News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
118
Lapor Hansip
06-11-2018 22:40

Mahasiswi UGM Diduga Diperkosa Saat KKN, Ini Jawaban Kampus

Quote:
Mahasiswi UGM Diduga Diperkosa Saat KKN, Ini Jawaban Kampus

Solopos.com, JOGJA -- Dugaan kasus pemerkosaan seorang mahasiswi UGM oleh sesama mahasiswa saat kuliah kerja nyata (KKN) di Maluku kini menyeruak. Peristiwa itu kabarnya sudah menjadi perbincangan sejak Desember 2017 lalu, namun baru mengemuka ke publik setelah Balairung Press, lembaga pers kampus UGM, memberitakannya.

Laporan itu berjudul Nalar Pincang UGM atas Kasus Perkosaan yang terbit di laman balairungpress.com pada Senin (5/11/2018). Di situ disebutkan bahwa mahasiswi tersebut mengalami kekerasan seksual di lokasi KKN mahasiswa UGM di Maluku.

Dalam laporan itu, Balairung Press mengungkapkan pernyataan pejabat Departemen Pengabdian kepada Masyarakat (DPKM) yang mengakui adanya kejadian itu. Mereka juga telah bertemu dengan mahasiswi yang menjadi korban kasus itu. Berdasarkan pengakuan korban, peristiwa itu terjadi pada 30 Juni 2017 dan pelakunya adalah mahasiswa berinisial HS.
Mahasiswi UGM Diduga Diperkosa Saat KKN, Ini Jawaban Kampus

Meski akhirnya korban melaporkan peristiwa itu, pelaku tak kunjung mendapatkan sanksi, bahkan korban justru mendapatkan nilai C untuk mata kuliah KKN tersebut. Korban pun meminta keadilan dan meminta pelaku mendapatkan sanksi atas perbuatannya.

Dalam perkembangan terakhir, Balairung melaporkan bahwa Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat menyebut laporan korban telah diproses dan selesai. Namun, belum ada kabar mengenai sanksi kepada pelaku.

Menanggapi laporan Balairung tersebut, Kepala Humas dan Protokol UGM, Iva Aryani, menegaskan bakal menyelesaikan kasus tersebut. Selain itu, UGM juga akan memberikan perlindungan kepada penyintas.

“Itu kasus 2017, saat ini sebagai salah satu upaya untuk menyelesaikan pesoalan ini,UGM telah dan terus mengupayakan agar penyintas mendapat perlindungan,’’ kata Iva Ariani via WhatsApp, Selasa (6/11/2018), dilansir Suara.com.

Iva juga menjelaskan, UGM sebenarnay telah membentuk tim investigasi untuk mengusut skandal tersebut. Tim itu juga sudah memberikan rekomendasi dan juga telah diikuti oleh UGM.

Salah satu rekomendasinya adalah, mengganti nilai KKN korban yang awalnya C menjadi A/B. Tak hanya itu, pelaku juga diberikan sanksi.

Namun, Iva berjanji UGM tak berhenti setelah menjatuhkan sanksi terhadap pelaku. ”Kami akan membawa kasus ini ke ranah hukum, diproses pihak kepolisian,” tukasnya.

http://news.solopos.com/read/2018110...jawaban-kampus


Karena kita tidak bisa berharap kepada pihak kampus untuk memberi sanksi yang tegas, setidaknya kita bisa kasih sanksi sosial. Saat korban melapor, malah disalahkan & diberi NILAI C!. Boro2 di-DO, pelakunya malah mau diwisuda bulan depan. Ini wajah si cabul, sebarkan!
Mahasiswi UGM Diduga Diperkosa Saat KKN, Ini Jawaban Kampus

Jangan lupa tandatangani petisinya
https://www.change.org/p/usut-tuntas...kosaan-kkn-ugm
Diubah oleh stealth.mode
8
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
26.8K Anggota • 646K Threads
Mahasiswi UGM Diduga Diperkosa Saat KKN, Ini Jawaban Kampus
10-11-2018 18:40
Menurut ane sih banyak kejanggalan dari sisi cerita korbannya.

Ada keanehan dalam cerita Agni. Dari cerita Agni dia pergi sendiri ke pondok temannya, biasanya cewek waktu KKN kalau pergi selalu barengan dengan temannya. Apalagi dia pergi malam hari, cewek umumnya penakut dan tidak berani pergi sendirian malam-malam. Apalagi mereka sebagai pendatang di daerah asing.

Agni dalam ceritanya menginap di pondokan laki-laki dengan tujuan mencari teman untuk pulang balik kepondokannya. Tetapi tiba-tiba hujan, jadi dia ngga pulang. Tetapi diceritanya dia malah mengobrol lama dengan pemuda desa dan dua orang teman subunit agni tersebut (sekalian menunggu hujan reda mungkin). Dan diceritanya pemuda desa tersebut pulang kerumahnya, dan tidak diceritakan tentang dua orang teman subunit nya apakah dia juga pulang? Lalu kenapa agni tidak ikut pulang?malah lebih memilih berduaan dengan HS.

Keanehan lainnya, kenapa dalam satu pondok rumah hanya ada satu orang laki2 yang bernama HS. Kenapa ngga ada teman unit yang lain?

Keanehan lainnya yaitu Agni bilang kalau alasan dia tidak pulang karena dia takut rumah sudah dikunci. kenapa teman-teman Unit tidak ada yang mencari si Agni, bayangkan teman KKN cewek sudah tengah malam dan belum pulang. Pasti pada khawatir dan mencari, kecuali kalau teman Agni sudah diberitahu sama dia, kalau dia nginap di pondok HS.

