News
Batal
KATEGORI
link has been copied
13
Lapor Hansip
02-01-2019 09:41

KLHK Gebuk Perusak Hutan Total Rp 18,3 Triliun!


Quote:Jakarta - Sepanjang tiga tahun lebih, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menang melawan perusak lingkungan di berbagai kasus. Total nilai kemenangan lewat putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap mencapai Rp 18,3 triliun.

Ujung tombak penegakan hukum itu dilakukan oleh Direktorat Jenderal Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Ditjen Gakkum KLHK) yang dibentuk pada 2015.

"Kami telah menyelesaikan 567 kasus pidana masuk ke pengadilan, 18 gugatan terhadap perusahaan (inkrah) dengan nilai Rp 18,3 triliun, dan 132 kesepakatan penyelesaian sengketa di luar pengadilan," kata Dirjen Gakkum Rasio Ridho Sani dalam siaran pers yang diterima detikcom, Rabu (2/1/2019).

Sepanjang 3,5 tahun, Ditjen Gakkum telah menangani 2.677 pengaduan, 3.135 pengawasan izin, dan menerbitkan 541 sanksi administrasi bagi usaha atau kegiatan yang melanggar perizinan dan peraturan perundangan bidang lingkungan dan kehutanan.

"Penegakan hukum lingkungan hidup dan kehutanan diharapkan berdampak pada kepatuhan warga negara, terutama pemilik izin usaha kehutanan atau usaha lainnya pada ketentuan peraturan lingkungan hidup. Ketegasan dalam penegakan hukum menunjukkan kewibawaan negara," kata Rasio Ridho Sani.

Keberhasilan Ditjen Gakkum saat ini karena dukungan yang kuat dari Presiden, DPR, dan Mahkamah Agung. Putusan perdata dari hakim agung dengan mengabulkan gugatan yang mencapai triliunan merupakan sejarah bagi bangsa Indonesia. 

"Kami sangat mengapresiasi putusan-putusan ini. Putusan ini akan memberikan efek jera bagi pelaku kejahatan lingkungan dan kehutanan," tandasnya.

Kemenangan terakhir adalah ketika KLHK memenangkan gugatan melawan PT National Sago Prima (NSP). Sebelumnya, PT NSP dimenangkan di tingkat banding. Tapi MA menjatuhkan hukuman kepada PT NSP.

"Kabul kasasi KLHK. Membebani biaya pemulihan/rehabilitasi dan menghukum pula perusahaan berupa ganti rugi. Pada pokoknya bahwa perusahaan harus bertanggung jawab atas kebakaran a quo sesuai dengan prinsip pertanggungjawaban mutlak (strict liability)," cetus juru bicara MA, Andi Samsan Nganro. 



SUMBER


ga heran kalo makin banyak pembenci jokowi emoticon-Big Grin

cuman di zaman ini keburukan bangsa ini keluar semua
mulai dari vigit sontoloyo, match fixing hingga semua buruk2nya keluar

KPK OTTnya semakin hari semakin 'menggila'


TAPI TENANG, disaat bangsa ini sedang ditata dengan baik oleh pak zoko ui
datanglah si ganteng wowok yang ingin membalikan Indonesia ke jaman dahulu kala
dimana zaman cukong cukong antek cina smua berkuasa (zaman soeharto)
KKN ingin di kembang biakkan lagi emoticon-Big Grin
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
KLHK Gebuk Perusak Hutan Total Rp 18,3 Triliun!
02-01-2019 10:27
Ga usah rasis bos.
Mau cina mau pribumi banyak yg kkn.
Diubah oleh vangoz
0 0
0
profile picture
kaskus maniac
02-01-2019 10:43
saya cinak

tapi lucu saja banyak pribumi idiot yang benci cinak tapi pendukungnya si wowok cinak

emoticon-Ngakak nasbung kuontol
1
profile picture
02-01-2019 16:23
KLHK Gebuk Perusak Hutan Total Rp 18,3 Triliun!
0
profile picture
02-01-2019 16:24
dopos
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia