alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Lapor Hansip
18-12-2018 15:34
Berada Dekat Bumi, Komet Super Terang Terlihat di Indonesia?
Berada Dekat Bumi, Komet Super Terang Terlihat di Indonesia?

Jakarta - Sebuah komet yang mendapat julukan 'Komet Natal' diketahui sedang berada di posisi terdekatnya terhadap Bumi dalam beberapa abad terakhir. Adalah Tony Farnham, peneliti dari University of Maryland, Amerika Serikat, yang menyadari kehadiran komet bernama asli 46P/Wirtanen itu.

Begitu dekatnya dengan Planet Biru ini bahkan membuatnya disebut sebagai satu dari 10 komet terdekat dengan Bumi dalam kurun waktu 70 tahun terakhir oleh NASA. Lebih spesialnya lagi, objek angkasa tersebut masih akan menampakkan dirinya di langit Bumi dalam waktu sepekan hingga dua pekan ke depan.

Lantas, apakah 'Komet Natal' ini bisa dilihat oleh masyarakat Indonesia di langit Tanah Air? Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, punya jawabannya.

"Masih terlihat, tetapi makin redup," ucapnya kepada detikINET lewat pesan singkat.

"Kemarin malam 16 Desember mencapai jarak terdekat dengan Bumi. Pada titik terdekat kemarin malam pun sangat redup, harus dilihat dengan teleskop," katanya menambahkan.

Thomas melanjutkan, hal ini berlaku untuk seluruh daerah di Indonesia tanpa terkecuali. Walau begitu, hal tersebut tak perlu disesali karena masih ada fenomena langit yang menarik untuk ditunggu tahun depan.

Pria yang kerap menulis di blog pribadinya ini mengatakan bakal ada Gerhana Matahari Cincin yang akan melewati Sumatera bagian Utara tahun depan. Fenomena tersebut disebutnya akan terjadi pada Desember 2019. (mon/fyk)

LINK
Wah komet natal. Kira-kira apakah ini kebetulan kah gan? emoticon-EEK!
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.