alexa-tracking
Tech
Batal
KATEGORI
link has been copied
Lapor Hansip
30-10-2018 20:55
HOME of AIR CONDITION (AC)
Quote:
HOME of AIR CONDITION (AC) - Part 2


Quote:Secara khusus pengertian dari AC (Air Conditioner) adalah suatu mesin yang di gunakan untuk mendinginkan udara dengan cara mensirkulasikan gas refrigerant berada di pipa yang di tekan dan di hisap oleh kompresor




Rules :
  • Sebelum memulai posting harap baca General Rules Forum Electronic
  • Selain sharing & konsultasi, review AC juga boleh di thread ini
  • DILARANG berjualan / promosi / menawarkan jasa service (transaksi silahkan lewat PM)
  • No Insult, Flame, Sarap ( suku, agama, ras, antar golongan & Pornografi)
  • Biasakan Menggunakan Fasilitas Multi Quote
  • Biasakan Share Gambar Menggunakan Quote & Spoiler
  • Setiap warga diharapkan ikut menjaga ketertiban, mengingatkan jika ada member lain yang melanggar rules
  • Sanksi berupa teguran, delete, banned
  • Reward Kasplus bagi yang aktif & berkontribusi di forum electronic
8
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
30-10-2018 20:56
Artikel baru lagi ya gans...

Kali ini membahas tentang AC yang meluruskan mitos yang salah dan merugikan konsumen tentang salah satu permasalahan AC yang paling sering membuat konsumen rugi dan tertipu.

Masalah yang saya maksudkan adalah apakah AC Split di rumah atau kantor anda harus selalu isi ulang freon atau tambah freon setiap berapa bulan atau tahun sekali?

Untuk menjawab pertanyaan ini agak ribet, namun secara garis besar jawabannya TIDAK!

mari kita bahas mengapa AC di rumah anda tidak perlu isi ulang freon atau nambah freon setiap beberapa bulan sekali.

Pertama, prinsip kerja AC rumah sama persis dengan AC mobil. Jadi di AC rumah dan mobil ada kompressor yang kerjanya memompa gas freon ke evaporator di unit indoor kemudian akan dihembuskan angin dan angin yang keluar dari kisi-kisi AC adalah angin dingin. Nah gas Freon yang tersimpan di kompressor itu selalu berputar di putaran tertutup (Closed Loop) dari kompressor dipompa ke evaporator dan balik lagi ke kompressor. Oleh karena itu gas tidak mungkin keluar dari putaran tersebut KECUALI ADA KEBOCORAN.

Pertanyaannya, apakah sejak mobil baru anda diantarkan dari showroom, kemudian 6 bulan kemudian sudah ke bengkel untuk isi ulang freon atau nambah freon? tentu saja TIDAK! Sama saja dengan AC rumah. Kalau instalasi AC-nya benar AC rumah anda TIDAK PERLU di-isi ulang freon-nya!

Bagaimana dengan penguapan? Ya memang gas Freon bisa saja menguap karena Outdoor AC terjemur matahari, namun rate penguapan Freon AC juga sudah dipikirkan oleh pabrik pembuat AC terutama untuk merk AC Panasonic dan AC Daikin sebagai merk AC terbaik di Indonesia bahkan di dunia agar Freon tidak perlu diisi ulang dalam kondisi pemakaian normal sampai seumur AC-nya. Yah bisa kita bilang kalau AC sudah digunakan diatas 5 tahun mungkin masih wajar bila kita tambah Freon AC kita,

Tapi kalau baru pakai dibawah 2 tahun atau bahkan belum setahun sudah harus isi ulang freon atau nambah freon, maka yang menyebabkan hal ini dapat terjadi adalah seperti dibawah ini:

1. Apabila pipa Freon anda sudah tertanam di tembok rumah, apartemen atau ruko anda pada saat pemasangan AC pertama kali, mungkin orang yang masang pipa pertama kali bengkokin pipanya sembarangan jadi patah atau retak dan bocor halus.

2. Apabila anda beli AC dengan pipa-nya, bisa saja orang instalasi AC-nya masang pipanya ga bener, pas bengkokin pipa terlalu kuat jadi patah di dalem atau retak dan bocor halus. Oleh karena itu tanpa bermaksud meng-dis-kreditkan tukang pasang AC manapun, berhati-hatilah dalam memilih tempat membeli AC anda. Pilihlah tempat membeli AC yang memiliki teknisi yang kompeten, berpengalaman, dan yang lebih penting cara pasangnya sesuai dengan S.O.P pabrikan, seperti menggunakan pipa dengan ketebalan minimal 0.6mm dan juga melakukan proses Vacuum.