Menurut dugaan ane mereka berdua sebetulnya suka sama suka. Karena ketika KKN itu dua orang yang tidak saling kenal, seharusnya mereka canggung saat menginap satu kamar. Si Agni nyaman ngobrol hingga tengah malam, dan tidak mau pulang ke pondokannya sendiri walaupun sudah tengah malam. Tidak mungkin seorang cewek dan cowok yang baru kenal, mau tidur bareng satu kamar, kecuali mereka ada saling rasa.

Gue waktu KKN cewek dan cowok tidur satu rumah ngga ada kejadian apa2, karena gue bukan cowok dengan otak cabul.

Yang salah lebih ke arah cowoknya,bisa saja si HS ini manipulatif dan menyuruh si Agni tidur satu kamar saja sama dia. Si HS ini bajingan, karena kalau seorang laki-laki yang gentle pasti tidur di luar, dan mempersilahkan cewek tidur dikamar.
HS ini laki-laki yang sangean, dan si cewek terlalu polos. HS pasti dalam hati sudah berpikir kalau si Agni bisa dia cabuli malam itu, karena dia mendapat kesempatan bisa tidur satu kamar. HS sebagai laki2 sange langsung mencabuli saat Agni sedang tidur walau sekedar grepe2 dan belum melakukan hubungan seks. Agni awalnya diam saja saat masih di grepe2, tetapi saat HS pegang kemaluannya dia langsung marah. Dan si HS langsung stop, dan tidak melanjutkan tindakannya lagi, mungkin sadar kalau si Agni ini bukan cewek gampangan. HS ini diibaratkan bajingan yang tukang sange, dia baru kenal sama cewek, walaupun mereka mungkin saling suka, tetapi dia berani melecehkan cewek itu.

Seharusnya sebagai mahasiswa berpikir saat KKN menjaga nama baik kampus dan diri sendiri. Walaupun jika si HS ini tidak berbuat cabul, tetap saja perilaku mereka salah. Apakata warga atau pemilik pondokan kalau ketahuan cewek sama cowok tidur satu kamar (walaupun ngga ngapa-ngapain). Bisa saja warga memergoki dan menuduh mereka sedang macam-macam.

Mereka berdua sama-sama salah karena sudah melanggar norma saat kkn. Si Agni seharusnya punya kaca. Dia malah protes saat dapat nilai c saat KKN, padahal dia sudah melanggar peraturan saat KKN. Yaitu menginap di pondokan lain dan tidur satu kamar dengan laki2.
Dan si HS ini cocoknya di skors atau dikeluarkan dari kampus. Karena si HS ini yang punya otak cabul. Semoga Mbak Agni ini dapat keadilannya, karena penjahat kelamin seperti HS ini seharusnya dapat hukuman yang berat dari kampus. Tetapi kampus malah menutup-nutupi kejadian ini, dan tidak menghukum HS dengan adil.


2 0
2
profile picture
newbie
10-11-2018 23:24


ane sependapat sih bagian seharusnya mereka ga tidur satu kamar berdua. Ane juga pernah kkn di desa orang, cewek kalopun ke rumah cowok ya siang2 dan gak sendiri. Kalopun cowok nginep di pondokan cewek tidurnya di luar kamar dan ga mungkin banget kita tidur sekamar berdua cewek cowok kalo ga diamuk warga emoticon-Hammer
(Meskipun ini bukan berarti pembenaran bagi si hs buat ngelakuin hal cabul itu ya, mau di bumi tinggal mereka berdua pun tetep kalo si cewek ga menghendaki ya jangan dilakukan, apalagi si cewek temen sendiri, miris!!)

jangan dibiasain juga lah dianggap wajar kalo cewek nginep berdua sama cowok meski cuma temen atopun kepaksa !!! Ane masuk kostan lawan jenis siang2 aja ga berani loh kalo cuma berdua. Gak ada salahnya toh dengerin kata orang tua.
0
profile picture
kaskus holic
11-11-2018 10:17
kebanyakan ngebokep lo bro jadinya liar khayalan lo emoticon-Big Grin

apapun keanehan dari kasus ini tidak berarti HS punya alibi untuk cabul
klo ente berpikiran demikian, maka ente sama dengan pihak UGM
yg nganggap korban adalah ikan asin yg mancing2

klo emang suka suka yg ada mereka udah ngewwek bro emoticon-Big Grin
dan klopun memang ada rasa pasti sudah dikonfirmasi HS
nah ini kan digerayani pas lagi tidur artinya gak ada perlawanan dan cuma sepihak
0
profile picture
kaskus geek
11-11-2018 19:32
Beberapa temen Ane, cewek2 neh malah lebih kejam lah Gan, mereka malah menduga kalo nih cewek ngejebak si cowok. Dia ngejar si cowok, tapi cow nya gak mau. Saat cowok masuk jebakan Batman, si cewek minta serius, cowok nya ogah. Sii cewk ngancam akan menghancurkan masa depan cowok. Dia akan di DO... kagak bisa dapet kerja bla-bla
Maka bergulir lah kisah di dalam kamar yg hanya mereka berdua dan Tuhan yg tau apa yg sebenarnya terjadi, kemana2.

Dan fakta nya sampe sekarang memang hanya dari keterangan si cewek yg kita tahu. Versi si cowok, temen 2 KKN. Penduduk desa dan pemilik pondokan (yg selama KKN bertindak sebagai ortu,) belum kita dapat kan.

Jadi kalo bagi Ane belum jelas siapa yg harus bertanggung jawab, karena secaranya kedua-duanya salah. Dengan derajat kesalahan yg berbeda tentunya,tapi siapa yg paling salah, entahlah belum bisa nilai karena belum lengkap informasinya
1
Memuat data ...
1 - 3 dari 3 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia