riceudukAvatar border
TS
riceuduk
Melihat Tipe-tipe Antagonis di dalam Game
Melihat Tipe-tipe Antagonis di dalam Game


Dalam setiap cerita pasti membutuhkan antagonis yang bagus, bukan? Apalah inti dari cerita tanpa ada konflik dan antagonis didalamnya?
Walaupun begitu, terkadang antagonis didalam game ini gak selamanya jahat sama sang protagonis. Mungkin saja para antagonis ini punya pandangan yang berbeda, atau mungkin apa yang mereka lakukan memang sesuai dengan tradisi mereka, atau juga mungkin demi kebaikan bersama.
Game, film, bahkan novel punya banyak antagonis yang cukup ambigu, setiap antagonis punya cerita mereka masing-masing, mereka punya motivasi mereka tersendiri. Nah, kali ini ane mau membahas tipe-tipe antagonis di game, mungkin ada yang ga kesebut, silahkan ditambahinemoticon-Big Grin

The Evil Antagonist


Antagonis yang satu ini udah bener-bener jahat, gak bisa diragukan lagi kalo memang jahat; dengan niat buat menyakiti manusia, atau dunia, atau juga punya niat untuk memenuhi keinginan jahatnya. Tipe antagonis seperti ini biasa ditemukan digenre-genre seperti fantasi, science fiction dan action-adventure, walaupun mereka masih punya kemungkinan untuk muncul digenre lainnya.
Biasanya antagonis yang jahat ini punya cerita dimana yang jahat melawan yang baik dengan sang protagonis sebagai pahlawan yang didambakan. Memang antagonis seperti ini udah banyak digunakan digame-game, tapi pas mengalahkan antagonis yang jahat ini rasanya satisfying dan pastinya lega setelah ngelawan mereka.
Contoh antagonis yang jahat ini bisa ditemukan di Final Fantasy VII, yaitu Sephiroth.

Ada yang terlahir jahat, sementara yang lain diciptakan


Gak semua antagonis itu terlahir sebagai orang jahat. Ada beberapa antagonis yang kurang beruntung untuk hidup dilingkungan yang kurang bersahabat, atau ada beberapa antagonis yang baru sadar origin mereka seperti apa, ataupun ada beberapa yang jadi jahat karena dorongan oleh sesuatu. Biasanya antagonis seperti ini juga sering ditemukan didalam cerita-cerita, kebanyakan karena dorongan lingkungan, atau balas dendam. Didalam banyaknya cerita, banyak antagonis yang terdorong menjadi jahat karena kerasnya kehidupan, dan salah satu antagonis ini ada Delilah Copperspoondari Dishonored 2.
Lahir dengan garis keturunan Kaldwin, sayangnya menjadi anak haram dari kaisar Euhorn Kaldwin. Terkadang Delilah bertanya kepada sang ayah untuk berpartisipasi di istana dengan harapan Delilah bisa menjadi putri, sayangnya harapan itu tidak pernah terjadi. Sampai suatu hari Delilah di fitnah oleh Jessamine Kaldwin karena sudah merusak barang berharga yang kemudian Delilah dan ibunya dikeluarkan dari Dunwall Tower. Karena dikeluarkan dari Tower, Delilah dan sang ibu harus berjuang untuk bertahan hidup dijalanan Dunwall yang kejam.

Organisasi Jahat


Terkadang sang protagonis gak selamanya punya konflik dengan satu individu, melainkan satu grup besar, seperti organisasi, atau pemerintahan.
Tipe-tipe Organisasi Jahat ini biasanya ingin menyakiti atau menindas sang protagonis, ntah secara langsung atau karena sang protagonis ini berasal dari grup atau organisasi yang berlawanan.
Terkadang ada beberapa game atau cerita yang memiliki Organisasi yang Jahat tapi tidak terlalu jahat, tapi tetap menjadi pemicu dari konflik dengan sang protagonis.
Umbrella Corp.atau Abstergo bisa jadi salah satu contoh untuk tipe Organisasi Jahat ini.

Terlihat Jahat diluar


Nah, tipe antagonis yang satu ini unik, tapi disaat yang bersamaan juga tragis. Mereka terlihat seperti orang jahat dari luar dan pastinya dicap jahat karena perbuatannya, namun sayangnya niat karakter satu ini hanya ingin melakukan kebaikan. Contoh dari karakter ini adalah The Bossdari Metal Gear Solid 3.
Sebelum melanjutkan membaca, ane mau memperingati kalo ini spoiler dari game Metal Gear Solid 3, jadi bacalah dengan hati-hati!

Spoiler for SPOILER:



Bagaimana Membuat Antagonis yang Menarik?


Lalu, gimana sih caranya membuat antagonis yang menarik dalam cerita ntah itu untuk game?
Diawali dengan sang karakter harus memiliki cerita latar belakang yang menarik, gak perlu yang berlebihan, cukup menarik. Dibuat dengan se-simple mungkin sehingga para penikmat cerita bisa mengerti dan merasakan latar belakang sang karakter ini.
Kemudian, merasakan diposisi sang karakter ini, dalam arti lain yaitu perspektif yang berbeda. Mengerti sang karakter antagonis ini sangat penting dalam membentuk karakter mereka sendiri. Bagaimana rasanya sebagai orang jahat, apa motivasinya. Ada banyak motivasi, walaupun terdengar aneh, yang penting masuk akal.
Selain itu bisa ditambah dengan sedikit plot twist untuk salah satu karakter antagonis ini. Misalnya, teman dari karakter protagonis ini tiba-tiba berkhianat dan jadi musuh bebuyutannya, dengan formula seperti ini bisa membuat hasil yang cukup besar dalam pembangunan karakter, mungkin saja bisa membuat sang protagonis memiliki trust issue karena sudah dikhianati.
Yang terakhir, visualatau design yang menonjol. Visual itu salah satu hal yang penting, didalam game tentunya kebanyakan orang-orang melihat dari penampilan mereka. Maka dari itu buat sang antagonis ini lebih menonjol dari karakter lainnya, buat mereka berebeda. Dengan design dan visual yang menarik bisa membuat karakter antagonis ini lebih diingat.

Sekian thread dari ane, mungkin ada yang kurang bisa ditambahkan, mohon maaf kalo ada salah penulisan.

Semoga dapat bermanfaatemoticon-Big Grin






1
6.1K
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
Games
icon
38.9KThread15.4KAnggota
Tampilkan semua post
blezzernetAvatar border
blezzernet
#51
Quote:


tetap saja ambigu bray... lawfull evil berarti penuh dengan keadilan yang jahat... namanya aja udah adil pasti konteksnya udah positif emoticon-Angkat Beer tapi ini dicampur dengan kata jahat...
0
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.