Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
110
Lapor Hansip
18-09-2018 17:52

Cara Mengurus SIM Internasional

Saya udah pengen bikin SIM Internasional ini beberapa tahun yang lalu, waktu berangkat ke Amerika. Tapi saya inget banget saat browsing di internet saat itu, kok persyaratan ribet suribet jaya dan lama banget proses pembuatan nya. Ngantri dari jam 8, selesainya sekitar jam 2 siang. Ada juga yang balik ke esokkan harinya. So males banget las bacanya. Dan saat itu saya juga masih baru2nya nyetir, jadinya agak keder juga kalau ditilang di Amerika, takut nanti malah dikimpoiin sama Pak Polisi New York nya #ngarep. So saya nggak jadi bikin SIM internasional saat itu.

Eh tapi baru2 ini pas ngobrol2 sama temen yang tinggal di Belanda, dia ngajakin keliling desa pake mobil dia yang sejenis truk dengan syarat "tapi elo yang nyetir ya Dee, gue males". Dan secara saya kan alumni supir antar kota asal daerah yang pernah uji coba nyetir Jakarta-Yogyakarta lewat jalur Pantura, saya iyain ajah...

Berdasarkan informasi resmi dari berbagai blog yang saya baca baru2 ini dan juga dari website resmi kepolisian, saya mempersiapkan dokumen2 dan melengkapi persyaratan yang diperlukan:
1. Passport asli dan photocopy nya
2. KTP asli dan photocopy nya
3. SIM asli dan photocopy nya.
4. Photo pake memeja dan blazer ukuran 4x6 sebanyak 3 pcs dengan latar belakang biru
5. Materei Rp 6,000.

So pertama2 saya ke Adorama Kemang untuk photo pake kemeja dan blazer. Agak drama karena ternyata pas udah siap photo, blazernya nggak muat karena ternyata saya bertambah gendut. Jadi saya harus tahan napas supaya blazernya bisa dikancingin. Jadi ngakak pas liat photo nya, senyum saya senyum garing antara nahan ketawa dan capek nahan napas. Bayar Rp 65,000 dan 30 menit kemudian photonya jadi dan bisa di ambil. Sampe sekarang saya masih kepikiran kenapa photo SIM itu pake baju resmi banget, macam orang mau ngelamar kerja. Padahal kan photo SIM mas dan mbak bule bule aja pake baju santai.

Selesai photo, saya kumpulin semua dokumen, asli dan copy. Karena hari Senen 17 September kantor saya libur dan saya bangun siang, so jam 10 pagi saya kesana pake gocar. Kenapa pake gocar? Karena hari ini tanggal ganjil dan mobil saya nomornya genap. So karena hobby saya nyasar, maka saya lebih milih naek transportasi online yang enggak pake mikir. Kenapa bagian ini aja sampe dibahas dan ditulis? Entahlah. Dan saya juga nggak ngerti kalian masih baca paragraph ini tanpa skip.

Anyway saya sampe sana jam 11 siang di saat matahari lagi terik2nya. Untung saya nggak bawa kendaraan karena ternyata kapasitas parkir disana dikit banget dan jalan ke Kolantas Polri nya masuk gang dimana akses menuju sana banyak mobil dan motor yg parkir di kanan kiri jalan.


Cara Mengurus SIM Internasional

Pas masuk ke lokasi "Pelayanan SIM Internasional", ambil nomor antrian di mesin luar dan masuk ke.ruangan ber AC. Di dalam sana udah ada 10 orang yang antri dan saya kebagian no antrian 37.

Cara Mengurus SIM Internasional  
 

Great! antri lama deh eikeh. Pikir saya sebel dan nyumpahin diri sendiri yang dateng kesiangan. Di sana saya lapor petugas, disuruh isi formulir (pertanyaan standard sebanyak 1 lembar halaman), siapin semua dokumen (and oh, copy passport, KTP dan SIM diminta digunting sesuai ukuran), abis itu tunggu giliran dipanggil nomornya.

Baru aja saya duduk dan buka novel sambil nunggu giliran, eh tau2 udah dipanggil aja no.37. Agak2 kaget sih, kok nggak pake nunggu?

