Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
133
Lapor Hansip
18-09-2013 21:33

[SHARE] Tips untuk penderita Psoriasis!

Quote:Psoriasis adalah sebuah penyakit kelainan kekebalan tubuh terhadap kulit. Penyakit ini biasanya di derita seumur hidup.
Masih belum terdapat obat untuk penyembuhan totalnya, tapi berbagai perawatan bisa membantu untuk mengontrol
gejala-gejalanya.
Psoriasis terjadi ketika Sistem kekebalan tubuh salah menanggap kulit normal sebagai sebuah penyakit kulit(patogen),
dan kemudian mengirim sinyal salah yang menyebabkan pergantian sel kulit baru yang berlebihan.
Penyakit ini tidak menular.
Psoriasis ialah sejenis penyakit kulit yang penderita nya mengalami proses pergantian kulit yang terlalu cepat. Kemunculan penyakit ini terkadang untuk jangka waktu lama atau timbul/hilang, penyakit ini secara klinis sifatnya tidak mengancam jiwa, tidak menular tetapi karena timbulnya dapat terjadi pada bagian tubuh mana saja sehingga dapat menurunkan kualitas hidup serta menggangu kekuatkan mental seseorang bila tidak dirawat dengan baik.
Berbeda dengan pergantian kulit pada manusia normal yang biasanya berlangsung selama tiga sampai empat minggu, proses pergantian kulit pada penderita psoriasis berlangsung secara cepat yaitu sekitar 2–4 hari, (bahkan bisa terjadi lebih cepat) pergantian sel kulit yang banyak dan menebal.
Sampai saat ini penyakit Psoriasis belum diketahui penyebabnya secara pasti, sehingga belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan secara total penyakit Psoriasis.
namun penderita Psoriasis suatu saat dapat menjadi mulus karena siklus kekacauan pergiliran sel kulit ini kadang-kadang menjadi normal atau dapat di atasi dengan obat; masa ini dikenal sebagai masa remisi. Untuk mencapai keadaan remisi itu diperlukan kerjasama yang baik antara pasien dengan dokter yang merawat.

Psoriasis belum dapat disembuhkan artinya belum ada penderita yang 100% terbebas dari penyakit ini , pengobatan yang ada hanya untuk menekan gejala Psoriasis ini, memperbaiki keadaan kulit, mengurangi rasa gatalnya. Penderita Psoriasis tidak bisa berhenti dari pengobatan, ada pengobatan lanjutan sebagai pemeliharaan yang diberikan dalam jangka waktu lama untuk mempertahankan kondisi dan juga untuk mengontrol timbulnya kelainan kulit yang baru.

Source: mbah guugle

[SHARE] Tips untuk penderita Psoriasis!
atau lebih lengkapnya disini

Sebelum ane mulai ane tekankan untuk membaca yang BOLD jadi lebih paham ^^
Sebenarnya ini lebih mengarah ke pengalaman ane sebagai salah satu dari orang khusus yang di tunjukin yang di atas juga.. emoticon-Cool:semangat:

Pertanyaan: Gara2 apa sih penyakit itu?
Jawaban ane: itu masih yang atas doang yang tahu.. Yang pasti kita hanya bisa menjalani saja.

Pertanyaan: Kenapa "Kita"?
Jawaban ane: Soalnya ane juga penderita Psoriasis, dan sampe sekarang lom sembuh total, tapi pernah ngerasain yang namanya masa Remisi emoticon-Wink

Pertanyaan: Cara tahu itu psoriasis gimana?
Jawaban ane: Pelajari dirimu sendiri! Liat penyakit kulitnya! cari di internet! Kurang yakin segera ke dokter specialis kulit.

Pertanyaan: Agan sendiri pernah ke dokter?
Jawaban ane: Yup sekali ke dokter Umum.. Itupun di paksa orang tua.. secara PSO(psoriasis)ane pada saat itu udah menjalar parah. Tapi sebenarnya ane udah
ada cara-cara untuk mencapai masa-masa Remisinya emoticon-Hammeremoticon-Blue Guy Bata (S): sebelum di paksa pergi kesana, jadi ane sekitar dua hari sebelum di paksa pergi, sudah lagi mencoba menerapkannya. tapi
apa daya diriku sebagai seorang anak yang di sayang sekali oleh orang tuanya :dansa: (tapi kalo dugaan ane sih sebenarnya ortu ane takut ane kena HIV :tabokemoticon-Smilie

Pertanyaan: Loh berarti agan pernah parah juga?
Jawaban ane: Yup, karena masih belum mengenal diri gan, dan masih sangsi ingin ke dokter specialist kulit yang secara ane anti banget ketemu dokter >.<.

