TS
shandians
Tetap Eksis Dengan Motor Jaman Old #AslinyaLo


Halo gansis, bertepatan dengan event COC Forum Otomotif ini saya bermaksud ikut meramaikan dengan mengulas salah satu koleksi motor jadul saya (lebih tepatnya koleksi Ayah saya sih) yaitu Honda GL Pro Neotech. Langsung saja ya..

GL Pro Neotech merupakan motor keluaran tahun 1995 sampai dengan 1999. Setelah itu produksi motor ini berhenti dan digantikan dengan Honda Mega Pro. Motor ini termasuk salah satu jajaran ‘motor tua’ dan merupakan generasi ketiga dari GL Series. Spesifikasi motor ini bisa dilihat di bawah ini
Spoiler for Spec GL Pro Neotech:
Desain GL Pro Neotech ini sendiri masih mirip dengan GL Pro Series dan GL Pro Black Engine yang tetap membawa ciri khas Honda GL yang memiliki desain lurus dan kotak. Honda GL Pro Neotech telah memakai mesin 4-stroke/4 tak yang menjadikan motor ini ramah lingkungan dibandingkan kebanyakan motor tua yang masih memakai mesin 2-stroke/2tak. Dengan mesin berkapasitas 156,7cc menjadikan motor ini lebih bertenaga walaupun sebenarnya tenaganya mengalami penurunan dibandingkan dengan seri GL Pro Black Engine. Namun yang jadi kelebihan motor ini yaitu lebih irit bahan bakar dibandingkan dua pendahulunya.
Yang menjadi kekurangan adalah minimnya fitur pada motor ini seperti misalnya tidak ada electric starter jadi harus digenjot dulu untuk menghidupkan mesinnya. Namun hal ini bisa dimaklumi jika melihat tahun produksinya. Kebetulan kepunyaan saya ini keluaran tahun 1997 dan keadaannya masih standar bawaan pabrik tanpa polesan modifikasi.
Spoiler for penampakan:
Spoiler for penampakan:
Spoiler for penampakan:
Spoiler for mesin:
Merawat ‘motor tua’ itu gampang-gampang susah namun kalau sudah terlanjur senang ya apapun akan dilakukan. Berikut beberapa langkah melakukan perawatan ‘motor tua’ versi saya sendiri.
- Yang utama yaitu selalu cek rutin bagian kelistrikan. Listrik ini penting untuk menyalakan atau menghubungkan berbagai komponen agar motor dapat melaju. Harus dipastikan kabel utama motor masih layak pakai, karena pada ‘motor tua’ biasanya kabel mudah rusak karena faktor umur. Kabel harus dalam keadaan baik atau tidak pernah terbakar. Jika rusak ya harus diganti.
- Selanjutnya perhatikan kondisi body motor. Tangki bahan bakar motor harus dipastikan tidak bocor atau tidak keropos. Jok motor juga perlu diperhatikan agar posisi kita nyaman saat berkendara. Selanjutnya ban juga perlu diperhatikan, jika sudah ‘gundul’ harap segera diganti.
- Hal yang tak kalah penting yaitu surat-surat motor. Banyak sekali dijumpai motor tua tidak lengkap atau mati perihal pajaknya. Sebagai pengendara yang baik, surat yang lengkap itu wajib ada dan dibawa saat gansis berkendara di jalan. Jangan sampai kena tilang karena surat-surat tidak lengkap.
- Terakhir yaitu melakukan perawatan umum yang sifatnya rutin agar kondisi motor dan mesin selalu dalam keadaan baik. Lebih detailnya mengenai perawatan umum apa saja yang perlu dilakukan bisa dilihat di bawah ini.