3. Bisa juga kualitas pipa yang digunakan abal-abal alias ga ber-merk atau ber-merk tapi palsu atau pun memiliki ketebalan dibawah 0.6mm terutama untuk dipake di AC yang menggunakan Freon R32.. kayak merk Hoda yang sudah terkenal mahal dan berkualitas tinggi namun palsunya beredar dimana-mana… lihat saja pembungkus pipa tembaganya (armaflex) biasanya ada cap merk, coba lihat merknya yah, HODA jangan HD. Toko kami menggunakan pipa merk HODA yang kami beli langsung dari Importir tunggal di Indonesia, jadi bisa dibilang tidak mungkin barang palsu, kami juga menyediakan pipa KEMBLA bagi yang memang ingin menggunakan pipa tersebut walau harganya jauhhhhh lebih mahal daripada pipa HODA.

4. Mungkin juga di sambungan naple pipa ke unit AC kurang kencang jadi bocor halus atau malah terlalu kencang jadinya retak atau pecah. Ini bisa terjadi apabila menggunakan Flaring tools merk Cina yang tidak baik mutunya. Mungkin untuk pasang 50 AC pertama masih oke namun sesudahnya akan lebih mudah bocor karena alatnya sudah aus dan harus diganti.

5. Bisa juga bila anda menggunakan jasa service AC sembarangan yang mungkin (maaf) cuman diliat dari iklan yang ditempel di pohon pinggir jalan, bisa saja pada saat mereka service AC bagian Outdoor, sambungan pipanya dikendorkan sedikit supaya Freon terbuang sedikit2 dan dalam waktu 2 atau 3 bulan AC jadi ga dingin karena Freon berkurang atau bahkan habis, jadi anda harus telepon mereka untuk datang dan meng isi ulang freon AC anda. Kami tidak bilang semua jasa service AC seperti itu, namun cobalah lebih selektif dalam memilih tempat membeli dan service AC anda. Terutama untuk service AC, sekarang ini pabrikan AC sudah mulai membuka jasa service AC juga. Seperti Daikin dan Panasonic. Silakan hubungi Call Center Daikin di 0800 1 081 081 atau Call Center Panasonic di 0804 1 111 111 dan minta service AC langsung dari mereka saja. Sudah pasti ga mungkin dibohongin. Lebih mahal sedikit juga gapapa lah dari pada pake sembarangan disuru nambah ini itu, malah jatohnya lebih mahal.. Sekali lagi saya tekankan ga semua tukang service AC nakal loh yaaaaa...

6. Bisa saja Evaporator unit Indoor AC anda bocor atau kompressor anda bocor. Bisa di bagian Evap, bisa di U-Bent Evap, bisa juga bocor di pipa kapiler kompressor... nah kalau sudah begini saran kami, selain sementara Evaporator AC di las, anda nabung ya.. karena kalau Evap AC sudah di las tetep ga bakalan lama umurnya… paling 3 bulan uda bocor lagi.. mau di tempat yang sama atau malah bisa nambahin bocor di tempat lain… Udah persis kayak kompressor ampere-nya udah tinggi… uda ga ada obat-nya.. mending segera nabung buat beli AC baru…

Nah begitulah kira-kira jawaban dari mitos masalah AC yang PALING SERING membuat konsumen tertipu, karena tiap kali isi ulang freon atau nambah freon harga bervariasi antara 70 – 150rb rupiah tergantung pinter-pinternya si tukang AC ngomong sama anda hehehehe…. Bahkan bila AC anda menggunakan Freon R410A atau R32 isi ulang Freon bisa mencapai 400 – 500 ribu Rupiah atau lebih! sayang banget kan keluarin uang segitu bukan karena memang ACnya perlu di isi ulang freon nya tapi cuma karena akal-akalan tukang AC anda.

Intinya adalah kalau tukang AC anda bilang "pak/bu ini freonnya kurang/habis, mesti diisi ulang" INGATTTTTT kalo ban mobil bocor yang perlu dilakukan adalah tambal ban dulu baru tambah angin atau langsung tambah angin?????

Sama kayak AC, kalau mereka bilang kurang atau habis berarti ada bocor donnngggggg... Kalo gitu suru cariin dimana bocornya sampe ketemu, dibenerin baru diisi freon. Kalo ga mah ga ada gunanyaaaaaa... bentar lagi juga abis lagi freonnya.

Kalo dia ga sanggup, suru pulang, telp ke call center resmi pabrikan AC anda dan minta mereka aja yang cek bener bocor ga....

Udeh jelas ya gaysssssss....

Semoga setelah membaca artikel kami, anda menjadi lebih mengerti dan tidak mudah ditipu oleh oknum-oknum atau toko AC yang tidak bertanggung-jawab dan hanya ingin untung tanpa memikirkan konsumen.

Sampe ketemu di artikel selanjutnyaaaaaaa
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.