Pertanyaan: Lalu ane bisa tahu itu PSO gimana?
Jawaban ane: Kayak tadi di bilang gan! Pelajari dirimu sendiri(tapi jeleknya ane tahu setelah parah dulu :tabokemoticon-Smilie cari tahu informasi di "MBAH GUUUGLE".

Pertanyaan: btw kok bisa mikir HIV gan?
Jawaban ane: Ente lagi baca di forum apa ini ane berbagi cerita? emoticon-Embarrassment lagian memang bercak-bercaknya kayak penyakit kotor tidak jelas gitu(budukan).

Pertanyaan: Lalu apa kata dokter gan?
Jawaban ane: dokter Umum gan.. Ya ragu-ragu kena penyakit apa.. Sampe ane kasih liat bagian daerah selangkangan ane, dia tetap bingung. terakhir ane ceplosin aja, Dok pernah denger Psoriasis?
dokternya langsung bilang "Hmm kayaknya kamu sebaiknya di cek darahnya atau ke dokter spesialist kulit" (mampus deh dalam hati ane, mau biaya berapa lagi nih?) Terus ane tekanin bahwa ini sudah pasti psoriasis, tapi dokternya tetap mengatakan, "memang sih kayak psoriasis tapi sebaiknya kamu periksa lebih jelas lagi saja" (dalam hati ane, ya mau gimana lagi, dokter umum sih..) terus ane tanya "dok penyakit ini tidak bisa sembuhkan dok?" Dokternya dengan sok kedokteran menjawab "Bisa kok itu hanya penyakit kulit saja" (dalam hati ane.. ah cacad dah nih dokter.. sotoy juga rupanya..) dia balik ke meja sambil bikin resep anti gatel sama salep.. ane dalam hati udah galau aja di buat dokter sama ortu ane yang ceriwis percaya sama dokternya ketimbang informasi yang ane dapet di Mbah Guugle..
tapi untungnya ada suster baik hati dan bohay bisikin ane.. "Mas jangan takut mas, saudara saya juga punya penyakit kayak mas, itu gak berbahaya kok yang penting perawatannya saja" langsung ane suruh suster itu kasih tau
kek ortu ane.. tapi susternya bilang takut di marahin dokternya.. emoticon-Hammer yah udah ane SSI minta Nocannya.. emoticon-Embarrassment begitu di kasih langsung ane bilang ke dokternya, "Dok udah dok, saya minta resep tablet buat anti gatel aja salepnya saya nanti coba minta sama specialist saja" (SSI buat ortu percaya emoticon-Blue Guy Bata (S)emoticon-Smilie begitu keluar rsnya langsung ane telepon tuh sushaynya(suster bohay) "Suss ini saya yang tadi suss, tolong bantuin sedikit ya jelasin ke ortu saya
tentang penyakit saya ini" susternya bilang "bentar mas saya minta ijin ke WC dulu ke dokternya" sempet kepikiran sejenak nih sushay kok baek amat yah..emoticon-Embarrassment begitu sudah di jelasin ane langsung bilang ke sushaynya "Wah terima kasih banyak sekali nih suster, andai penyakitnya bukan penyakit lain yang harus opname, mau deh aku..." errr sisanya dah OOT! next question please.. emoticon-Cool

Pertanyaan: Terus apa yang agan lakukan untuk mencapai remisinya gan? Dan berapa lama tuh?
Jawaban ane: Langsung ane jelasin ke ortu ane kalau mereka itu gak usah khawatir lagi, dan yang paling penting dari penyakit ini sebenarnya adalah "NO STRESS!" dan mindset harus benar. Jaga makanan yang kamu makan! Liat 8 jenis makanan/pangan yang di larang bagi seorang PSO! Gatel? Jangan garuk! Elus aja pake tissue halus atau kapas. Penampilan jadi jelek? CUEK! toh entar remisi ilang semua! paling sisa noda sedikit hitam(hampir tidak terlihat) bekas luka garuk yang pernah ente buat. Jangan di pikiran! Anggap itu bagian tubuh dari yang atas, sama seperti kelingking kaki ente yang sudah pasti jarang sekali ente perhatikan. maka masa remisi cuman butuh 2 minggu paling lama sebenarnya kalo ane lebih cepet sekitar 5-8 hari lupa.. soalnya ane bener-bener gak perhatiin lagi, cuman jaga makanan aja.