Kemudian saya duduk di depan ibu polisi dan dilihat semua dokumen nya, di suruh tempel materei Rp 6,000 di formulir yang udah di isi tadi, tanda tangan. Terus di tanya2 dikit mau nyetir di negara mana aja dan jenis mobil ya apa, saya bilang saya mau nyetir mobil sejenis pick up (truck).

Cara Mengurus SIM Internasional

Kemudian saya dikasih kwitasi buat bayar SIM nya. Semua dokumen copy di ambil tapi semua dokumen asli dikembalikan ke saya lagi dan disuruh ke kasir. Lalu saya duduk dan antri bayar , eh baru dua kali napas udah dipanggil lagi nomornya. Saya bayar ke kasir di ruangan yang sama, Rp 250,000 biaya buat SIM baru.


Cara Mengurus SIM Internasional

Terus abis itu disuruh duduk lagi, dan ngobrol sama mas2 cakep yang mau ke Amerika (sayangnya kita enggak tukeran no hape seperti cerita2 indah yang ada di sinetron), dan sekitar 2 menit kemudian dipanggil lagi ke meja sebelah.

Cara Mengurus SIM Internasional

Di meja ini pak Polisi yang bertugas disana ngeliatin data kita di komputer dan meminta kota verifikasi data sebelum SIM nya di print - untuk melihat apakah data2 tersebut udah bener (ejaan nama lengkap sesuai passport, tempat dan tanggal lahir dll dsb), kalau udah, kita di photo di tempat saat itu juga pake kamera Pak Polisi, kemudian di ambil sidik jari nya (hanya jempol kiri dan kanan aja) and tadaaaaaa, SIM nya jadi dan langsung di kasih ke kita.


Cara Mengurus SIM Internasional


Saya sampe shyooookk, kaget dan terharu
Dari saya isi formulir, bayar dan ambil SIM internasional, prosesnya hanya 5 menit aja loohh! 5 MENIT SELESAI !!! Sumpah! Dan SIM nya berlaku 3 tahun aja doooong. Yang bikin geli, SKM saya berlaku enggak hanya untuk bawa mobil roda 4 biasa, tapi sekalian du approve untuk bawa truk !!! Hahaha.
Yessss. Kalau suatu saat saya jobless, bisa ngelamar jadi supir di negara orang.

It is a very impressing experience. Terima kasih Kepolisian Republik Indonesia, you make life and things easier these days...enggak pake calo, enggak pake ribet, enggak pake lama dan saya bahagiaaaa!


Cara Mengurus SIM Internasional

Owkay bagi yang mau bikin SIM Internasional juga, beberapa notes, tips and lesson learned:

1. Siapin semua dokumen asli dan copy dokumen2 yang diminta tadi (baca lagi ke atas persyaratan nya)
2. Jangan lupa bawa/beli materei Rp 6,000
3. Ukuran dokumen harus sesuai dengan aslinya (jangan kegedean atau kekecilan). Kalau enggak, nanti disuruh balik lagi.
4. Bawa pulpen sendiri untuk isi formulir.
5. Nggak perlu dateng pagi2 karena siang2 aja cepet kok urusannya.
6. Nggak perlu bawa mobil kesananya, kecuali rela dan pasrah nunggu ada mibil yang keluar.
7. Alamat hotel/penginapan di negara tujuan dimana kamu akan tinggal disiapin dulu, karena diminta sama mereka di forlmulir yang di isi. Saya pake alamat temen saya yang di Leiden karena mau nyetirnya disana. Tapi mereka enggak check. Itu cuma formalitas aja.
8. Nggak usah halu kalau Polisi New York bakalan ngawinin elo. Wake up! Helloooww?!













profile-picture
tata604 memberi reputasi
18
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Cara Mengurus SIM Internasional
03-12-2018 18:53
Naise inpoh emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Cerita Pejalan Domestik
Selera Nusantara (Indonesian Food)
jajanan-ciri-khas-sunda-asli-gansist-harus-coba
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia