alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Lapor Hansip
08-01-2019 11:58
Larangan Nama Anak Kebarat - Baratan


Larangan Nama Anak Kebarat - Baratan

Apalah arti sebuah nama, yah pujangga yang berasal dari negara inggris pernah mengatakan What's in a name? That which we call a rose by any other name would smell as sweet. Apalah arti sebuah nama, jika namanya mawar diganti menjadi nama yang lain dia akan tetap mengeluarkan wangi yang harum.

Disalah satu kabupaten di jawa tengah yakni di kabupaten karanganyar, para wakil rakyatnya mungkin lebih mementingkan "sebuah nama" bagi manusia. Karena mereka beranggapan bahwa nama nama lokal dari daerah jawa sudah mulai menghilang. Sehingga mereka berencana untuk membentuk aturan agar orangtua harus memberi nama anaknya sesuai dengan kearifan lokal.

Larangan Nama Anak Kebarat - Baratan

Anggota DPRD beranggapan bahwa nama - nama jawa sudah banyak tergantikan oleh nama nama asing atau kebule bulean. Latar belakang yang seperti itu yang membuat anggota DPRD ingin mewacanakan untuk membuat perda dalam bidang pelestarian budaya dan kearifan lokal, agar orangtua harus memeberi nama sesuai dengan warisan nenek moyang daerah jawa.

Wah jika rancangan perundang undangan ini disahkan dan berubah menjadi perda kebayang sebuah nama bisa diatur oleh negara. Sebenarnya hak dalam pemberian nama lebih berhak kepada orangtua. Mungkin tujuannya baik untuk melestarikan nama - nama melestarikan marga yang pernah diwariskan oleh nenek moyang.

Larangan Nama Anak Kebarat - Baratan

Mungkin pepatah "apalah arti sebuah nama" ada benarnya juga. Alangkah baiknya dibanding hanya mengurusi sebuah nama alangkah lebih baiknya untuk mengubah akhlak, perilaku serta moral bagi anak - anak. Jika anak - anak sudah memiliki akhlak yang baik maka tentu akan membuat wilayah disekitar menjadi lebih baik.

Lebih baik jika peraturan mengenai pendidikan terhadap orang tua dalam mendidik anak di era yang serba modern ini agar orangtua bisa mengontrol anaknya di tengah zaman yang edan seperti saat ini.

Yah mau bagaimanapun juga itu adalah hak setiap orangtua dalam pemberian nama. Negara hendaknya mem fasilitasi dalam bidang pendidikan anak. Jika mau menerbitkan aturan mengenai kearifan lokal mungkin akan lebih bijak jika lebih kepada pelestarian budaya dan pengembangan daerah sehingga mempunyai potensi yang baik dibidang pariwisata maupun budaya.

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan

Tulisan : opini TS
Gambar google
Referensi : detik.com


10
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
09-01-2019 18:57
Ngasih nama anak adalah hak orangtua, maksudnya sih bagus buat ngelestarikan nama-nama jawa seperti Suparjo, Suparman, Karyo, Sukinem dll. tapi yang begituan seharusnya sebatas himbauan aja, nggak usah sampai bikin larangan emoticon-Hammer2

Lagian jarang banget ada pribumi yang ngasih nama anaknya full kebulean, pasti dicampur sama nama berbau lokal
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.