Pertanyaan: Wah ada 8 larangan makanannya apa aja gan?
Jawaban ane: 1. Alkohol, 2. Gluten(zat perekat atau sejenis tepung), 3. Susu sapi(keju/mentega sama aja), 4. Daging merah(Lemak merah! Bukan putih)
5. Junk foods(hamburger, makanan kaleng, gorengan), 6. Tanaman Solanaceae (Nightshade plants) contoh: Terong, tembakau, kentang, tomat etc. 7. Citrus fruits(buah jeruk) contoh: Anggur, jeruk lemon, jeruk, etc,
8. Bumbu rempah-rempah contoh: kari, belacan, etc.

Pertanyaan: Eh busyet! Makan apaan donk?
Jawaban ane: Awalnya nubie juga bingung, tapi setelah nubie bisik mbah Guugle "good diets for psoriasis" jreng-jreng di kasih liat makanannya apa aja!

Pertanyaan: :galau: hampir semua kesukaan ane di larang..
Jawaban ane: Kalau menurut ane, gpp lah siksa lidah, amandel, perut ente dua minggu buat liat hasilnya, seminggu kalau ane, ente mungkin aja lebih alot 1 bln atau 6 bulan, tapi ane jamin dari waktu ke waktu jika mindset dan makanan/pangan di jaga terlihat perubahannya dalam 1 minggu, PSO itu bersifat memburuk tapi kalau melakukan semua itu menjadi membaik! Dan jangan lupa, Mindset Mindset Mindset! Jangan pikirin penyakitnya anggap saja itu bagian tubuh kamu seperti kelingking kaki kamu! Nah terus yang penting remisinya bisa di raih dulu. Baru deh mau makan apa aja SIKAT!(dengan catatan pasti kumat lagi, tapi np tinggal ulangin aja lagi ^^) maka masalah beres. (NB: saat ini nubie lagi stress karena suatu masalah jadi lumayan banyak bermunculan lagi. Mau gak mau nunggu selesain dulu masalahnya baru start Loopnya lagi, bisa dilema juga.. Stress itu harus merasakan semua hal enak buat gak terlalu berat stressnya, jadi tunggu masalah selesai, berarti gak ada beban stress lagi = gak usah makan enak2 juga gak apa apa soalnya mindset udah pernah rasain remisi itu gimana dan bagaimana cara terbaiknya emoticon-Winkemoticon-Cool)

Pertanyaan: Itu dia gan kalo gini jadinya Dilema..
Jawaban ane: Kalo gitu jangan terlena-lena oleh hal itu! Cepat selesaikan masalahnya, win win atau bahkan losing! yang penting bukan beban pikiran lagi, jadi bisa lebih fokus kerja sambil lupain kalo PSO itu menyebalkan, dan jaga makanan yang harus di makan atau tidak di makan.

Pertanyaan: Kalau misalnya makan dikit boleh kgk gan?
Jawaban ane: Saran ane si nubie atau yang udah ahli nih? kalo ane makan aja la gan, yang penting jangan banyak2.(dikit aja buat lidah seneng emoticon-Big Grin) Kalo ahli bilang Stop! berarti berhenti makan-makanan itu alias putus hubungan sama semua makanan itu.

Pertanyaan: Nah, Dilema lagi kan tuh?
Jawaban ane: Kan sederhana. Mindset, Remisi itu rasanya gimana. Dan kumat lagi rasanya gimana. emoticon-Big Grin