Untuk perawatan rutin hal yang perlu diperhatikan adalah sbb:
Cek Busi
Cek busi pada motor apakah masih layak pakai atau tidak, jika tidak layak pakai segera ganti baru.
Bersihkan Filter Karburator & Karburator
Bersihkan filter karburator menggunakan bensin lalu jangan lupa bersihkan juga karburatornya dan setel anginnya secara tepat.
Cek Setelan Rantai dan Gir
Jangan biarkan rantai motor kendor atau terlalu kencang untuk menghindari rantai putus. Kemudian kalau rantai kering segera lumasi rantai motor dengan chainspray (jangan menggunakan oli karena malah akan membuat debu menempel pada rantai dan menyebabkan rantai cepat kotor). Untuk penggantian rantai biasanya kalau sudah mencapai 25 – 35 ribu km.
Cek Aki
Cek aki secara berkala agar sistem kelistrikan pada motor berfungsi normal.
Gunakan Suku Cadang asli
Suku cadang asli selain lebih awet dan nyaman, barangnya pasti berkualitas.
Ganti Oli Mesin Secara Rutin
Dalam mengganti oli motor, yang perlu diperhatikan adalah jarak tempuh motor. Pada umumnya untuk petunjuk pemakaian biasanya 1500/km-4000/km perlu ganti oli mesin.
Panaskan Mesin Motor
Panaskan terlebih dahulu mesin motor sebelum digunakan untuk berkendara, hal ini bertujuan agar oli pada mesin melumasi seluruh komponen di dalam mesin. Untuk memanasi motor cukup 1-2 menit saja.
Cuci Motor Bila Dirasa Perlu
Selalu jaga kebersihan motor kalian karena berbagai macam debu, air dan lain sebagainya menempel pada motor. Jika tidak dibersihkan maka berpotensi membuat karat. Kalau sempat, biasakan tiap hari mengelap motor dengan kain halus agar motor terlihat bersih. Jika dirasa sudah terlalu kotor dan tidak bisa dibersihkan hanya dengan kain lap, barulah cuci motor kesayangan kalian.
Menggunakan ‘motor tua’ dan merawatnya memang ada suka dukanya. Sukanya yaitu motor kita unik dan kadang menarik perhatian. Dukanya adalah ketika motor tuanya mogok di tengah jalan haha..
Cukup sekian thread dari saya, mohon maaf bila banyak kekurangan. Terima kasih.
:terimakasih:terimakasih:terimakasih
---------------------------------
sumber : pemikiran pribadi
gambar : doc. pribadi
referensi : disini
1
17K
129
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
28.4KThread•23.9KAnggota
Tampilkan semua post
Afifalfarisi
#118


Motor saya 13 tahun yg lalu Megapro gen1 produksi terakhir (2005) CW,
Sudah lama dijual dalam kondisi sangat mulus full body baru,
Specs penggantian part :
- Noken as Tiger
- Pilot Jet Main Jet sudah diganti lupa ukuran dan karbu sudah tanpa filter
- Pipa knalpot yoshimura, end mufler pakai punya satria FU 150 gen 1
- Pengapian, koil kitaco orange, chop busi lupa, busi pakai splitfire platinum 3 titik
- Oil cooler custom
Spec penggantian body part dan kaki-kaki
- shourd tiger 2000 dudukan custom
- jok sudah custom di tmp modifikasi ternama lupa namanya
- reflector headlamp crystal ori tiger
- visor plus dudukan visor ori tiger revo
- suspensi belakang yss up side down
- cakram depan aftermarket ukuran lebih besar
- tutup mesin custom
- spion tiger revo
- beberapa perintilan yg bawaannya masih silver di cat hitam doff
- decals ganti total mengikuti saudara big bikenya (hornet 600) dengan body full baru ganti total (body dengan decal std dismpan)
- ban fdr lupa type nya tapi sudah tubless depan 90/80 belakang 110/80
- stang Ninja S
Hasil
Std top speed 120-125, setelah modifikasi 130-138, limiter naik 12.500rpm, akselerasi membaik
motor dijual tahun 2009
Diubah oleh Afifalfarisi 07-11-2018 09:03
1
Tutup




