dengan adanya interaksi di dunia maya. Hal yang sering terjadi adalah Cyberbullying.

Quote:Apakah Cyberbullying itu?


Intimidasi dunia maya atau lebih dikenal sebagai cyberbullying adalah segala bentuk perbuatan kekerasan nonverbal yang dilakukan oleh anak remaja  kepada anak remaja lain yang seusianya dengan menggunakan teknologi dunia maya/internet. Bentuk perbuatan ini bisa berupa ejekan, hinaan, cemooh, intimidasi bahkan sampai tahap mempermalukan si target bully.
Cyberbullying baru bisa dinyatakan valid apabila korban dan pelaku berusia dibawah 18 tahun atau belum dinyatakan dewasa secara hukum. Namun apabila salah satu dari mereka telah menginjak usia 18 tahun, tindakan yang dilakukan bukan lagi dikategorikan sebagai Cyberbullying tetapi sudah dianggap sebagai kerjahatan di dunia maya (cybercrime atau cyber harrasement).

Mengingat korban ataupun pelaku cyberbullying berusia begitu muda, tidak heran jika tindakan cyberbullying akan menimbulkan dampak yang begitu besar bagi pertumbuhan mereka, baik si korban ataupun si pelaku. Namun yang paling merasakan dampak negatif dari cyberbullying pastilah pihak si korban, karena ia akan mengingat secara jelas segala perlakuan buruk yang ia terima.
Lalu seberapa besar dampak yang ditimbulkan akibat Cyberbullying bagi para korban?

• Cyberbullying akan menghilangkan rasa kepercayaan diri dan merasa kecewa akan dirinya sendiri.

spoiler


• Korban Cyberbullying Tidak Memiliki Privasi.

spoiler


• Korban Cyberbullying akan merasa terisolasi hingga membuatnya semakin tertutup pada sekitar.

spoiler


• Korban Cyberbullying Akan Selalu Merasa Gelisah dan Paranoid.

spoiler


*Cyberbullying Bisa Berdampak Pada Kesehatan Korban.

spoiler



Korban bullying akan selalu merasa bahwa kebahagian begitu jauh darinya, ia berfikir bahwa tidak ada gunanya hidup jika terus merasakan intimidasi tiada henti. Jika ia sudah berada pada tahap begitu lelah, frustasi maka tidak menutup kemungkinan bunuh diri adalah jalan yang mereka pilih.

Ada banyak dampak yang ditimbulkan dari tindakan cyberbullying. Selain diatas dampak, cyberbullying juga bisa membuat seseorang menjadi lebih agresif, bertindak anarkis sebagai bentuk pelampiasan rasa frustasinya, menurunnya prestasi bahkan merubah pribadi seseorang .

Sumber dari blog ane

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Toast

6
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Lapor Hansip
11-01-2019 19:55
balas dong,balas pake karyaemoticon-Big Grin
1
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.