Pertanyaan: Ok, tapi sebelum remisi, ane ada masalah di "Ranjang" gan!! itu gimana tuh?
Jawaban ane: Sama bini/suami ente? Harusnya dia dukung ente, dan jangan sampe merasa jijik/semacamnya sama ente. kalo dia merasa gitu, berarti ente sebaiknya cabut aja dari kehidupan itu, bukan isi yang ada di matanya, tapi kulit ente doang yang ada di matanya. Sama pacar? Jelasin ke dia sebaik mungkin dulu sebelum buka baju. Sama TTM? Cuek aja! kalo di tanya baru jelasin! Sama WP? Pastikan Smartphone kamu di bawa selalu dan terisi paket untuk browsing jadi bisa jelasin ke dia dulu bahwa itu penyakit yang 100% kebalikan HIV, yang mana penyakitnya "Tidak bisa di tularkan". (Overall, ane cuman pengen bilang percaya diri aja, penyakit ini cuman bagian dari diri ente, bukan sesuatu yang bisa di kasih ke orang [inget kelingking kaki emoticon-Big Grin] bahkan ane sering bercanda gini ke semua orang, "Ini namanya PSO, penyakit yang pengen banget aku tularin ke orang-orang biar penyakitnya terkenal dan ada banyak orang yang mau habiskan waktunya untuk mencari obatnya seperti HIV. Sanyangnya Gak bisa :tabok:"). Ini hal yang wajib ane lakukan ke semua teman atau nocan-nocan agar mereka juga mengerti apa penyakit ini dan tidak menjauh kamu karena prasangka lain.

Pertanyaan ane: Jadi intinya pikiran kita yah, gan?
Jawaban ane: BENAR sekali! Karena yang salah ngirim sinyal ke kulit itu dari otak kita yang mengatur system kekebalan tubuh kita! disanalah logika yang ane dapatkan dari membaca dan membaca semua tentang penyakit ini dari Mbah Guugle.

Semua yang kamu lakukan akan ada konsikuensinya,
begitu juga seperti PSO ini. So, go use your mind and set it right, then you're good to go. emoticon-Peace
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
[SHARE] Tips untuk penderita Psoriasis!
31-10-2018 12:13
Quote:Original Posted By ardiyanikhwan
Saya juga menderita penyakit Psoriasis sejak tahun 2007. Penyakit ini tidak ada hubungannya dengan pola makan. Sudah berbagai macam obat -obatan saya coba, dari herbal, krim, sampai resep dari dokter. Sampai saya pasrah.
Akhirnya sejak setahun yang lalu saya coba berhenti menggunakan obat-obatan itu semua dan saya pun coba menghindari ruangan ber AC.
Alhamdulillah penyakit itu pun berangsur hilang dari sekujur tubuh saya. Mulai dari kulit kepala, wajah, tangan, badan, dan sampai ke kaki.
Sepertinya menghindari cuaca dingan dan rungan ber AC dapat menguranginya.
*ARDIYAN*
email: ardiyanikhwan@gmail.com


psoriasis untuk tiap orang pemicunya bisa beda2.. buat agan mungkin makanan tidak terpengaruh, tapi kl suami saya makan sembarangan, wah.. langsung rame deh pso-nya. dulu dokter jg bilangnya makanan tidak harus dikontrol, tapi setelahnya hampir sebadan kena pso. akhirnya kita sendiri yang putuskan untuk diet.
dingin buat dia malah tidak terlalu pengaruh, malah kalau keringatan atau kulitnya kering kadang jadi gatal.
kalau cari sumber literatur dari luar ada banyak pendapat pso itu memang terpengaruh dari makanan, biasanya yang mengandung gluten (tepung terigu, kentang), daging merah, msg, alkohol, buah2an nightshade (seperti tomat, terong, semangka). tiap orang pun makanan pemicunya bisa beda2 pula
banyak minum jus sayur hijau atau buah2an jg bisa jadi alternatif pengobatan.
kl obat2an dokter kl bisa sih dihindari.. pakai jika perlu saja, karena yang namanya bahan kimia ya sedikit banyak ada efek samping. kl kulit kering bisa coba pakai minyak zaitun atau minyak kemiri buat kepala. CMIIW emoticon-Smilie
0 0
0
profile picture
07-11-2018 11:09
udah coba Secukinumab belum sis ?
0
profile picture
newbie
14-12-2018 14:42
Belum (gan apa sis nih?). Dapetnya dimana ya? Waktu itu tanya ke dokternya suami tapi RS sana jg belum sedia. Trus sekali suntik 2-3jt ya kl nggak salah.. tapi nggak cukup sekali suntik daaan belum tentu cocok antara 1 orang dg orang lain TT
0
Memuat data ...
1 - 2 dari 2 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia