alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Lapor Hansip
04-01-2019 14:36
Sebelum Ada Tol Laut, Bagaimana Cara Angkut Sapi ke Jakarta?
Sebelum Ada Tol Laut, Bagaimana Cara Angkut Sapi ke Jakarta?


Program tol laut baru digagas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di tahun 2015 untuk mempermudah pengiriman komoditas termasuk ternak. Sebelum ada program ini bagaimana caranya mengangkut sapi ke Jakarta?

Menurut Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni, Ridwan Mandaliko dahulu pengiriman sapi dilakukan dengan menggunakna kapal kargo. Sehingga tidak ada fasilitas khusus untuk mengangkut sapi ke dalam kapal.

Bahkan, kata Ridwan, pengangkutan sapi menggunakan jaring. Kemudian untuk tempatnya hanya disekat menggunakan bambu dan tali.

"Kalau dulu, muatannya pakai kargo umum. Itu disekat-sekat pakai bambu, dan tali. Untuk menaikkan (sapi ke dalam kapal) pakai jaring," jelas dia.


Lebih lanjut, akibat fasilitas yang kurang akhirnya banyak ternak sapi yang stres. Alhasil, berat sapi ikut berkurang dan merugikan peternak.


"Sehingga sapi jadi stres dan bobotnya susut 22%. Itu kan merugikan peternak karena nanti hitungan jual berdasarkan berat," sambung dia.


Saat ini, kata Ridwan, pengiriman sapi menggunakan tol laut sudah lebih baik. Pasalnya, Pelni sendiri menggunakan kapal khusus ternak sehingga sapi tidak mengalami stres.


"Kalau sekarang itu kapal ada fasilitasnya. Jadi mereka parkir dekat pelabuhan dan sapi tinggal digiring masuk lewat lorong. Jadinya sapi hanya susut 5%, peternak dan petani pun tidak rugi," tutup dia.(zlf/zlf)



Sumur

Semoga next time agar lebih cepat bisa dinaikan ke pesawat saja. Semoga.
emoticon-Ngacir2
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.